Resep: Chocolate Strawberry Tart

Resep: Chocolate Strawberry Tart

Hai bakers… kembali lagi dengan Saya, Winda!!

Kali ini saya akan membawakan resep sederhana namun memiliki kelezatan yang luar biasa. 

Voila,, kini saatnya Chocolate Strawberry Tart!

Sebenarnya saya bukan penggemar berat Tart, sampai dimana saya bekerja di Pierre Herme pada tahun 2017. Ya, mungkin kebanyakan orang mengenal mereka dengan sebutan Macarons (Ingat, dengan 1 “O”, namun bila anda menulis Macaroons (dengan 2, “O) maka akan menjadi pastry rasa kelapa), tapi pastikan kalian mencoba pastry mereka yang lain jika anda ada disana! Salah satu menu favorit saya adalah koleksi menu tart mereka, mulai dari rasa yang paling dasar; Three Vanilla Tart sampai cita rasa yang paling unik dari Raspberry Tart.

Selama disana, saya belajar banyak tentang cara membuat kulit tart yang sempurna untuk menjaga kualitas tart dari produksi hingga sampai di rak pajangan kue. Dan hari ini saya ingin membagikan beberapa tips hebat yang saya pelajari sebelum beralih ke resepnya.

  1. Tips pertama yang ingin saya bagikan adalah; pastikan adonan tart selalu dingin. Istirahatkan adonan setidaknya 30 menit di lemari es sebelum mengerjakannya dan selalu kerjakan adonan saat masih dingin (tidak hangat atau suhu ruangan). Adonan tart mengandung banyak mentega sehingga mudah meleleh di cuaca panas seperti di Indonesia ini. Sedangkan saat adonan meleleh, akan menjadi lengket dan sangat sulit untuk diolah. Selain itu, selalu dinginkan adonan di dalam loyang sebelum dipanggang. Proses ini akan membantu kulit tart menjadi bagus dan merata selama proses memanggang.
  2. Selanjutnya yang perlu kamu lakukan saat membuat tart adalah selalu memberi lubang pada dasar adonan sebelum dipanggang! Pastinya kita ingin membuat tart dengan rasio kulit dan isian yang pas kan? Dengan menusuk adonan dengan garpu atau alat yang biasa digunakan profesional yaitu roller docker, proses ini membantu menghilangkan gelembung udara yang akan keluar selama proses pemanggangan dan anda akan memiliki kulit tart yang matang merata. Kamu juga bisa menggunakan Pie Weight (batu-batuan khusus sebagai pemberat agar adonan tidak menggelembung). 
  3. Bekukan adonan kalian! Inilah salah satu trik terkenal bagi banyak profesional untuk membantu efisiensi produksi dapur mereka. Dulu, kami akan membuat kulit tart di dapur utama sebanyak mungkin, lalu memanggang dan membekukannya. Kemudian kulit tart yang sudah beku dikirim ke setiap toko dan dipanggang kembali selama beberapa menit dengan suhu tinggi untuk mengembalikan kerenyahan kulit tart sebelum diisi dan di dekorasi. Bila anda memiliki freezer yang berkualitas baik, anda dapat menyimpan adonan hingga 6 bulan loh! Pastikan kalian investasi di freezer yang berkualitas ya! Cek freezer favorit kami disini yang digunakan di dapur R&D kami. 
  4. Oleskan lelehan white chocolate di atas kulit tart sebelum menuangkan isian. Pernahkah bakers bertanya-tanya mengapa di beberapa toko roti memiliki kulit tart yang tetap segar dan enak walaupun toko sudah hampir tutup? Kelembaban dari isi tart dapat melelehkan kerenyahan kulit tart seiring berjalannya waktu, jadi melindungi kulit tart dengan cokelat putih dapat memperlambat prosesnya.

Itu tadi beberapa tips & trik yang saya pelajari selama bekerja yang sangat membantu untuk menjaga kualitas produk pastry saya. Sekarang mari kita cek resep Chocolate Strawberry Tart dibawah ini! Resep ini sangat cocok untuk kalian yang ingin mencoba dan berkreasi di dapur rumah atau bahkan untuk pastry / coffee shop yang menginginkan menu pastry yang cepat dan mudah. 

Bahan :

Kulit Tart (Pate Sablee)
Yield: 1 - 16cm

  • 47 gr  Unsalted Butter 
  • 30 gr Gula Halus 
  • 32 gr Almond Flour 
  • 2 gr Vanilla Paste 
  • 32 gr Telur 
  • 75 gr  Tepung Terigu 


Chocolate Ganache

  • 125 gr Heavy Cream 
  • 125 gr 54.5% Callebaut Dark Chocolate
  • 2 gr Salt 

 Hiasan Tart

  • Secukupnya  Strawberry, potong kecil 
  • Secukupnya  Buah Strawberry (untuk menghias) 
  • Secukupnya  White Chocolate (leleh) 


Cara Membuat:


Kulit Tart

  1. Menggunakan hand mixer atau stand mixer dengan paddle attachment, campur butter dengan gula halus hingga menyatu
  2. Masukkan almond flour, aduk hingga 90% menyatu
  3. Perlahan, masukkan telur dan vanilla dan aduk hingga 90% menyatu
  4. Tambahkan tepung terigu dan aduk hingga 90% menyatu
  5. Pindahkan adonan ke atas plastic wrap lalu adon sedikit menggunakan tangan hingga menjadi 1 adonan utuh, lalu tutup dengan plastic wrap dan pipihkan dan dinginkan di kulkas
  6. Setelah adonan dingin, pipihkan adonan dengan rolling pin hingga tebal menjadi 0.5cm
  7. Beri tekstur adonan menggunakan roller docker atau garpu (proses ini membantu agar kulit tart tetap rata pada saat dipanggang)
  8. Pindahkan adonan ke loyang tart dan rapikan (Pastikan adonan selalu dingin pada saat proses pengerjaan untuk memudahkan pengerjaan)
  9. Jika adonan sudah terlalu lembek, masukkan ke dalam freezer 10-15 menit sebelum di panggang
  10. Panggang kulit tart di oven yang sudah dipanaskan di suhu 150C selama 30-45 menit
  11. Dinginkan dan keluarkan dari loyang


Chocolate Ganache

  1. Panaskan heavy cream
  2. Campur 54.5% Callebaut Chocolate dengan garam
  3. Tuang heavy cream ke chocolate, aduk secara konsisten dengan whisk/silicone spatula dari bagian tengah hingga semua tercampur rata


Assembly:

  1. Oleskan white chocolate ke dasar tart (proses ini dilakukan agar kulit tart tidak cepat lembek akibat ganache/buah)
  2. Tambahkan potongan buah strawberry pada dasar tart
  3. Tambahkan chocolate ganache hingga penuh
  4. Dinginkan
  5. Hias dengan Buah Strawberry

 

Video : 

 

 Baca Resep & Tips lainnya disini 

1. 10 Ide Menu Pastry untuk Inovasi Coffeeshop

2. Baking Tips : Pilih mana Unsalted Butter atau Salted Butter?

 

Bahan & Alat yang digunakankan dalam foto & video :

1. Cooling Rack 

 

2. La Dame in Vanilla Paste

3. Brush

4. Rolling Pin

5. Round Fluted Tart

6. Sanneng SN5560 

7. Silpat

8. Deco Tatto

9. Unsaltedbutter

10. Plastic Wrap

11. KitchenAid Stand Mixer

12. KitchenAid Hand Mixer

13. Roller Docker

14. Whisk

Writer: Winda Halim

Editor: Indah 

 

 

 

 

 

Artikel sebelumnya Halloween Brookie
Artikel selanjutnya Baking Tips : Pilih Mana Unsalted Butter atau Salted Butter?!

Tinggalkan komentar

* informasi yang diwajibkan

Sale

Unavailable

Sold Out