Gula Melaka Cake dengan pendamping Es Puter Kelapa

Gula Melaka Cake dengan pendamping Es Puter Kelapa

Lho, resep Es Puter Kelapa-nya sudah tu, minggu lalu. Eh, tapi bisa dipakai buat apa lagi ya? Hmmm, tahu gak, resep esnya bisa dipakai buat tambahan segar di samping Gula Melaka cake lo! Kayak apa jadinya?

Iya, iya. Kali ini resep kita tetap pakai Es Puter Kelapa, tapi ditambahkan sajian Gula Melaka Cake yang cantik dan manis. Cara membuatnya sama-sama gampang, bisa dihafal buat akhir pekan ini juga. Penasaran gimana penampakannya? Ini dia:

Resep Kue Melaka dengan Es Puter Kelapa

Cantik kan ya? Nah, kalau masih punya sisa Es Puter Kelapa yang belum dimakan, coba deh tambahkan ke Gula Melaka Cake yang akan kita bikin pakai resep kali ini. Dijamin rasanya lebih nikmati, manis tebal, dan bikin ingat kampung.

Baca juga: Marie Regal Roll Cake dengan Isian Krim Mocha

Ada beberapa tips untuk membuat Gula Melaka Cake yang enak, simak ya:

  1. Gula Melaka Cake ini termasuk golongan Sponge Cake dimana kita menggunakan metode mengocok telur hingga ribbon stage sehingga angin yang terbentuk di dalam adonan akan mengembang pada saat kue dipanggang. Nah, kunci supaya cake nggak bantat? (1) JANGAN OVERMIX dan (2) JANGAN UNDERMIX. Kalo kalian overmix, pastinya angin yang terbentuk akan sangat banyak sehingga pada saat dipanggang, kue akan sangat mengembang tetapi akan turun pada saat dikeluarkan dari oven. Nah, kalau undermix, pastinya kurang angin, jadi cake akan bantat yaa.
  2. Jangan aduk adonan terlalu lama. Tips ini sangat kita sarankan untuk segala jenis kue baik sponge, chiffon, hingga mengaduk mousse. Aduklah secukupnya karena jika kalian mengaduk terlalu lama bisa mengakibatkan adonan akan kempes atau bahkan bisa pecah karena terlalu lama diaduk. Karena itu kita selalu menggunakan metode Folding maksimal 15 kali putaran untuk mengaduk adonan.
  3. Nah buat yang masih pada bingung gimana sih supaya mengocok telur nya jadi ribbon stage atau konsistensi kental pucat dan mengembang. Pertama, pastikan telur ada di suhu ruangan karena telur di suhu ruangan adalah suhu terbaik agar dapat mengembang maksimal. Lalu pastikan telur dikocok hingga berbusa terlebih dahulu sebelum memasukkan gula ataupun sirup ke dalamnya. Jika terlalu cepat memasukkannya, maka massa telur akan menjadi berat dan tidak dapat mengembang.

Setelah tahu tips dan trik pembuatannya, saatnya kita coba bikin, bagaimana sih bentuknya Gula Melaka Cake itu? Yuk simak resepnya di bawah ini:

Resep:

  • Palm Sugar 45 gr

  • Santan 30 gr

  • Daun Pandan 2 helai (Jika besar, maka cukup 1)

  • Kuning Telur 90 gr

  • Minyak 30 ml

  • Air 20 ml

  • Tepung Terigu 60 gr

  • Baking Powder ¼ tsp

  • Putih Telur 60 gr

Cara Membuat Gula Melaka Cake:

  1. Masak Palm Sugar, Santan dan Daun Pandan hingga mendidih dan teksturnya mengental.RESEP gula melaka cake dengan es puter kelaparesep gula melaka cake dengan es puter kelapa
  2. Di wadah lain, kocok Kuning Telur hingga pucat dan mengembang.
  3. Dengan metode folding, campur adonan Santan dan Kuning Telur tanpa mengempiskan adonan telur.resep gula melaka cake dengan es puter kelapa
  4. Dengan metode folding yang sama, tambahkan Minyak dan Air ke dalam adonan.resep gula melaka cake dengan es puter kelaparesep gula melaka cake dengan es puter kelapa
  5. Ayak Tepung dan Baking Powder lalu tambahkan ke dalam adonan.
  6. Di wadah terpisah, kocok Putih Telur dengan Caster Sugar hingga konsistensi medium peak, lalu campurkan ini ke dalam adonan Kuning Telur.resep gula melaka cake dengan es puter kelaparesep gula melaka cake dengan es puter kelaparesep gula melaka cake dengan es puter kelapa
  7. Tuang adonan akhir ke dalam Flexipan Silicone Mold atau cetakan lain yang dipilih yang sudah diolesi minyak.resep gula melaka cake dengan es puter kelapa
  8. Panggang di oven dengan suhu 160C selama 35-40 menit. Cek kematangan bagian tengah kue dengan bantuan tusuk sate atau termometer.
  9. Setelah matang, iris Kue dan sajikan di atas piring, tambahkan saus Melaka dan dua-tiga scoop Es Puter Kelapa (dari resep sebelumnya).resep gula melaka cake dengan es puter kelapa

Gimana, gampang kan? 

Baca juga: Class 107C: Tips Menjalankan Usaha Prasmanan (Buffet) yang Menguntungkan

Ayok deh, mumpung Es Puter Kelapa-nya masih ada banyak di kulkas, coba bikin beberapa kue ini (atau juga dari resep-resep sebelumnya), yang sekiranya klop disajikan dengan yang dingin-dingin. Pasti banyak kan? Setelah tahu, kan nambah lagi ide resep bikin es puter dan cake-nya. Biar makin rame!

See you di resep berikutnya minggu depan!


Alat dan bahan yang dipakai dalam resep ini:

harga palm sugar

maxim mesh strainer harga

harga ice cream scoop sekop es krim stainless

flexipan cetakan kue fleksibel donat
Previous article #108A: Pengertian dan Unsur-unsur Suksesnya Branding Restoran, Kafe dan Warung
Next article Maknyes! Ini Resep Es Krim/Es Puter Kelapa yang Bikin Ngiler, Gampang Banget!

Leave a comment

* Required fields

Sale

Unavailable

Sold Out