Cara Membuat Café Macchiato, Cheese Coffee dan Cheese Tea: Resep Kopi Susu Kekinian yang Menjual

 Resep Macchiat Cheese Coffee Cheese Tea

Kopi... Kopi Kopi! Kali ini SerataFoods membagikan resep cara membuat Café Macchiato, Cheese Coffee dan Cheese Tea, tiga resep yang ngetren, mudah, dan pastinya bisa dijual!

 Memasuki seri blog #IdeUsahaKopi di Juni ini, kita akan banyak mengulas minuman tradisi yang popular, addictive, dan selalu dicari di seantero dunia ini. Walaupun citarasa lokal masih kuat, di resep kali ini kita memberi sedikit sentuhan Eropa untuk kopinya, menambahkan krim keju yang foamy, mengganti gula putih dengan palm sugar, dan mempercantik penyajiannya agar layak jual dan menguntungkan bagi yang usaha.

 Baca juga: Mau Usaha Kopi Susu Kekinian? Ini Tipsnya

Tapi sebelum melangkah lebih jauh,ada beberapa trik dan tips yang bagus buat kalian yang ingin berkreasi dengan kopi. Simak poin-poin berikut:

  1. Gunakan gula sirup untuk memudahkan dan mempercepat operasional. Kalau di rumah kalian biasa pakai gula pasir untuk membuat kopi, dijamin setelah mencoba gula sirup pasti tidak kepingin kembali lagi ke gula pasir. Kalian cukup bikin gula sirup dengan perbandingan 1:1 (gula dan air) dan masak hingga gula larut, atau kalau mau bikin minuman ala-ala sekarang yang gulanya bisa nempel di gelas, tinggal masak lebih lama supaya konsistensi lebih kental. Selain itu, keenakan dari gula sirup ini juga kalian hanya perlu simpan di botol plastik, lalu masukkan ke kulkas. Sirup pun ready setiap saat kalian perlukan. Bisa pakai segala jenis gula yaa.
  2. Gunakan jenis susu sesuai konsistensi yang kalian mau. Semakin banyak fat/kadar lemak dalam susu itu, konsistensi akan semakin kental. Jadi kalau kalian suka kopi susu yang kental, bisa pakai whole milk, kalau suka yang sedikit light, bisa pakai 2% reduced milk.
  3. Pakai kopi jenis apa? Paling populer di kalangan kopi susu, pastinya pakai jenis espresso yaa. Tetapi nggak usah khawatir buat kalian yang tidak punya mesin espresso. Di resep ini kita ingin tunjukin cara paling simpel. hanya pakai kopi tubruk, dan dijamin rasanya enggak kalah!
  4. Untuk membuat Cheese foam, pastikan kalian tidak mengaduk terlalu lama atau overmix! Ingat, cheese foam ini bisa memiliki konsistensi seperti foam karena udara yang diaduk di dalam Whipped Cream. Jadi semakin lama kalian aduk, udara akan keluar dan lama kelamaan akan menjadi cair.
  5. Untuk menyimpan Cheese foam, paling lama 24 jam di dalam kulkas. Pada saat penyimpanan pun pastikan kalian lapisi cheese foam dengan plastic wrap hingga menyentuh. Dan selalu aduk perlahan pada saat mau digunakan.

Nah demikian tadi tips dan trik-nya, sekarang masuk ke ide utama kita. Tanpa berlama-lama, catat nih! Resep Café Macchiato, Cheese Coffee dan Cheese Tea a la SerataFoods:

 Recipe:

 

 Cara Membuat Iced Coffee

1. Masak Gula Aren dengan air hingga mendidih agar mencapai konsistensi gula cair. Perbandingan 1:1 antara gula dan air.

Gula Aren Masak

2. Masak Kopi hingga mendidih, skim busa dan wangi semerbak.

3. Tuangkan Gula ke bagian bawah gelas, lalu tambahkan Es Batu.

4. Tuangkan Susu ke dalamnya.

5. Tuangkan Kopi lalu aduk.

Sekarang, Cara Membuat Cheese Foam untuk ditambahkan ke atas kopinya

1. Aduk Cream Cheese dan Gula hingga menyatu.

2. Tambahkan Susu dan Garam, aduk lagi hingga tercampur.

3. Di tempat terpisah, aduk Heavy Cream hingga mencapai konsistensi soft peak atau agak mengental.

4. Campurkan kedua adonan dengan metode aduk folding.

5. Setelah terbentuk krim dan teksturnya foamy, angkat menggunakan ice cream scoop.

6. Tuang perlahan ke atas minuman kopi yang sebelumnya jadi. Untuk Macchiato, Kopi biasa, ataupun teh.

Untuk resep Macchiato sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Cheese Coffee. Merujuk arti namanya sendiri yakni bertitik noda, Macchiato dalam arti simpelnya adalah kopi dengan sedikit “noda” susu. Tanpa diaduk, tanpa dicampur. Baik itu latte Macchiato atau Caffe Macchiato, bahan pembedanya adalah susu kental yang dituangkan ke dalam kopinya namun tidak diaduk. Dalam resep di atas, kopi berpemanis ditambahkan susu kental tanpa diaduk, baru kemudian pilihan krim sebagai mahkota.

Sedangkan Cheese Coffee, praktisnya, tidak ditambahkan susu cair. Dalam resep di atas, gula, kopi langsung ditambahkan krim di atasnya, disusun berdasarkan urutannya di dalam gelas.

Nah, dengan resep ini, muncullah kreasi kopi yang bertekstur warna menarik: coklat gelap dari gula aren, coklat agak cerah dari Macchiato, dan putih gading dari krimnya yang foamy. Rasanya pun mengandung kopi tegas, gula dengan kemanisan terjaga, dan rasa asin dari cheese cream di atasnya.

 Apakah layak jual? Layak jual dong pastinya.

Baca juga: Berapa Dana yang Diperlukan untuk Usaha Kopi Susu Online?

Kreasi setelah krim pun bisa ditambahkan berbagai varian warna sesuai kreasi. Bisa juga ditambahkan remahan coklat, batang cengkeh, atau daun mint. Jika seduhannya adalah teh, maka bisa ditambahkan dengan serutan lemon, kombinasi teh dan susu, dan banyak lagi. Berkreasilah dengan susunan ini, urutan penyajian, dan cari bahan-bahan tambahan lain yang bisa menambah nilai jual kopimu.

Setelah mencoba beberapa varian kombinasi, kamu akan menemukan signature kopimu sendiri dan itu akan menjadi produk khas yang dinanti banyak orang.

Demikian resep Cheese Coffee dan Cheese Tea kali ini, semoga bermanfaat buat kamu yang bikin usaha ya!

 Bahan-bahan khusus yang dipakai dalam resep ini:

 Black Italian Coffe Kopi Italia HiBoDark French Coffee Kopi Hitam Prancis HiBo

Whipping Cream

  •  Ricoman Palm Sugar
Artikel sebelumnya One Pan American Breakfast

Komentar

all by raa - November 26, 2020

wah artikelnya sangat bagus kak. Dengan senang hati apabila dapat berkunjung di blog kami ALLBYRAA

Tinggalkan komentar

* informasi yang diwajibkan

Sale

Unavailable

Sold Out