HOMEMADE INDONESIAN VANILLA ICE CREAM

Siapa sih yang tidak suka Es Krim? Mulai dari anak-anak sampai orang tua pasti semuanya suka makan Es Krim, apalagi kalau cuaca sedang panas-panasnya seperti sekarang ini. Pernah terpikirkan untuk membuat Es Krim sendiri di rumah? Sebenarnya cara membuat Es Krim itu sangat mudah loh! Seperti yang kita ketahui Es krim merupakan makanan beku dengan bahan dasar susu. Tidak hanya susu saja, es krim bisa ditambah pula dengan pemanis, perasa, ataupun buah-buahan sesuai selera Anda.

Nah yang perlu kalian tau juga, di resep ini kita menggunakan perasa Vanilla asli yang halal & non-alkoholik loh. Produk lokal dari Indonesia yang rasanya dijamin berbeda banget dengan perisa vanili yang kalian tau di luar sana! Tahukah kalian kalau Indonesia adalah produsen ketiga terbesar untuk buah vanili di dunia? Banyak sekali orang-orang yang tidak menyadari hal ini dan mereka malah lebih tertarik untuk membeli Vanilla import yang harganya jauh lebih mahal.

Sebelum kalian mencoba resep ini, dibaca sebentar yuk tips & tricks yang pastinya bikin resep ini anti gagal!

Tips & Tricks:

  1. Pada saat memasak campuran telur dan susu, pastikan anda menggunakan api kecil/sedang. Karena telur sangat sensitif terhadap panas, terlalu lama 10 detik saja, adonan akan menjadi scrambled egg!
  2. Pastikan anda mendinginkan Ice-Cream Maker anda di dalam Freezer min. 12 jam. Dan pada saat memasukkan adonan ke dalam Ice-Cream Bowl, pastikan mesin KitchenAid sudah menyala pada power 1.
  3. Mungkin kalian mengira dengan menyalakan mesin ke power yang lebih kuat akan mempercepat proses pendinginan Ice Cream. Tapi jangan salah ya, adonan harus di putar secara perlahan, jika prosesnya terlalu cepat maka akan ada beberapa bagian adonan yang tidak terkena dingin sedangkan sisanya sudah bertekstur solid.
  4. Bersabarlah dan dinginkan Ice Cream anda dengan waktu yang cukup. Kita tahu pasti sudah tidak sabar untuk menyantap Ice Cream buatan sendiri. Tapi jauh lebih enak jika kita bisa menikmati dengan tekstur yang sempurna. Untuk mendapatkan tekstur halus, anda bisa mendinginkannya selama min. 4 jam, untuk tekstur yang lebih solid, dinginkan Ice Cream selama 1 malam/12 jam.
  5. Karena resep ini tidak menggunakan obat-obatan atau pengawet sama sekali, simpanlah Ice Cream anda paling lama 5 hari di kulkas.

Sudah tidak sabar ingin membuat Es Krim sendiri? Nih kita punya cara membuat Es Krim Vanilla yang mudah dan pastinya enak. Enjoy!

Resep:

  • Susu Full Cream : 300ml
  • Kuning Telur : 4 butir
  • Caster Sugar : 77g
  • Vanilla Paste : 1tbsp
  • Heavy Cream (35.1%) : 150ml

Cara Membuat:

  1. Siapkan Ice-Cream Maker Bowl, masukkan ke dalam freezer paling tidak 12 jam sebelum penggunaan.
  2. Membuat adonan: Hangatkan Susu dan vanilla di panci sambil diaduk.
  3. Campurkan telur dan caster sugar, aduk menggunakan whisk hingga gula larut dan adonan berwarna sedikit pucat.
  4. Tuangkan setengah susu hangat ke dalam telur secara berkala sambil diaduk perlahan, tuangkan adonan telur balik ke dalam panci.
  5. Masak adonan dengan api kecil dan sambil diaduk hingga mengental atau mencapai konsistensi creme anglaise.
  6. Saring ke dalam mangkuk dan tuangkan heavy cream sambil diaduk hingga tercampur.
  7. Pindahkan ke gelas ukur, dilapisi dengan plastic wrap hingga menyentuh dan istirahatkan selama 6 jam.
  8. Pasang Ice-Cream Maker Bowl ke KitchenAid Standing Mixer, nyalakan pada kecepatan, secara perlahan tuangkan adonan ice cream ke dalam Mangkok.
  9. Aduk Ice-Cream selama 20 menit hingga mencapai konsistensi soft-serve Ice cream.
  10. Pindahkan Ice Cream ke dalam wadah, lalu dinginkan selama 4 jam atau hingga membeku.

Selamat Mencoba!

 

Gampang banget kan? Yuk dicoba dan temukan bahan dan peralatan untuk membuat “Ice Cream Vanilla” yang enak ini dengan mencari kode barang dibawah ini:

Castor Sugar - Ricoman Caster Sugar

https://seratafoods.com/search?type=article%2Cpage%2Cproduct&q=Ricoman**

 Whip Heavy Cream - Elle Vire Whipping Cream

https://seratafoods.com/products/elle-vire-100863-whipping-cream-1l

 Vanilla Paste - La Dame in Vanilla Vanilla Paste

https://seratafoods.com/search?type=article%2Cpage%2Cproduct&q=Vanilla**

KitchenAid - KitchenAid Mixer

https://seratafoods.com/search?type=article%2Cpage%2Cproduct&q=head*+stand*+mixer*

Artikel sebelumnya Fitur dan Cara Pakai: FLEXIPAN SILICONE MOLD

Tinggalkan komentar

* informasi yang diwajibkan

Sale

Unavailable

Sold Out