Class #110 : Tips Memilih Supplier Terbaik

Class #110 : Tips Memilih Supplier Terbaik

Bagaimana mencari supplier terbaik? Mengapa supplier terbaik itu penting? Apapun bisnis anda memang perkara supplier tidak bisa dikesampingkan sering sekali produksi bisa terhambat karena bahan baku yang diperlukan tidak terpenuhi. Oleh karena itu, banyak sekali pelaku bisnis yang menjalin kerjasama dengan supplier handal untuk memastikan bahan baku produksi terpenuhi dengan harga terbaik. 


Lalu, Apa itu supplier? 


Supplier adalah perusahaan / toko yang memasok produk untuk toko kita. Terlepas dari seperti apa bentuk bisnis kita, apakah reseller (beli dari supplier, stok lalu jual lagi) atau dropshipping (cari customer, kalau ada yang membeli minta supplier mengirim barang ke customer). 


Nah bisa dibayangkan, jika tiba-tiba harga bahan baku melejit naik secara sepihak dari supplier bisnismu. Tentu saja hal itu akan mempengaruhi perhitungan pendapatan dan operasional bisnis. bahkan, seringkali bisnis bisa ‘gulung tikar’ dikarenakan masalah supplier bahan baku.  

Baca juga : 

https://seratafoods.com/blogs/news/class-103c-menghitung-biaya-usaha-kuliner-secara-sederhana?_pos=1&_sid=11833a5a4&_ss=r 

Melihat peran supplier yang penting bagi bisnis, nggak ada salahnya jika kita wajib berhati-hati dalam memilih supplier? Jangan sampai supplier bersikap semena-mena dan merugikan bisnis. Untuk itu, wajib perlu tahu memilih supplier yang handal & tepat untuk bisnis. Simak tips memilih supplier yang tepat di bawah ini yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber yang terpercaya.

Tonton Juga : 

https://www.youtube.com/watch?v=JPy4OK-P8lc 

 

 

  1. Utamakan Kualitas

        

Dalam hal memilih supplier bahan baku ataupun barang jadi yang akan dijual kembali untuk memenuhi order dari para pelanggan, kualitas harus dijadikan dasar pengukuran dalam memilih supplier bisnis. Apabila kualitas produk buruk, maka sudah dipastikan produk yang akan anda hasilkan atau jual kembali pun demikian. Sebaiknya, jangan mudah tergiur dengan harga atau biaya yang murah dalam menentukan pemasok bisnis anda. 

Kualitas bahan baku maupun barang dagangan yang akan dijual kembali akan menjadi taruhan utamanya. Pelanggan akan kembali melakukan pembelian kedua hanya ketika mereka merasa puas dengan kualitas yang didapatkan di pembelian utamanya. Kualitas tinggi dan harga yang bersahabat bagi pebisnis merupakan karakteristik penting dalam memilih supplier yang menyediakan bahan baku maupun barang terbaik. 

Tim SerataFoods menyediakan berbagai macam produk untuk usaha kuliner anda dengan harga yang bersaing dan pelayanan yang cepat. Klik disini untuk mengunjungi toko online kami.  

2. Perhatikan Track Record

Pastikan track record-nya baik dan tidak pernah ada keterlambatan atau kenaikan harga secara mendadak. Hal ini sangat penting, karena anda pasti tidak mau tiba-tiba produksi terhenti hanya karena keterlambatan pasokan bahan baku. Cobalah lebih cermat dalam mencari sumber-sumber informasi terkait supplier bisnis dari forum jual beli, komunitas, marketplace dan lain sebagainya. Salah satu cara yang paling mudah untuk mengetahui kredibilitas supplier dengan melihat track record para pembeli yang pernah bertransaksi dengan supplier tersebut.

Bisa juga anda melihat track record klien yang pernah dilayani oleh supplier, semakin bagus klien yang dilayani maka semakin terjamin supplier tersebut. 

SerataFoods telah melayani berbagai macam klien dengan pelayanan berkualitas dari hotel bintang 5, restoran dan cafe ternama hingga usaha kuliner baru, rumahan yang sedang berkembang. Klik disini untuk mengunjungi toko online kami

3. Kemampuan Supplier

Penting untuk anda memperhitungkan kembali kemampuan supplier dalam memenuhi pesanan. Pasalnya, beberapa supplier mengaku sanggup menyelesaikan order yang dipesankan, namun pada akhirnya mereka tidak sanggup menyelesaikannya dengan tuntas. Kemampuan supplier tertentu berbeda-beda dalam hal produksi dan distribusi. Dengan demikian, pilihlah supplier bisnis yang mampu menyelesaikan dengan ketepatan waktu yang dapat dipertanggungjawabkan. 

4. Konsistensi Supplier 

Konsistensi supplier dalam memenuhi order sangat berpengaruh terhadap ketersediaan stok barang di dalam bisnis yang digeluti. Pastikan anda memilih supplier yang memiliki konsistensi kemampuan dalam memberikan supply pada bisnis anda. Apabila ditengah jalan supplier bisnis tidak mampu mengirimkan bahan baku yang dibutuhkan, tentu saja kredibilitas bisnis turut dipertaruhkan.

Selain mempelajari track record sang supplier, anda juga perlu memperhitungkan dengan cermat hal-hal yang sekiranya dapat mempengaruhi konsistensi supplier bisnis dalam memenuhi order, seperti jarak, sarana dan prasarana yang dimiliki hingga jumlah tenaga kerja.

5. Mintalah Produk Sampel

Jika masih ragu atas kualitas serta kuantitas yang dapat dipenuhi oleh supplier tujuan, baiknya meminta produk sampel untuk masing-masing kategori bahan baku ataupun barang jadi. Hal ini dapat meyakinkan anda untuk membuat keputusan lebih lanjut. Apabila produk sampel yang diberikan berkualitas baik, anda tetap tidak boleh lengah. Jangan ragu untuk kembali mengecek kualitas produk pada pesanan berikutnya.

6. Pelajari Kebijakan Retur (Pengembalian Produk)

Ketika anda menjalankan kerjasama dengan supplier yang terpercaya sekalipun, pasti akan ada satu kejadian barang yang tidak sesuai pesanan entah itu rusak selama perjalanan, atau memang ada penurunan kualitas produk. Dan kejadian ini memaksa anda untuk melakukan pengembalian produk kepada pihak supplier. Oleh karena itu, anda wajib mempelajari syarat-syarat pengembalian produk jika barang yang didapat tidak sesuai.

Hal ini bisa mencegah anda mengalami banyak kerugian akibat bahan baku yang tidak bisa digunakan karena rusak atau barang tak bisa dijual kembali karena tak layak.

7. Pilih Supplier yang Fast Respon

Kecepatan dalam menangani dan melayani pelanggan merupakan tips memilih supplier terbaik yang sangat penting dan tak bisa dianggap remeh. Ini bisa menjadi tolak ukur seberapa serius seorang pelanggan bagi perusahaan. Oleh karena itu, pilihlah supplier yang fast respon. Hal ini untuk berjaga-jaga jika anda memiliki keluhan dengan produk yang anda dapat, anda bisa langsung dilayani dengan cepat dan baik karena kecepatan customer service supplier bisa berdampak terhadap kecepatan produksi kita juga. 

Pilihlah supplier yang mencantumkan nomer WhatsApp, email dan website yang mencantumkan produk yang mereka jual karena dapat memudahkan anda ketika bertransaksi ataupun mengajukan pengembalian barang apabila barang yang diterima mengalami kerusakan saat pengiriman. Salah satu contoh website supplier yang mudah diakses semua informasinya adalah www.seratafoods.com yang mencantumkan nomer WhatsApp, Email dan kemudahan dalam bertransaksi.

8. Metode Pembayaran

Poin lain yang bisa menjadi pertimbangan ketika memilih supplier adalah metode pembayaran yang ditawarkan. Misalnya adanya sistem DP terlebih dahulu nanti ketika barang datang akan dilanjutkan pelunasan atau adanya sistem termin dalam pembayaran yang dicantumkan ketika melakukan penawaran. Dengan adanya kemudahan metode pembayaran, membantu pebisnis untuk mengatur arus kas perusahaan dengan lebih baik.

Karena banyaknya permintaan pasar yang menginginkan kemudahan dalam pembayaran sebagai salah satu supplier SerataFoods juga turut andil dalam kemudahan pembayaran bagi B2B Partners kami. Untuk mendaftarkan usaha anda sebagai B2B partner dari SerataFoods, silakan klik disini dan nikmati benefits seperti harga khusus HORECA, termin pembayaran, dan lain-lain.

 

Itulah tadi beberapa tips yang dapat membantu dalam memilih supplier terbaik untuk bisnis anda. Pastikan untuk selalu memperhitungkan stok barang dengan cermat agar tidak sampai kehabisan. Saat stok barang sudah menipis atau waktunya mengganti dengan yang baru, anda bisa klik link ini. 

 

Artikel sebelumnya Almond Longan Tofu
Artikel selanjutnya Serba-Serbi Memasak dengan Cast Iron Skillet

Tinggalkan komentar

* informasi yang diwajibkan

Sale

Unavailable

Sold Out