Skip to content
BELANJA DI TOKOPEDIA, KLIK DISINI.
BELANJA DI TOKOPEDIA, KLIK DISINI.
Resep : Cinnamon Roll ANTI GAGAL! Perfect for this Holiday season

Resep : Cinnamon Roll ANTI GAGAL! Perfect for this Holiday season

Christmas is just few weeks left! 
Natal semakin dekat, masih bingung bikin jamuan untuk keluarga apa?
Atau untuk kalian yang sedang pusing memikirkan menu baru untuk cafe/bakery kalian, yuk intip resep Cinammon Roll anti gagal dan mudah ini! 
Tinggal di negeri Paman Sam selama 5 tahun, membuat saya sadar betapa penting nya sebuah hidangan untuk merayakan kehebohan dari Natal hingga tahun baru. Setiap bakery pastinya akan mulai membuat roti gulung kayu manis ini dari subuh supaya bisa tepat waktu untuk memasangnya di display rack pada pagi hari. Aroma dari kayu manis dipadukan dengan roti yang lembut pastinya membuat semua orang yang menciumnya langsung ingin menyantapnya. 
Meskipun terlihat mudah, ada beberapa tips yang harus kita bagikan supaya kalian bisa coba resep ini dengan mulus!
Tips & tricks:
1. Pastikan suhu adonan dan suhu ruangan sepadan. Maksudnya? Roti seperti pada umumnya menggunakan ragi sebagai pengembang. Ragi instan yang digunakan di resep ini menggunakan suhu sebagai pemicu untuk mengaktifkannya. Suhu yang terlalu panas akan mematikan/overheating ragi, suhu yang dingin tidak akan membangunkan ragi sehingga roti tidak dapat mengembang. Sebagai rule of thumb yang bisa kalian pegang adalah, jika kalian tinggal di daerah tropis, pastikan untuk memanaskan cairan seperti butter hanya sampai meleleh (hangat), tetapi jika kalian tinggal di tempat musim dingin, hangatkan butter atau cairan hingga 54c.
2. Tidak punya stand mixer? Jangan khawatir, cinnamon roll merupakan salah satu resep roti yang mudah untuk diuleni dengan tangan dibandingkan adonan lain seperti brioche. Pastikan kalian mendapatkan tekstur yang kalis sebelum berhenti menguleni nya. 
Kalis : Adonan akan terlihat halus, elastis dan tidak langsung putus saat ditarik, tapi akan membentuk lapisan tipis dimana sinar dapat menembus adonan.
3. Pastikan untuk menggulung adonan dengan rapat! Jika gulungan tidak rapat, bentuk dari roti setelah di panggang akan terlihat lebih tidak seragam dan kurang cantik. jadi pastikan kalian menggulungnya dengan rapat.
4. Tidak punya waktu untuk menunggu adonan mengembang? Gunakan cara ini; Overnight proofing - Proses pengembangan adonan dalam waktu yang lama dengan suhu dingin. Caranya adalah membuat adonan pada malam hari lalu membungkus adonan dengan plastic wrap dengan rapat lalu memasukkannya ke dalam kulkas. Keesokan paginya, adonan akan mengembang 2 kali lipat dan siap digunakan (suhu yang dingin memperlambat proses pengembangan dan menggunakan plastic wrap yang elastis tidak akan menghambat pengembangan adonan).
Nah, dengan mengikuti tips & tricks diatas ini, pastinya akan sangat membantu kalian dalam proses pembuatan cinnamon roll ini agar sukses! Sekarang yuk kita cek resep dibawah ini.
Bahan yang harus disiapkan :
Yield: 12-13 Roll 

Bread

Tepung Terigu

276 gr

Gula Pasir Putih

48 gr

Garam 

2 gr

Ragi Instan

5 gr

Air

96 ml

Susu 

48 ml

Unsalted Butter

36 gr

Telur

40 gr


Cinnamon Spread

Dark Brown Sugar

48 gr

Unsalted Butter

56 gr

Kayu Manis Bubuk

4 gr


Cream Cheese Icing

Cream Cheese

56 gr

Unsalted Butter

15 gr

Gula Halus

22 gr


Cara Membuat:

  1. Campur tepung, gula, garam dan ragi lalu aduk 
  2. Hangatkan air, susu dan unsalted butter hingga butter meleleh (*jika anda tinggal di tempat bersuhu hangat, pastikan untuk memanaskan hanya hingga butter meleleh, jika anda tinggal di suhu dingin, hangatkan cairan hingga suhu 54C)
  3. Tuang campuran susu ke dalam tepung lalu aduk menggunakan dough hook di KitchenAid stand mixer hingga tercampur
  4. Tambahkan telur lalu aduk dengan kecepatan rendah selama 5 menit lalu naikkan ke kecepatan kedua selama 15 menit (hingga adonan menjadi kalis/windowpane)
  5. Jika adonan sudah kalis, bentuk adonan menjadi bulat lalu istirahatkan di dalam mangkok selama 15 menit (jika suhu hangat) hingga 30 menit dengan keadaan tertutup dengan kain 
  6. Sementara itu, aduk unsalted butter, dark brown sugar dan kayu manis bubuk hingga tekstur seperti selai, sisihkan
  7. Beri taburan tepung keatas meja/talenan, pipihkan adonan dengan rolling pin hingga membentuk persegi panjang ukuran 40 x 20 cm
  8. Oleskan cinnamon spread secara merata dari ujung ke ujung
  9. Gulung adonan secara perlahan, pastikan untuk menggulung dengan rapat sehingga setiap sisi roti akan mendapatkan isian yang rata
  10. Potong adonan selebar 4cm dan taruh diatas loyang yang sudah dilapisi dengan butter
  11. Istirahatkan selama 1 jam atau hingga adonan mengembang 2x lipat
  12. Panggang di oven dengan suhu 170C selama 15 menit 
  13. Sementara itu, aduk unsalted butter, cream cheese (suhu ruang) hingga halus lalu tambahkan gula halus yang sudah diayak dan aduk hingga halus
  14. Pada saat cinnamon rolls matang, oleskan cream cheese frosting keatas roti
  15. Sajikan

 

Bahan & Alat yang digunakan : 

1. Cream Cheese

2. Unsalted Butter

3. Dark Brown Sugar

4. Koepoe Kayumanis Bubuk

5. KitchenAid

6. Loyang

7. Rolling Pin

8. Spatula

9. Scraper 

 

 

 

 

 

 

Artikel sebelumnya Resep : Oreo Tiramisu Dessert Box
Artikel berikutnya Resep : Grandma's Apple Pie

Kolom Komentar

QOLtWduk - December 2, 2020

jSluvOkXzrgqdb

UpThXDRKafWiIE - December 2, 2020

eGxuSvDHOFlzB

Tinggalkan komentar

* kolom perlu diisi

Sale

Unavailable

Sold Out