Cara Mengurangi Biaya Bulanan Restoran

Cara Mengurangi Biaya Bulanan Restoran

Gordon Ramsay saying You, Save Your Money

 

Bagaimana Cara Mengurangi Biaya Bulanan Restoran?

---

Pertanyaan ini cukup sering saya pikirkan ketika mengelola restoran saya dulu kala.

Sangat sering pemilik restoran memikirkan hal ini dengan keras demi mempertahankan keuntungan ataupun mempertahankan kelangsungan restoran tersebut.

Pada artikel hari ini, saya akan memberikan sedikit tips mengenai cara-cara yang dapat kita tempuh untuk mengurangi biaya bulanan restoran.

Sebelumnya, jangan menyerah meskipun pandemi COVID19 sedang menyerang industri restoran! Kita akan bangkit lagi dengan segera.

 

meme perhitungan yang membingungkan

Tulis dan jabarkan semua biaya bulanan anda dengan rapi dan akurat

Untuk memulai, kita perlu menuliskan dan menjabarkan semua biaya yang restoran kita keluarkan setiap bulannya. Biaya bulanan dapat berupa biaya sewa gedung, gaji pegawai, biaya air dan listrik, biaya marketing, dan biaya maintenance. Pastikan juga untuk menambahkan semua biaya tersebut sehingga kita dapat mengetahui berapa jumlah biaya bulanan yang kita keluarkan sebenarnya. Simak contoh sebagai berikut:

Biaya Bulanan Restoran Pizza Budi - Januari 2018

  • biaya sewa gedung dan pajak sewa = Rp 10,000,000 / bulan
  • biaya gaji pegawai (2 shift X 3 pegawai X UMK Jakarta Rp 4,500,000) = Rp 27,000,000 / bulan
  • biaya air dan listrik = Rp 10,000,000 / bulan
  • biaya marketing = Rp 5,000,000 / bulan
  • biaya maintenance peralatan = Rp 3,000,000 / bulan

Total biaya bulanan adalah Rp 55,000,000 / bulan

Ingat, sangatlah penting untuk selalu memantau biaya bulanan secara disiplin setiap bulannya.

 

huel menghitung uang di film breaking bad

Cek keuntungan restoran setiap bulannya

Setelah kita mengetahui berapa besar biaya bulanan yang kita keluarkan, berikutnya kita perlu menghitung keuntungan Restoran kita. Pastikan untuk menghitung dengan formula sebagai berikut:

(Total Biaya Bulanan / Total Penjualan) x 100 = Persentase (%) Biaya Bulanan Terhadap Penjualan

Jika Persentase Biaya Bulanan berada di angka di bawah 35%, umumnya hal ini menandakan bahwa restoran anda sudah berlangsung dengan cukup efisien. Jika Persentase ini berada di angka yang lebih tinggi dari 35%, anda harus segera cari cara untuk mengurangi biaya bulanan restoran anda.

Pastikan anda sudah menjabarkan semua biaya bulanan (termasuk biaya tersembunyi dan biaya tak terduga). Setelah penjabaran biaya yang lengkap, berikutnya kita akan mencari cara untuk mengurangi biaya bulanan secara satu-persatu. Umumnya, biaya sewa gedung dan biaya gaji cukup konsisten secara nominal, namun biaya seperti biaya air dan listrik, biaya maintenance, dan biaya marketing merupakan biaya yang dapat sering berubah-ubah secara signifikan.

Penjabaran dan pengontrolan biaya bulanan yang baik dapat sangat membantu restoran anda membentuk strategi pengurangan biaya dan peningkatan efisiensi yang lebih baik. Sebagai referensi, anda dapat menggunakan software pembukuan cloud yang murah dan efisien seperti jurnal.id atau accurate.id untuk membantu anda dalam memantau biaya bulanan anda setiap saat.

 

gambar berjabat tangan

Coba kurangi biaya sewa

Biaya sewa adalah salah satu komponen biaya yang sangat besar. Umumnya, tidaklah mudah dalam mengurangi biaya sewa bulanan, karena pada umumnya harga tersebut sudah baku berdasarkan perjanjian sewa dengan pemilik gedung. Namun, tidak ada salahnya anda mencoba hal-hal sebagai berikut:

  1. Negosiasi ulang ketentuan sewa: Restoran anda adalah salah satu sumber penghasilan bagi pemilik gedung. Jika anda membayar sewa secara bulanan, anda bisa mencoba negosiasi ulang perihal ketentuan dan harga sewa dengan beberapa cara seperti meminta pengurangan harga sewa bulanan tapi menambah durasi sewa menjadi lebih panjang ke masa depan. Hal ini mungkin dapat menarik minat pemilik gedung untuk membantu anda mengurangi biaya sewa bulanan
  2. Sewakan sebagian area restoran ke pihak lain: Anda juga dapat menyewakan sebagian gedung atau dapur dari gedung restoran anda kepada usaha kuliner lainnya yang lebih kecil. Banyak usaha kuliner baru yang membutuhkan tempat untuk mempersiapkan makanan dan bahan baku mereka agar dapat dijual di tempat lain ataupun secara online. Karena anda mempunyai gedung yang leluasa, anda dapat mencoba menyewakan sebagian tempat kepada mereka dengan harga yang menarik, anda pun dapat mengurangi biaya sewa bulanan untuk restoran anda. Pastikan untuk mengatur waktu jadwal pemakaian tempat antara tim restoran anda dengan tim usaha kuliner yang menyewa sebagian tempat anda. Catatan: sebelum anda melakukan hal ini, cek terlebih dahulu ketentuan sewa kepada pemilik gedung.

Jika anda membutuhkan konsultasi hukum atau legal, anda bisa cek di drcontract.com ataupun di kontrakhukum.com

 

gambar daun dan air

Kurangi dan efisiensikan biaya air dan listrik

Biaya air dan listrik adalah biaya yang cukup sering berubah-ubah secara signifikan setiap bulannya, tergantung pemakaian. Anda dapat melakukan beberapa hal sebagai berikut untuk mengurangi biaya air dan listrik:

  • Perbaharui alat dapur anda dengan model terbaru: beberapa model terbaru mempunyai fitur hemat listrik yang dapat membantu anda mengurangi biaya listrik secara jangka panjang, pastikan peralatan anda selalu terawat dan terupdate untuk mendapatkan benefit maksimal. Untuk memperbaharui peralatan ataupun melengkapi peralatan anda, silakan juga cek barang-barang di www.seratafoods.com.
  • Hemat biaya air dengan cara menggunakan kulkas untuk mencairkan makanan beku dari freezer. Makanan beku dari freezer dapat anda pindahkan terlebih dahulu ke kulkas agar dapat dicairkan secara alami, tanpa menggunakan aliran air yang secara terus-menerus.
  • Gunakan combination oven, jika tersedia. Combination Oven mempunyai beberapa jenis cooking mode yang dapat secara bersamaan memasak beberapa jenis makanan dengan hanya 1 alat saja. Hal ini dapat membantu anda menghemat biaya listrik
  • Gunakan commercial dishwasher atau alat pencuci piring komersil. Alat ini dapat membantu anda mencuci banyak piring dan peralatan kotor sekaligus dan menghemat biaya air dan biaya listrik, dan juga biaya gaji pegawai pencuci piring. Anda bisa cek GETRA EASY-500 atau GETRA KDW-600N untuk alat pencuci piring komersil yang sudah dipercaya banyak restoran di Indonesia.
  • Pastikan lampu yang tidak dipakai agar dimatikan dengan disiplin untuk mengurangi biaya listrik. Gunakan juga lampu hemat energi yang sudah tersedia di berbagai toko listrik dan elektronik.
  • Matikan listrik semua peralatan komersil di malam hari secara disiplin
  • Jangan menimbun bahan baku secara berlebihan di dalam kulkas atau freezer. Hal ini dapat membantu anda menghemat biaya listrik dikarenakan kulkas yang penuh akan membutuhkan daya listrik yang lebih besar, sehingga biaya listrik akhirnya membengkak. Hal ini juga dapat meningkatkan biaya pembuangan bahan baku dan menambah beban arus kas restoran

 

gambar digital marketing foto makanan influencer instagram

Efisiensikan biaya marketing dengan Digital Marketing

Dengan teknologi jaman sekarang, anda dapat memanfaatkan berbagai teknik Digital Marketing yang membantu usaha kita tumbuh seiring dengan hasil iklan digital tersebut. Kini saatnya anda mencoba (bagi yang belum pernah) untuk aktif memasarkan restoran secara digital dan aktif beriklan dengan strategi di dunia maya.

Beberapa strategi digital marketing akan saya bahas di tulisan berikutnya. Simak terus blog kita di www.seratafoods.com/blogs/news.

Berikut juga beberapa ide marketing restoran yang sedang trending:

  • Gunakan canva.com untuk menciptakan banner digital, brosur digital, ataupun buku menu digital secara gratis dan mandiri
  • Gunakan Instagram untuk memasarkan makanan anda dengan foto-foto makanan yang sudah dipersiapkan dengan baik. Instagram dan alat sosial media lainnya seperti Twitter dan Facebook dapat memudahkan anda menginformasikan pelanggan mengenai menu baru, diskon, dan memperkenalkan cerita restoranmu dengan lebih baik lagi
  • Gunakan juga Instagram Ads untuk memasarkan produk anda kepada market yang tepat
  • Tawarkan diskon di GoFood atau GrabFood agar dapat berjualan secara online (mereka juga sedang bergabung dengan Instagram saat ini untuk membantu usaha restoran menerima pesanan online, cek Instagram COVID-19 Business Resources sekarang)
  • Bergabung dengan ManganFoods.com untuk memasarkan restoran ke berbagai komunitas perkantoran
  • Gunakan Google My Business untuk mendaftarkan restoran anda di Google Maps, agar pelanggan dapat melihat lokasi dan detil usaha
  • Segera tanggapi ulasan/review online di Google Reviews ataupun Zomato dengan profesional dan positif, meski ulasan tersebut terkadang bersifat negatif atau kurang enak didengar. Hal ini juga dapat kita gunakan untuk memantau hal apa yang perlu kita kembangkan untuk restoran kita.

---

Akhir kata, kunci dari penghematan biaya bulanan adalah pemantauan biaya yang akurat, kreativitas penuh perjuangan, dan kedisiplinan operasional. Pastikan anda mempunyai sistem manajemen yang baik dan tim yang disiplin agar semua kesulitan dapat kita lawan dengan strategi yang efektif dan penuh perjuangan yang berarti.

spock salam vulcan

Semoga anda terus berhasil dan sehat. Terima kasih.

Artikel sebelumnya When Life Gives You Limes - Resep Lime Ade & Lime Squash, Minuman Segar Saat Buka Puasa
Artikel selanjutnya Kelas Pastry Online Oleh Chef Legendaris - TheButterBook.com

Tinggalkan komentar

* informasi yang diwajibkan

Sale

Unavailable

Sold Out