CARA MEMBENTUK ROTI BANTAL || SERATAFOODS

CARA MEMBENTUK ROTI BANTAL || SERATAFOODS

Kue bantal dan roti bantal adalah jajanan yang sudah ada sejak zaman dahulu, namun masih banyak diburu. Menjadi makanan favorit, kudapan ini lebih sehat bila dibuat sendiri di rumah.
Yuk, bikin sendiri roti bantal saat #dirumahsaja seperti saat ini dan berikut cara membentuk roti bantal agar tetap klasik saat menemani sore anda :
Ingredients:
1 kg adonan roti pilihan anda
( Foto & Video dalam blog ini menggunakan adonan roti brioche)
Preparation :
  1. Siapkan adonan roti pilihan anda dan pastikan adonan sudah siap untuk dibentuk (setelah proofing selama 2x atau tergantung resep)
  2. Kempeskan adonan, bagi rata adonan menjadi dua bagian A dan B. Tutup adonan B dengan kain agar tidak kering sambil kita mengerjakan adonan A.
  3. Siapkan timbangan dan potong adonan menggunakan Stainless Steel Dough Cutter dan timbang sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Dengan adonan 1 kg untuk membuat roti bantal berukuran 23 cm x 2 loyang, adonan dibagi menjadi 30 gram sebanyak 32pcs. 
  4. Cara membentuk roti menjadi bulat: ratakan adonan hingga rata, ambil setiap sudut adonan dan tarik menjadi satu keatas. Balik adonan agar sisi mulus di bagian atas.
  5. Dengan tangan membentuk huruf C (4 jari dari telunjuk hingga kelingking harus rapat), putar adonan dengan sedikit tekanan sehingga adonan menjadi bulat dan mulus.
  6. Lakukan hingga adonan habis dan tata adonan diatas loyang yang sudah diolesi minyak dan biarkan mengembang.
  7. Olesi dengan telur lalu siap di panggang. Dengan ukuran loyang ini waktu memanggang sekitar 15-20 menit dengan suhu 160C. Waktu dapat berbeda tergantung setiap oven.

 


Tips :

  • Pastikan untuk mengerjakan adonan dalam 2 bagian agar adonan tidak menjadi kering
  • Jangan terlalu lama memutar adonan dengan tangan karena dapat merusak adonan
  • Gunakan brush berbahan Nylon untuk mengoles telur agar tidak merusak permukaan adonan

 

Alat yang digunakan dalam video : 

Artikel sebelumnya Tips Agar Kue Tidak Bantat
Artikel selanjutnya Cara Memulai Usaha Catering & Menerima Pesanan Online

Tinggalkan komentar

* informasi yang diwajibkan

Sale

Unavailable

Sold Out