Class #109A: Sejarah Bisnis Katering dan Jenis-jenisnya

Class #109A: Sejarah Bisnis Katering dan Jenis-jenisnya


Sejarah  bisnis Katering dan Jenis-jenisnya - Seratafoods.com

Sejarah mencatat jasa katering sudah ada sejak milenium ke-4 sebelum masehi di Tiongkok. Kala itu, memberi makanan kepada para prajurit perang dan balatentara kerajaan dianggap sebagai bagian dari pengabdian kepada kaisar. Tradisi yang sama kemudian dipakai di Mesir kuno ketika perjamuan makan disediakan untuk para prajurit dan cendekiawan, dan makanannya disiapkan oleh budak-budak. 

Katering sebagai bentuk perniagaan diyakini bermula di zaman Yunani kuno, ketika para pemilik penginapan menawarkan jasa makanan kepada para tamunya, yang kebanyakan kaum bangsawan atau raja-raja. Ada juga beberapa yang menjual kepada para peziarah yang melintasi jalur dagang atau penyebaran agama. Cara ini kemudian berlanjut hingga ke masa kerajaan Romawi, kemudian merambah ke Eropa pada abad pertengahan, hingga ke seluruh dunia dan terus berkembang hingga sekarang. 

Ilustrasi kuno dari Mesir menggambarkan proses pembuatan makanan katering - Pinterest.com/Oxford Encyclopedia of Ancient Egypt

Tidak banyak berubah tentang bentuk katering itu sendiri: umumnya seseorang atau badan usaha menyediakan paket makan sekelompok orang, dengan menu makanan yang spesial dan dengan harga khusus yang disepakati dengan pemesan

Karena berfokus pada sajian makanan yang dipesan khusus dengan kualitas bagus, dalam perkembangannya usaha katering banyak diadopsi juga oleh restoran-restoran untuk menambah penjualannya, menerima pesanan makanan dalam jumlah besar, bahkan jika makanan yang dimaksud tidak tertera dalam menu mereka.

Seiring berjalannya waktu dan kebutuhan pasar yang semakin beragam, usaha katering juga terus menyesuaikan bentuk, skala dan karakteristik produknya. Namun pada umumnya, ada beberapa jenis usaha katering yang bisa dibagi berdasarkan target pasar atau skala produksinya.

Jenis-jenis Usaha Katering

Banyak usaha katering masa kini melayani beragam target pasar sekaligus. Tapi jika dikelompokkan, jenis usaha katering bisa dibedakan berdasarkan target pasar, dan dengan begitu juga skala usahanya. Jenis-jenis usaha katering berdasarkan skala pasarnya adalah:

  • Katering Korporat atau Perusahaan (Contoh: Manganfoods.com)
  • Katering Komunitas atau Acara Sosial
  • Katering Personal (skala kecil)

  • Sesuai namanya, katering korporasi menyediakan jasa makan dan minum partai besar untuk acara di  institusi besar atau perusahaan: konferensi, musyawarah nasional, staff trip, atau acara-acara peringatan. 

    Karena melayani korporasi atau institusi, biasanya usaha katering korporasi sendiri sudah berbentuk badan usaha resmi, mempekerjakan sejumlah karyawan tetap dan menerapkan standar operasi yang ketat. Karena dapat melayani tamu atau tokoh-tokoh penting, kredibilitas katering korporasi bersumber dari standar penjaminan kualitas yang premium dan diakui.

    Cari tahu soal MANGAN - B2B efoodservice yang menghubungkan merchant jasa kuliner terbaik untuk komunitas dan kantor. KLIK DI SINI. 

    annafoodindonesia.com
    annafoodindonesia.com

    Jenis katering berikutnya adalah katering komunitas atau sosial. Walaupun skalanya tidak sebesar katering korporasi yang bisa menyediakan ratusan hingga ribuan porsi, katering sosial juga sudah punya basis pasar yang lumayan, biasanya di antara 100 hingga 200 porsi. Katering sosial bergerak di pasar komunitas, acara-acara perumahan atau kantor kecil. 

    Baik katering korporasi maupun katering sosial fleksibel menyediakan porsi makanan dan minuman, termasuk lokasi penyajiannya. Karena mengikuti permintaan pelanggan, tidak jarang katering harus disediakan acara yang lokasinya jauh, bahkan di luar kota. Ini memang bagian dari karakter usaha katering yang siap mengantarkan makanan bahkan hingga ke tempat acara yang jauh.

    Tipe katering ketiga melayani skala yang lebih kecil, yakni katering personal. Katering ini biasanya disediakan oleh jasa katering rumahan, dan melayani orang per orang atau rumah ke rumah. 

    Perkembangan teknologi jasa antar (delivery) makanan yang kini melibatkan aplikasi mobile memungkinkan katering skala kecil ini berkembang pesat belakangan ini. Seorang ibu rumah tangga atau sekelompok orang bisa membuka usaha katering personal dari rumah atau kios kecil dan melayani orang-orang kantoran yang terdekat. Meski terbilang kecil, katering personal cukup berkembang karena pasarnya yang sangat besar.

    freepik - contoh katering

    Biasanya jenis makanan dan harga paket katering personal tidak semahal katering sosial atau korporasi. Harganya yang murah juga menjadi nilai unggul bagi banyak orang yang hendak berlangganan secara mingguan atau bulanan. Karena pasar yang besar pula, proses produksi katering skala rumahan ini bisa berlangsung terus-menerus, mengikuti keberhasilan strategi pemasaran yang sifatnya lokal.

    Dalam menjalankan bisnisnya, sumber pendapatan utama usaha katering berasal dari harga makan-minuman dan jasa penyajian yang biasanya ditetapkan di awal. Untuk menjamin pendapatan dalam jangka panjang, usaha katering biasanya memasarkan produknya untuk jasa penyediaan rutin, artinya tidak cuma sekali. 

    Terlepas dari skala usahanya, katering mengandalkan nama baik dan testimoni pelanggan untuk mendapatkan pemesanan berulang (repeat buy) atau pelanggan tetap. Katering sosial biasanya mengadakan kontrak pembelian dengan kantor-kantor swasta atau institusi pemerintah untuk paket berlangganan setiap bulan. 


    Demikian sejarah singkat usaha katering dan jenis-jenisnya berdasarkan skala usaha yang dibuat untuk melayani berbagai pelanggan. Menjalankan usaha katering bukan tanpa risiko. Diperlukan langkah-langkah sebelum memulai, termasuk menentukan skala mana yang tepat untuk dipilih, dan persiapan teknis apa yang perlu dilakukan. 


    Baca lebih lengkap tentang langkah-langka strategis ini di blog berikutnya. Punya kegiatan atau program makan siang bareng di komunitas, kantor atau institusi tempat Anda bekerja? Klik www.manganfoods.com dan cari tahu bagaimana cara menjadi Host, dengan 10.000+ item menu pilihan.

    ManganFoods - Corporate catering event

    ------

    Sumber bacaan:

    Sumber gambar utama: sofia.zevedina.com

    Sumber gambar ilustrasi: 

    • Pinterest.com/Oxford Encyclopedia of Ancient Egypt,
    • Freepik
    Artikel sebelumnya Class #109B: Catat ini: Langkah-langkah yang Perlu dilakukan Sebelum Memulai Usaha Katering
    Artikel selanjutnya MUST HAVE ITEM IN 2020! Ini Keunggulan KitchenAid Food Processor 5KFP1333GER

    Komentar

    iwitrika - October 18, 2020
    Online[/url] Amoxil Dose For 55 Pounds rxa.ycya.seratafoods.com.ehn.dh http://mewkid.net/when-is-xuxlya2/
    ipibisonazi - October 18, 2020
    500mg Capsules[/url] Amoxil pom.eipx.seratafoods.com.kja.jx http://mewkid.net/when-is-xuxlya2/

    Tinggalkan komentar

    * informasi yang diwajibkan

    Sale

    Unavailable

    Sold Out