Skip to content
Belanja di Tokopedia & Shopee
Belanja di Tokopedia & Shopee
RESEP :  ORANGE POUND CAKE

RESEP : ORANGE POUND CAKE

Apa itu Pound Cake dan kenapa disebut Pound Cake? 

Sebelum kita mencoba membuat kue yang populer dan sering ditemukan di cafe, yuk kita pelajari sedikit latar belakang dari kue ini. 

Pound cake merupakan kue yang memiliki kandungan fats (lemak) yang tinggi. Dibuat dari dasaran butter, telur, gula dan tepung, kue ini memiliki tekstur yang padat dan lembut. Pound cake dapat ditemukan di banyak coffee shops karena kue ini sangat ideal dipadukan dengan kopi. Biasanya memiliki rasa seperti vanilla pound cake atau lemon pound cake. 

Kenapa disebut pound cake? Kue ini memiliki rasio 1 pound untuk setiap butter, telur, gula dan tepung, karena itu disebut sebagai pound cake. Tidak hanya mudah dibuat tapi kue ini juga sangat digemari banyak orang mulai dari anak-anak hingga orang tua. 

Note: Resep dibawah ini merupakan resep yang sudah disesuaikan beratnya tetapi masih memiliki rasio yang sama antara butter, gula, telur dan tepung nya. 

Nah, sekarang kita akan pelajari sedikit Tips & Tricks untuk membuat pound cake ini ya, meskipun terlihat simple, kalian perlu perhatikan beberapa point ini loh: 

1. Pastikan butter dan telur berada pada suhu ruang. Karena takaran butter dan telur yang sangat tinggi, adonan pound cake sangat rawan pecah, karena itu harus dipastikan butter dan telur berada pada suhu ruang ya agar adonan tidak pecah!

2. Masukkan telur secara perlahan sambil diaduk. Slowly but sure. Tips ini juga membantu agar adonan kalian tidak pecah pada saat memasukkan telur. Pastikan untuk menuang sedikit lalu biarkan teraduk sampai telur tidak terlihat lalu menuangkan telur kembali. Lakukan sampai telur habis dan adonan tercampur rata. 

3. Memberikan garis pada adonan sebelum memanggang. Bentuk khas dari pound cake adalah bagian tengah yang menggunung dan pecah akibat air bubbles yang berusaha keluar pada saat proses memanggang. Untuk membantu proses ini, pastikan untuk memberikan garis pada adonan. Beberapa resep juga menyarankan untuk memberi garis dengan butter.

4. Kreasikan rasa pound cake sesuai selera kalian dengan resep ini! Pecinta kopi? kalian bisa mengganti orange zest (parutan kulit orange) dengan kopi instan bubuk. Pecinta lemon? ganti orange zest dengan lemon zest. Mudah kan?!

5. Cara penyimpanan: ada beberapa cara penyimpanan agar pound cake tetap fresh dan moist. (1) Bungkus dengan plastic wrap (tanpa icing, loaf utuh belum terpotong) lalu segera masukkan ke dalam kulkas. Dengan ini, pound cake bisa tahan kurang lebih 1 minggu sejak dipanggang. (2) Bungkus dengan plastic wrap (tanpa icing, loaf utuh belum terpotong) lalu segera masukkan ke dalam freezer, tahan hingga 1 bulan. Jika sudah terpotong dan diberi icing, pastikan kalian menyimpan di wadah plastik erat, rata-rata bisa tahan sekitar 2-3 hari di suhu ruang. 

Sekarang kalian sudah mempelajari latar belakang dan tips & tricks dari pound cake ini, yuk intip resep nya dibawah ini!

Selamat mencoba!

 

Resep :

Yield: 3 loaves pound cake ukuran loyang: 18.5x8.5x4cm

Pound Cake

Cake Flour 150 gr
Baking Powder 2 gr
Telur 150 gr
Gula Halus 150 gr
Parutan kulit jeruk 1 gr
Unsalted Butter 150 gr
Garam 2 gr

 

Orange Icing :

Gula Halus 150 gr
Jus Jeruk Secukupnya

 

Cara Pembuatan :

Pound Cake 

  1. Siapkan Stand Mixer dengan paddle attachment, aduk unsalted butter suhu ruang dengan kecepatan sedang hingga menyebar. 
  2. Masukkan gula halus yang sudah diayak lalu aduk dengan kecepatan rendah dan perlahan naikan ke kecepatan sedang. Aduk hingga warna menjadi pucat dan mengembang. 
  3. Masukkan telur suhu ruang ke dalam adonan secara perlahan dengan kecepatan rendah. (pastikan telur berada pada suhu ruang dan mengaduk dengan kecepatan rendah agar adonan tidak pecah) 
  4. Jika adonan sudah tercampur dengan rata, masukkan bahan kering (tepung, baking powder, garam dan parutan kulit jeruk) dan aduk kembali hingga rata. 
  5. Siapkan loyang alu tin yang diolesi dengan butter atau loyang yang dilapisi dengan butter dan kertas roti. Tuang adonan ¾ penuh dari loyang. 
  6. Panggang di oven yang sudah dipanaskan di suhu 170 C selama 20-25 menit atau tergantung dari loyang yang digunakan. 

Orange Icing :

  1. Ayak gula halus lalu tambahkan jus jeruk sedikit demi sedikit sambil diaduk menggunakan whisk sampai mencapai konsistensi yang diinginkan. 
  2. Tuang icing keatas pound cake dan biarkan dingin hingga mengeras. 

Video :

 

Alat & Bahan yang digunakan :

1. Unsalted Butter

2. Loyang

3. Alumunium Tin Mini Loaf

4. Spatula

5. Whisk

6. Scoop

7. Strainer

8. Pound Cake

9. Cutting Board

 

Artikel sebelumnya RESEP : MINI CARROT CAKE WITH CREAM CHEESE ICING
Artikel berikutnya RESEP : CHOCOLATE NUTELLA TRUFFLE - SPECIAL VALENTINE

Tinggalkan komentar

* kolom perlu diisi

Sale

Unavailable

Sold Out