Cara Memulai Usaha Catering & Menerima Pesanan Online

Semua manusia perlu makanan dan minuman.

---

Fakta ini menciptakan sebuah industri yang selalu akan berlanjut, yaitu industri penyajian makanan, entah itu usaha restoran, cafe, atau usaha catering.

Hari ini kita akan membahas bagaimana caranya memulai usaha catering secara mandiri dan bagaimana caranya menerima pesanan online dengan efektif dan cepat.

 

Persiapkan resep dan proses memasak

Semua usaha makanan dimulai dari resep-resep yang telah melalui uji coba panjang dan pendapat berbagai sanak saudara atau teman. Pastikan anda sudah menuliskan resep yang akan anda jual dengan rapi di buku resep dan mulai untuk membuat proses memasak dengan tahapan-tahapannya dengan detil.

Hal ini bertujuan agar tim memasak anda dapat menggunakan waktu, peralatan, dan bahan baku secara efisien ketika memasak makanan menggunakan resep anda.

Untuk ini, anda bisa menggunakan Microsoft Excel atau Google Sheets (gratis) untuk mengorganisir informasi mengenai resep dan proses memasakmu dengan baik. Saya menggunakan Google Sheets karena alat ini gratis dibandingkan Microsoft Excel dan dapat kamu gunakan dengan mudah karena sangat mirip dengan kegunaan Microsoft Excel.

Rangkum semua resep dan proses memasak agar dapat anda komunikasikan dengan baik kepada seluruh anggota tim.

Satu lagi, proses memasak yang baik akan dapat mengurangi biaya bulanan usaha catering anda. Pastikan anda cek cara mengurangi biaya bulanan restoran di sini.

 

Hitung biaya dan keuntungan barang yang akan kamu jual

Setelah resep dan proses memasak telah anda selesaikan, hitung biaya dan keuntungan dari makanan atau minuman yang akan anda jual. Simak topik ini di blog berikut: 

Cek juga blog lainnya di https://seratafoods.com/blogs/news

 

Persiapkan peralatan dan anggota tim dapur

Setelah resep dan proses memasak telah anda selesaikan, persiapkan peralatan yang anda butuhkan, sambil merekrut anggota-anggota tim yang akan menopang usaha catering anda.

Untuk membeli peralatan dapur, anda dapat mengunjungi toko online kami di www.seratafoods.com. Untuk lengkapnya, anda dapat cek cara beli dan sekaligus memulai konsultasi cepat peralatan dapur di www.seratafoods.com/cara-beli.

Untuk cara mencari dan merekrut anggota tim dapur dengan cepat dan mudah, anda bisa coba gunakan layanan portal pekerjaan yang menurut pengalaman saya cukup terpercaya, yaitu akun instagram Loker. Akun Loker ini dibedakan berdasarkan area (Loker Jakarta, Loker Surabaya, dan lain-lain), dan biayanya cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp 50,000 - Rp 100,000 per posting (bisa cek langsung dengan admin akun bersangkutan untuk harga terkini). Dengan hanya 1 posting pekerjaan, anda bisa mendapatkan secara langsung beberapa kandidat atau anggota tim dapur, seperti Kitchen Helper.

Untuk mendesain posting instagram dengan mudah dan gratis, anda bisa menggunakan canva.com untuk membuat pengumuman lowongan pekerjaan secara gratis dan cantik. Pastikan untuk menggunakan template yang cocok dengan ukuran Instagram Post.

Untuk manajemen gaji dan karyawan secara otomatis dan tidak ribet, anda bisa juga cek gadjian.com, dimana online software HRD ini sangatlah mudah digunakan dengan harga yang sangat terjangkau (sekitar Rp 30,000++/karyawan).

 

Persiapkan proses penerimaan pesanan

Ini bagian yang cukup penting jika usaha catering anda hanya bersifat online (tidak mempunyai tempat fisik untuk melayani pelanggan). Hal ini juga menjadi sangat penting di area pandemi COVID19 ini dikarenakan banyak pelanggan akan lebih nyaman menyantap makanan di rumah masing-masing.

Terima pesanan lewat Google Forms
Daftarkan usaha catering anda di GoFood atau GrabFood dengan segera, atau anda juga dapat membuat sebuah Google Form penerimaan pesanan dengan sederhana dan efektif di https://docs.google.com/forms/u/0/. 

Tentu saja, metode ini membutuhkan bantuan dari WhatsApp Business atau Instagram untuk dapat bekerja dengan baik.

Gunakan link Google Form anda dan tuliskan di halaman Instagram anda, dengan tahapan sebagai berikut:

  1. Di profil Instagram anda, klik ‘Edit Profile’
  2. Di bagian website, tuliskan link Google Form anda yang 
  3. Lengkapi profil anda sehingga mempunyai mudah dicari dan ramah dibaca pengunjung

Terima pesanan lewat WhatsApp Business & Instagram Direct Message (DM)
Opsi salah satunya lagi adalah menggunakan sistem penerimaan pesanan secara manual dengan bantuan WhatsApp Business dan/atau Instagram Direct Message.

WhatsApp telah dinobatkan menjadi aplikasi komunikasi pesan singkat nomor 1 di Indonesia yang telah melayani 83% rakyat di tanah air. Terlebih, WhatsApp sangat sering digunakan rakyat Indonesia. Berdasarkan riset, Instagram juga terbukti dipakai hampir seperempat rakyat Indonesia

Berdasarkan hal ini, sudah semestinya kita menggunakan WhatsApp dan Instagram untuk berjualan secara online.

Untuk ini, anda perlu mengaktifkan akun bisnis pada masing-masing aplikasi WhatsApp dan Instagram.

Untuk memulai menggunakan WhatsApp Business:

  • Download di App Store/Play Store, aplikasi WhatsApp Business
  • Ikuti petunjuk aplikasi WhatsApp Business untuk mengaktifkan WhatsApp Business bagi nomor telepon usaha catering anda
  • Segera tuliskan Jawaban Cepat (Quick Replies) agar anda dapat melancarkan sambutan selamat datang ketika calon pelanggan menghubungi WhatsApp anda
  • Anda juga dapat mengatur katalog lewat WhatsApp Business, agar dapat lebih mudah dilihat oleh calon Pelanggan

Untuk memulai menggunakan Instagram:

  • Pada apilkasi Instagram, ubah profil anda menjadi Business Profile (jika belum)
  • Hubungkan akun instagram anda ke halaman bisnis Facebook anda (untuk dapat mengatur Iklan Instagram Ads)
  • Lengkapi profil akun Instagram (nomor telepon, email, alamat) sehingga pelanggan dapat melihat profil bisnis anda dengan jelas dan keraguan pun semakin hilang untuk memesan
  • Tuliskan juga Jawaban Cepat (Quick Replies) yang tersedia pada fitur pesan singkat Direct Message (DM) yang disediakan oleh Instagram. Fitur ini ditandai dengan simbol chat bubble kecil di bagian ruang chat atau COVID-19 Business Resources 

Terima pesanan lewat Platform Pembelian Makanan Online
Untuk mendaftar ke GoFood atau GrabFood, anda perlu menghubungi tim mereka di website mereka masing-masing (gojek.com dan grab.com).

Kebetulan, dalam menghadapi COVID19, Instagram telah menyediakan cara bagi usaha makanan untuk dapat menghubungkan GoFood atau GrabFood mereka kepada akun Instagram untuk menerima pesanan secara online lebih cepat lagi.

 

Caranya cukup mudah, yaitu sebagai berikut:

  1. Di halaman akun profil Instagram anda, klik ‘See COVID-19 Business Resources’ yang terletak di bagian atas dari profile picture.
  2. Klik ‘Offer Food Orders’
  3. Pilih antara GoFood atau GrabFood
  4. Masukkan link restoran anda yang berasal dari GoFood atau GrabFood, ke ‘Add Partner Link’

 

Jika anda ingin melayani segmen perusahaan/corporate, anda juga dapat mendaftarkan usaha catering anda ke www.manganfoods.com, platform penghubung restoran/catering ke perusahaan/organisasi/acara.

Alhasil, Instagram sangat penting untuk mendukung semua jenis metode pemesanan dan saya sangat merekomendasikan usaha catering anda untuk membuka akun Instagram yang berprofil bisnis.

 

 

Persiapkan proses pengiriman makanan

Dalam mengirim makanan, keamanan dan kebersihan makanan sangatlah penting.

Pada kegiatan pengiriman makanan, kita harus memikirkan pengemasan, jarak pengiriman, jenis makanan yang dikirim, dan pengirim yang terpercaya. Semua ini harus diatur dengan baik sehingga makanan dapat sampai di tangan pelanggan dengan kualitas tertinggi. 

Silakan cek panduan Food Safety dari SerataFoods di sini. Anda juga dapat memesan berbagai alat kebersihan dan alat packaging di www.seratafoods.com.

Untuk kurir pengiriman, anda bisa meminta pelanggan untuk mengambil makanan secara mandiri menggunakan aplikasi Gojek atau Grab, atau jika jumlah pengiriman anda sudah tinggi, anda dapat bekerja sama dengan kurir terpercaya seperti Lalamove, SiCepat, NinjaVan, dan lainnya.

 

Persiapkan proses pembukuan sederhana

Setiap usaha, termasuk juga usaha catering, sangat membutuhkan sistem pembukuan yang baik.

Pastikan anda sudah membukukan semua pemasukan, biaya, dan pembelian dengan baik dan akurat. Jika anda membutuhkan sistem akunting yang mudah dan murah, anda bisa coba menggunakan jurnal.id atau accurate.id.

 

Persiapkan informasi catatan toko / FAQ

Pada bagian Instagram Highlights atau Quick Replies, anda dapat menuliskan ketentuan-ketentuan pesanan yang pelanggan anda dapat baca (misal: jadwal pengiriman, rekening bank untuk pembayaran, lokasi restoran, dan sebagainya)

Jika anda sudah menuliskan catatan dan ketentuan serta FAQ dengan rapi, hal ini dapat mempercepat proses pemesanan dan menghemat waktumu.

  

Manfaatkan digital marketing setiap harinya

Pastikan anda sudah mempersiapkan diri untuk memasarkan usaha catering anda SETIAP HARINYA secara digital, terutama dalam masa pandemi ini (banyak pelanggan sudah sangat melek untuk pesan online). Anda dapat menggunakan Instagram dan memposting berbagai cerita dan materi pemasaran setiap harinya dengan tujuan mengenalkan makanan catering anda kepada calon pelanggan.

 

Ditulis oleh:

Hutomo H.

Artikel sebelumnya CARA MEMBENTUK ROTI BANTAL || SERATAFOODS
Artikel selanjutnya When Life Gives You Limes - Resep Lime Ade & Lime Squash, Minuman Segar Saat Buka Puasa

Komentar

vsxjzvfdtt - October 7, 2020

jcb
vsxjzvfdtt http://www.g6mipj9243p1w734j3eml23b9c8f0p7ks.org/
[url=http://www.g6mipj9243p1w734j3eml23b9c8f0p7ks.org/]uvsxjzvfdtt[/url]
avsxjzvfdtt

wmcckylpq - September 15, 2020

jcb
awmcckylpq
[url=http://www.g4ixnb232c7ew857e40wx0kfr1u6m154s.org/]uwmcckylpq[/url]
wmcckylpq http://www.g4ixnb232c7ew857e40wx0kfr1u6m154s.org/

iglxmcii - September 11, 2020

jcb
iglxmcii http://www.g4z9nj05y69586ptbs9pr957l7y4s4sas.org/
aiglxmcii
[url=http://www.g4z9nj05y69586ptbs9pr957l7y4s4sas.org/]uiglxmcii[/url]

nsiwxlhhi - September 9, 2020

jcb
nsiwxlhhi http://www.g63u0rh2w80qxji78r432k9xa412p4fns.org/
ansiwxlhhi
[url=http://www.g63u0rh2w80qxji78r432k9xa412p4fns.org/]unsiwxlhhi[/url]

fbblbnrerv - August 29, 2020

jcb
afbblbnrerv
fbblbnrerv http://www.g256rze6g4796ih7lx9mqb385gv0u6j1s.org/
[url=http://www.g256rze6g4796ih7lx9mqb385gv0u6j1s.org/]ufbblbnrerv[/url]

Tinggalkan komentar

* informasi yang diwajibkan

Sale

Unavailable

Sold Out