IDE BISNIS & RESEP : USAHA BAKSO DARI RUMAH

IDE BISNIS & RESEP : USAHA BAKSO DARI RUMAH

 

Bakso merupakan makanan favorit sebagian masyarakat baik dari anak-anak hingga dewasa, terbukti banyaknya penjual bakso yang dijumpai dimana-mana. Mulai dari penjual keliling, tenda pinggir jalan, warung hingga rumah makan besar selalu menghadirkan menu bakso sebagai hidangannya.

Di jaman pandemi ini, pastinya kalian pernah kepikiran dong untuk memulai usaha yang bisa dimulai dari rumah dengan modal kecil? 

Buka usaha bakso dari rumah? Kenapa tidak? Dengan bahan yang mudah dicari dan modal yang rendah, kalian pastinya bisa memulai usaha sendiri loh! 

Yuk coba simak artikel dibawah ini untuk inspirasi kalian. Jangan lupa baca sampai akhir ya, kita juga akan share resep mudah dari kuah bakso hingga penyajiannya. 

Tips Memulai Usaha Jualan Bakso

  • Menentukan Lokasi Jualan

Tentukan beberapa titik lokasi saat berjualan bakso, misalnya sekitar kampus atau sekolah, area pabrik, perkantoran, stasiun, terminal dan area pasar. Carilah lokasi yang memiliki konsumen banyak atau ramai sehingga bakso yang kamu jual bisa laris dan banyak pelanggan. Nah kalau anda tidak mempunyai tempat khusus bisa juga berjualan dengan menawarkan bakso secara online via Instagram, Facebook, Whatsapp hingga platform lainnya.

  • Menentukan Harga Bakso

Pastikan anda mematok harga yang sesuai dengan pasaran dan tidak terlalu mahal dari bakso pada umumnya, agar calon pelanggan tertarik mencoba bakso anda.

  • Memperhatikan kualitas rasa bakso

Selain menentukan lokasi jualan, harga bakso, tentunya kita juga harus memperhatikan kualitas rasa bakso yang di jual. Rasa bakso menjadi faktor penting, apakah pelanggan bisa membeli lagi atau malah tidak kembali. Untuk kalian yang kesulitan untuk menemukan bahan baku yang konsisten, kami sangat merekomendasikan untuk membeli frozen bakso (beku) untuk industri sehingga bisnis kalian akan lebih terjaga secara kualitasnya. 

  • Memberikan pelayanan yang baik kepada pembeli

Penting untuk pengusaha FnB memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan, jika rasa bakso enak tetapi pelayanan kurang baik maka juga berpengaruh kepada minat pelanggan untuk membeli. Berikan nuansa kenyamanan saat sedang makan di tempat kalian ataupun memberikan customer service yang ramah dan memuaskan bisa menjadi nilai tambahan untuk bisnis kalian!

  • Membuat Variasi Menu

Sediakan variasi menu yang beragam agar konsumen bisa memuaskan selera mereka, misalnya dengan berbagai isian seperti keju, cabai atau jamur. Varian menu yang beragam bisa membuat orang penasaran dengan rasa bakso.

  • Kebersihan tempat bakso

Poin penting lainnya dalam menjalankan bisnis kuliner, adalah kebersihan tempat usaha makanan. Tempat makan yang bersih berkaitan dengan kenyamanan pembeli. Oleh sebab itu sangat penting untuk menjaga kebersihan tempat usaha.

  • Memberikan promosi diskon

Dengan memberikan promosi yang menarik bisa membuat orang berdatangan dan membeli bakso. Misalnya pembelian bakso dua porsi bisa free minuman bebas pilih atau mendapatkan voucher gratis makan untuk pembelian selanjutnya. Bisa juga memberikan souvenir keren untuk pembeli apabila pembelian mencapai Rp 100.000

Selain Tips diatas, hal yang perlu kalian perhatikan adalah operasional di dapur kalian. Mulai dari pembelian bahan, pembuatan masakan, hingga penyajian. 

Dijaman pandemi seperti ini, meskipun nantinya virus akan memudar, pastinya setiap orang akan lebih berhati-hati untuk memilih vendor makanan dari segi kebersihannya. Tetapi di saat yang bersamaan, sebagai pengusaha bakso awam kita juga harus menghemat dalam operasional di dapur agar harga tidak melonjak kan? Yuk cek list dibawah ini yang dapat membantu untuk meningkatkan keefisiensian dalam dapur dan juga menghemat waktu dan modal untuk kalian yang baru mau memulai usaha!

  • Gunakan pre-packaged atau ready to eat food dari vendor terpercaya.

Di jaman ini, sudah banyak sekali beredar ready to eat atau pre-packaged food dimana makanan yang disimpan dalam keadaan beku, di proses menjadi bubuk kering sehingga memudahkan kita sebagai pengusaha makanan untuk tidak perlu memproduksi/membeli bahan baku yang memakan waktu dan tidak tahan lama. Contohnya seperti;

    1. Menggunakan frozen bakso sapi daripada membuat sendiri
    2. Menggunakan bubuk kaldu sapi daripada membuat kaldu sapi dari tulang dimana rasa dan kualitas menjadi tidak konsisten 
  • Menggunakan packaging yang sederhana namun sangat efisien untuk konsumen jaman sekarang yang lebih suka membungkus makanan untuk makan dirumah atau beli via online. Contohnya seperti:
    1. Menggunakan paper bowl daripada plastik kiloan (tahukah kalian bahwa banyak plastik kiloan yang beredar bisa menjadi racun jika terkena panas dari kuah/bakso?)
    2. Menggunakan mangkok plastik yang tahan panas untuk kuah. Pastikan di bagian bawah mangkok ada tulisan “heat-resistant” atau “Microwaveable”. Meskipun sama-sama plastik, tapi plastik dengan tulisan tersebut sudah melewati masa uji tahan panas pada titik tertentu. Selain itu, mangkok ini juga dapat dipakai lagi oleh customer kalian dirumah loh!
    3. Menggunakan cable ties untuk pembungkus kresek bagian luar. Tips satu ini dijamin akan membuat customer kalian lebih percaya untuk membeli makanan dari kalian daripada gerobak sebelah yang tidak!

Cukup sederhana kan untuk memulai usaha bakso ini? 

Nah sekarang cek resep dibawah ini ya untuk kalian coba!

Bahan:

Air - 1.5 Liter

Royco Kaldu Sapi - 2 SDT

Garam - 1 SDT

KOEPOE Garlic Powder (Bawang Putih) - 1 SDT

KOEPOE Lada Putih - 1 SDT

Bawang Putih Cincang - 2 Siung

Bawang Merah Iris Tipis - 5 Siung

Bawang Putih Goreng - 2 SDM

Bawang Goreng - 1 SDM

Bonanza Beef Bakso AB10 - 1 pak = 32pcs 

Bihun - Secukupnya 

Sawi - Secukupnya 

Gorengan - Secukupnya

Daun Bawang - Secukupnya

Jeruk Nipis - Secukupnya

Sambal - Secukupnya

Cara Membuat:

1. Kuah: Panaskan 1SDM minyak goreng lalu oseng bawang putih cincang dan bawang merah hingga harum

2. Masukkan air, kaldu sapi, garam, garlic powder, dan lada putih lalu tunggu hingga mendidih 

3. Masukkan bawang putih goreng dan bawang goreng lalu cemplungkan bakso, masak hingga mendidih 

4. Tiriskan bakso dan taruh di dalam mangkuk dengan bihun yang sudah direndam dan sawi yang sudah dipotong

5. Siram dengan kuah bakso lalu sajikan dengan gorengan, daun bawang, sambal dan jeruk nipis

 

Selamat mencoba!

Artikel sebelumnya Resep : Lotus Biscoff Tiramisu - Dessert Box
Artikel selanjutnya Resep : Tropical Mango Mousse Dome Cake

Tinggalkan komentar

* informasi yang diwajibkan

Sale

Unavailable

Sold Out