Class 102 - MENENTUKAN MENU MAKANAN

Halo semuanya,

Sebelum kita memulai perhitungan dan pelaksanaan usaha kuliner, kita wajib menentukan jenis makanan dan menu apa yang ingin kita sajikan! Tips dan tricks dari saya adalah untuk tidak melihat jauh-jauh dari menu makanan keseharian milik keluarga yang lezat di mulut setiap harinya, ataupun kita bisa mengambil inspirasi dari internet dan media sosial yang penuh dengan jenis makanan beragam.

Kita perlu mengadakan yang namanya MARKET RESEARCH.

Market Research ini adalah kegiatan untuk mencari tahu jenis pasar dan produk apa yang sedang bisa dijual-belikan dengan baik secara nilai ekonomis. Untuk contoh, kita sudah mengetahui bahwa beberapa tahun ini market usaha kuliner sedang dikuasai oleh kopi bergula aren atau indomie rasa salted-egg. Berikut tabel simpel yang bisa kamu pakai untuk mencatat dan melakukan pengertian mengenai market usaha kuliner yang ingin kamu telusuri.

Saya sudah bikinkan tabel yang simpel untuk bisa anda kembangkan selama anda mempelajari market makanan yang sedang trending. Tentu saja, semua ini anda bisa hiraukan jika kamu sudah tahu mau menyajikan makanan legendaris milik nenek, yang kamu sudah tahu akan laku keras!

https://www.youtube.com/watch?v=xnEHOwmIog4

https://www.youtube.com/watch?v=h59WTfHasHI

https://www.youtube.com/watch?v=jMed9b-TPRg

Perlu diketahui juga, di depan mata customer, elemen-elemen penting dari menu makanan yang baik adalah:

  • RASA
  • VISUAL
  • NILAI

Soal rasa, adalah cukup jelas: semua makanan enak pasti terjual dengan sendirinya. Tapi biasa untuk bisa diberi nilai ekonomis tambahan (bisa dijual dengan harga lebih baik), perlu dikombinasikan dengan VISUAL dan NILAI.

Elemen visual ini bersifat bagaimana kamu mempresentasikan makanan kepada customer (di atas piring cantik, nampan pandan, dan lain-lain). VISUAL akan berpengaruh terhadap harga makanan dan NILAI yang dirasakan oleh customer!

Elemen NILAI adalah berapa harga yang akan ditentukan oleh Customer untuk makanan-mu. Rumus ekonomi itu simpel, jika kita bisa memberi nilai lebih kepada Customer, mereka akan membayar kita lebih, sesuai dengan nilainya.

Pastikan kamu sudah mempelajari market dengan baik (makanan yang lagi trending, menu nenek yang enak) dan mengawinkan informasi ini dengan pertimbangan elemen RASA, VISUAL, dan NILAI!

Artikel sebelumnya Class 107B: Ketahui Sejarah dan Tipe-tipe Sajian Prasmanan (Buffet) atau All You Can Eat

Tinggalkan komentar

* informasi yang diwajibkan

Sale

Unavailable

Sold Out