Skip to content
Belanja di Tokopedia & Shopee
Belanja di Tokopedia & Shopee
Resep Homemade Pepperoni Pizza: Bikin Sendiri Pizza-mu di Rumah!

Resep Homemade Pepperoni Pizza: Bikin Sendiri Pizza-mu di Rumah!

 Homemade pepperoni pizza

Apa saja bahan yang pas buat resep Homemade Pizza yang sederhana tapi enak kayak di resto-resto? Gampang kok. Bisa kamu beli di supermarket-supermarket terdekat, dan bisa banget dimodifikasi sesuai selera. Di September ini kita banyak post cara membuat resep yang sederhana tapi popular di sekitar tempat tinggal kita. 

Nah, siapa sih yang tidak suka pizza? Karena itu kita bikin resep satu ini, namanya Homemade Pepperoni Pizza, yang bisa kamu bikin sendiri di rumah.

Simak dulu yuk, tips dan trik biar adonan pizza-mu matang sempurna, empuk atau crunchy seperti seleramu, dan topping-nya penuh warna cantik lagi enak.

  1. Gunakan air hangat untuk menyalakan ragi. Jika air terlalu dingin, ragi tidak akan berbusa (non-aktif), jika air terlalu panas, ragi akan mati. Sebagai ukuran yang pas, pastikan suhu air sama dengan suhu tubuh pada saat memasukkan ragi. 
  2. Pastikan adonan mencapai tekstur window pane sebelum proofing (proses pengembangan). Nah sama seperti adonan pada umumnya, agar tahu apakah adonan sudah siap, selalu tes tekstur window pane di mana adonan akan membentuk jaringan tipis saat ditarik perlahan (tidak langsung sobek atau putus) dan cahaya bisa langsung tembus ke adonan.
  3. Cara menipiskan adonan: gunakan keempat jari dan tekan di bagian 1,5 cm dari sisi luar hingga rata
  4. Cara melebarkan adonan: (1) metode melempar adonan dengan kedua telapak tangan hingga adonan mereggang dan tipis secara merata. (2) metode menggunakan knuckle dimana adonan di lebarkan dengan tangan menggenggam. (3) metode menggunakan sisi tangan dengan tangan miring 90 derajat dan melebarkan adonan hingga tipis secara merata 

Nah, karena pizza agak tricky di bagian membuat adonan roti alias basisnya, perlu beberapa kali latihan ya. Jangan khawatir, resep kita kali ini mudah diikuti kok. Untuk percobaan awal-awal, biar mudah, kalian bisa pakai bahan dan takaran di bawah ini.

Recipe: Homemade Pepperoni Pizza

Untuk Rotinya:

  • Tepung Terigu 250 gr
  • Garam ½ gr
  • Ragi 3 gr
  • Air 163 gr
  • Gula 5 gr

Untuk Pepperoni Topping-nya:

  • Parmesan secukupnya
  • Keju Cheddar secukupnya
  • Mozarella 1 kemasan atau secukupnya
  • Pasta Tomat secukupnya
  • Pepperoni secukupnya

Cara membuat Homemade Pepperoni Pizza

1. Campurkan Ragi, Air dan Gula. Aduk rata dan tunggu selama +/- 10 menit hingga raginya berbusa penuh di permukaan air.

cara membuat pizza di rumah
2. Di mangkuk terpisah,campurkan Tepung Roti dan Garam, buat cekungan lubang di tengahnya dan isikan campuran Ragi di poin 1. Aduk dengan spatula hingga tercampur rata dan teksturnya makin padat.

cara membuat pizza di rumah

cara membuat pizza di rumah

3. Setelah adonan agak padat, pindahkan ke atas talenan kayu atau meja, uleni berkali-kali hingga mencapai tekstur window pane (Penjelasan soal window pane bisa dibaca di Resep Roti Tawar Susu).

cara membuat pizza di rumah
4. Bentuk adonan menjadi bulat, lalu potong menjadi 4 bagian. Bulatkan tiap-tiap bagian baru tersebut.

Resep Homemade Pizza

Resep Homemade Pizza

Resep Homemade Pizza

5. Taruh adonan di atas loyang yang sudah diberi tepung, lalu tutup menggunakan kain lembab (agar udaranya tertahan dan permukaannya tidak kering). Diamkan selama +/- 1 jam hingga adonan mengembang.

Resep Homemade Pizza

Resep Homemade Pizza

6. MENCETAK ROTI PIZZA - Menggunakan jari-jari, tekan adonan bulat di 1,5 cm dari ujungnya (posisikan jari di tengah-tengah), tarik dan kembangkan perlahan-lahan sehingga bagian tengahnya makin menipis sementara tepiannya tetap tebal.

Resep Homemade PizzaResep Homemade Pizza

Resep Homemade PizzaResep Homemade Pizza
7. MENARIK ADONAN PIZZA - Menggunakan teknik genggaman tangan (tangan kiri mengepal dan taruh adonan di atasnya), putar dan kembangkan adonan hingga makin lebar sementara bagian tengahnya makin tipis. Kembangkan sesuai ketipisan yang diinginkan (makin tebal makin empuk).
8. Taruh pizza yang sudah terbentuk di atas Silpain, oleskan Pasta Tomat di atasnya lalu taburkan semua topping yang diinginkan (Jika ingin sentuhan creamy yang bisa ditarik, perbanyak Mozarella dan letakkan di lapisan paling bawah). Untuk Pepperoni juga sama, mengikuti kebutuhan saja, makin banyak, jelas makin kenyang.

Resep Homemade Pizza
9. Panggang Pizza di oven dengan suhu 220℃ selama 10 menit atau hingga ujung tepiannya berwarna kecoklatan.
10. Keluarkan, potong menjadi 4 atau 6 bagian menggunakan pizza cutter.

11. Hidangkan hangat.

    Gimana, bisa dong, bikin Pizza sendiri setelah baca resep ini. Ukuran Pizza yang lebih besar tentunya memerlukan lebih banyak tepung untuk bagian resep roti-nya. Begitu pula dengan topping, bisa diperbanyak mengikuti selera kesukaan masing-masing, bisa ditambahkan dengan bahan-bahan lain dan eksperimen sendiri deh. 

    Bikin pizza kreasimu sendiri di rumah, dan bikin hepi semua yang makan!

    Nah, itu tadi resep cara membuat homemade Pepperoni Pizza yang bisa dicoba di rumah. Kembangkan terus ide baking-mu bareng SerataFoods, dan kalau ada kesulitan soal cara buat, takaran, atau alat-alat yang perlu dipakai, selalu ingat dan kontak kita ya! SerataFoods selalu siap membantu kamu untuk urusan dapur.

    Alat dan bahan khusus yang dipakai dalam resep kali ini:

    Bench Scrapper

    Harga bench scrapper

    Silpain Baking Mat

    harga silpat silpain baking mat

    Pizza Cutter

    harga pizza cutter

    Sheet Pan

    harga loyang stainless

    Artikel sebelumnya Definisi Food Hazard

    Tinggalkan komentar

    * kolom perlu diisi

    Sale

    Unavailable

    Sold Out