Class 103A - PERHITUNGAN OMSET USAHA KULINER

Halo semuanya,

Untuk bisa mencapai tujuan MEMAKSIMALKAN OMSET, kita perlu terlebih dahulu mengerti akan menu yang kita jual dan juga HARGA MENU yang optimal.

Terdapat 3 metode dalam pemberian HARGA MENU yang optimal:

  1. Harga berbasis Biaya
  2. Harga berbasis Kompetisi
  3. Harga berbasis Nilai

Mari kita mulai dari metode pertama, yaitu HARGA BERBASIS BIAYA.

HARGA BERBASIS BIAYA ini adalah pemberian harga kepada suatu menu berdasarkan harga pokok penjualan (HPP). Jika kita membutuhkan HPP sebesar Rp 10.000 untuk memasak 1 porsi bakmi, maka HARGA yang optimal untuk menu tersebut mungkin adalah Rp 30.000/porsi. Dengan begini, kita akan meraup keuntungan sebesar Rp 20.000/porsi bakmi. Metode HARGA BERBASIS BIAYA ini harus berdasarkan riset pasar akan keberadaan menu yang mirip dan juga berdasarkan riset produk yang baik, sehingga kita tidak salah hitung dalam mengambil keuntungan.

Berikutnya adalah metode pemberian HARGA BERBASIS KOMPETISI.

HARGA BERBASIS KOMPETISI adalah pemberian harga kepada suatu menu berdasarkan riset pasar terhadap produk yang sudah ada. Contoh yang mudah adalah kita menjual kopi bergula aren dengan harga Rp 18.000/porsi karena kompetitor yang sudah ada telah menjual dengan harga tersebut. Metode ini cukup memudahkan kita untuk menentukan harga, tapi ini akan berpotensi untuk menyebabkan terjadinya perang harga yang tidak ada habisnya.

Metode yang berikutnya sedikit lebih sulit dilakukan, tapi tentu saja bisa mendatangkan keuntungan yang lebih berarti.

Metode yang saya ingin bicarakan berikutnya adalah HARGA BERBASIS NILAI.

Merujuk kepada kata nilai, semua customer ingin agar apa yang dibelinya itu bernilai. Untuk perihal nilai menu makanan, bisa termasuk dari sejarah, rasa, visual, tampilan, dan sebagainya.

Kita harus bisa mengerti dengan baik terlebih dahulu mengenai detil menu makanan yang akan kita jual. Merujuk pada Class 102 untuk elemen menu yang baik (RASA, VISUAL, NILAI), kita akan bisa memaksimalkan HARGA PENJUALAN dan OMSET.

Pertama-tama, kita harus memastikan bahwa RASA kita sesuai dengan apa yang ingin kita sajikan, berdasarkan standar market yang sudah ditentukan. Untuk standar market ayam goreng, misalnya, kita harus yakin bahwa kita bisa bersaing dengan Kentucky Fried Chicken (KFC) agar bisa menggaet market yang sudah ada. Tentu saja akan ada elemen kejutan dimana orang ingin mencoba makanan kita selain dari KFC yang sudah membosankan. Tapi KFC sangat konsisten dalam penyajian dan elemen kejutan tidak akan bertahan terlalu lama. Untuk itu, kita harus bisa menciptakan menu yang enak dan konsisten secara RASA untuk memaksimalkan penjualan.

VISUAL juga berguna untuk meningkatkan nilai jual dari suatu menu.

VISUAL ini bisa kita perhatikan dari beberapa hal, seperti:

  • Kerapian cara dan alat penyajian makanan
  • Kerapian penyaji makanan (karyawan)
  • Bentuk makanan yang disajikan

Contoh yang mudah adalah penyajian Pizza yang berbeda akan menyebabkan perbedaan harga sebesar 200% atau lebih! (Kita ambil contoh Pizza Hut, suatu merk Pizza yang sudah eksis di Indonesia selama 35 tahun lebih). Pizza Hut akan bisa dengan lebih mudah menjual pizza dengan harga lebih mahal dikarenakan VISUAL yang baik (karyawan rapi, alat penyajian cantik, dan bentuk makanan yang dibentuk dengan baik).

Secara NILAI, kita harus dengan pintar menjual ‘Cerita’ dari menu kita, yang dimana jika sesuai dengan tema, sejarah, atau trend yang sedang berlaku, akan menjadi nilai tambah bagi customer dan mereka akan lebih mau membeli makanan dengan harga lebih.

Setelah mempertimbangkan semuanya diatas, kita akan dapat memberikan HARGA yang tepat untuk menu-menu kita, yang dimana akan memaksimalkan OMSET dan mensukseskan usaha kulinermu!

Gunakan tabel berikut untuk melakukan penilaian mengenai menu-menu yang ingin kamu sajikan!

NAMA MENU: INDOMIE TELUR KORNET

Setelah mempertimbangkan semuanya diatas, kita akan dapat memberikan HARGA yang tepat untuk menu-menu kita, yang dimana akan memaksimalkan OMSET dan mensukseskan usaha kulinermu!

Artikel sebelumnya One Pan American Breakfast

Tinggalkan komentar

* informasi yang diwajibkan

Sale

Unavailable

Sold Out