#IdeUsahaKopi: Berapa Dana yang Diperlukan untuk Usaha Kopi Susu Online?

Dana yang dibutuhkan untuk usaha Kopi


Masih soal usaha kopi susu yang lagi nge-hits, sekarang SerataFoods ingin sharing besaran dana untuk usaha Kopi Susunya. Perincian barang, dan tentu saja, dana apa saja yang dibutuhkan untuk memulai bisnis kopi susu yang simpel, tapi menguntungkan.

Kalau kita bicara tentang modal, pastinya bisa tidak berujung ya. Modal memang tantangan bagi sebagian orang, apalagi bagi yang harus ketat mengelola keuangan usahanya.

Beberapa hal memang harus dipertimbangkan. Apakah kita mau langsung berinvestasi di bisnis ini secara besar-besaran, ataukah mulai dengan modal yang tersedia terlebih dahulu dulu, lalu berkembang seiring berjalannya waktu.  Memang tidak ada benar tidak ada salah dalam 2 kondisi ini. Tetapi yang tidak seharusnya dilakukan adalah; berinvestasi secara besar-besaran dengan konsep yang tidak teratur atau mulai dengan apa adanya, namun asal-asalan dalam memilih alat dan bahan. Berpikir dan berencanalah dengan cermat, karena dua-duanya berpotensi merugikan bahkan sebelum usaha berkembang.

Nah, dalam penanaman modal awal dan membangun bisnis ini dari nol, sangat penting memilih baik-baik bahan, peralatan, dan perlengkapan yang dibutuhkan. Setelah mengetahui produk awal dan tema bisnis yang direncanakan, mulai nampak jelas barang dan bahan apa saja yang harus dibeli untuk memenuhi rencananya.

Untuk bisnis yang baru dimulai, fokuslah pada alat dan bahan-bahan utama terlebih dahulu. Alat masak, alat penyajian, bahan-bahan utama produk, serta kemasan boleh dikatakan prioritas pertama. Baru kemudian kemasan tambahan, kartu ucapan, taplak meja, atau dekorasi ruangan.

Tanpa berlama-lama, langsung simak yuk di bawah ini, apa aja sih yang diperlukan untuk membuat bisnis kopi susu yang sederhana.

Yang pertama kita butuhkan adalah BAHAN BAKU.

Pilih Kopi Bubuk atau Biji Kopi Jual

1. Kopi

Sekarang banyak sekali tipe kopi varian robusta, arabika, bijian atau bubuk. Olahan dan pengemasan jualnya pun, baik berbentuk biji atau sudah bubuk, sangat beragam dengan kekhasan sendiri-sendiri.

Nah, untuk memudahkan kalian yang baru pemula, memilih kopi bubuk yang kualitasnya sehat jauh lebih mudah daripada menggunakan biji kopi.

Mengapa? Karena pada saat menggiling kopi dari bijinya, diperlukan pengalaman dan pengetahuan yang lebih karena pada saat kita menggiling terlalu halus, rasa dan aroma kopi tidak akan keluar. Jika terlalu kasar, kopi tidak akan matang dengan sempurna.

Kopi bubuk siap seduh akan menguntungkan bagi pebisnis kopi yang tidak begitu paham kopi di awal usaha. Sudah terkemas dengan baik, kering dan terjamin kualitasnya, kini banyak produk kopi bubuk punya karakter visual dan tingkat kehalusannya sendiri-sendiri. Ada yang hitam pekat, ada yang cokelat, ada pula yang sudah tercampur dengan gula dan bahan lain.

Kopi plain black selalu diperlukan, karena ini basis kopi untuk semua jenis konsumen. Banyak pula yang masih menghendaki minum kopi panas tanpa campuran apapun selain air panas dan gula. Fokuslah menjaga kualitas kopi bubuknya agar tidak rusak, sehingga tidak ada biaya yang terbuang.

Kami menyediakan HiBo Black Italian Coffee, kopi Italia dengan asam dan kafein yang rendah, serta dibuat dari 100% kopi bubuk asli.

2. Pemanis/Gula

Soal gula adalah soal selera pelanggan. Manis atau tidak, kopi haruslah tetap terasa kopi. Untuk memenuhi kebutuhan selera manis pelanggan yang berbeda-beda, kalian bisa menggunakan berbagai macam pemanis untuk kopi susu, tidak terbatas hanya pada gula pasir putih.

Yang lagi populer di kalangan sekarang ini adalah menggunakan brown sugar atau gula aren. Tingkat kemanisannya mendekati gula putih, namun lebih lembut dan tentu saja lebih sehat. Berbagai minuman shake dingin dan bahan bakery mulai beralih dari gula putih dan mulai berinovasi lewat gula aren. Siapkan gula aren sebagai pelengkap stok gula putih dan gula batu.

Untuk membuat kopi susu yang konsisten dan akan memudahkan kalian, buatlah racikan sirup dari gula yang kalian suka. Sirup gula ini bisa disimpan di dalam kulkas dan tidak perlu mengaduk susah payah agar gula tercampur dengan kopi.

Kami menyediakan Ricoman Dark Brown Sugar, produk terlaris dan jenis gula yang paling banyak dipakai untuk bakery dan produk minuman hits terkini.

Ide Usaha Kopi Susu Hits

3. Susu

Mungkin bahan ini menjadi nomor dua, tapi pastikan kalian menggunakan susu kualitas terbaik.

Susu pada umumnya mengambil 80% dari total bahan kopi susu sendiri lho. Jika kalian suka kopi susu yang lebih kental, makan bisa menggunakan full cream milk atau whole milk, semakin banyak reduced fat-nya, semakin ringan tekstur kopinya. Bereksperimenlah untuk memantapkan kopi pada tingkat kekentalan dan rasa yang pas, lebih baik dari kompetitor.

4. Es Batu

Paling banyak dilupain, tapi kalau tidak ada, kopi susu rasanya kurang mantap. Jangan lupakan Es Batu ya teman-teman! Sekarang banyak produsen dan distributor es batu cube atau silinder yang diproduksi khusus menggunakan mesin pembuat es, jadi lebih terjamin kualitasnya, namun harganya masih terjangkau.

5. Espresso Maker

Untuk pemula dan yang tidak mau terlalu tinggi biayanya, kalian bisa menggunakan Manual Espresso maker. Memang lebih banyak menggunakan tenaga, tetapi ini dapat mengasah ilmu kopi kalian loh. Selain itu, rasa kopinya juga tidak akan berbeda dengan yang menggunakan mesin.

6. Stainless Steel Measuring Cup

Pada saat mencampur adonan kopi susu, pastikan kalian menggunakan bahan dari stainless steel ya. Ini menjamin tidak ada noda dari alat pencampur ataupun alat masak yang larut ke dalam kopi. Untuk menjaga suhu dari kopi susu dan pastinya tidak akan meleleh kalau terkena panas. Pilihlah gelas ukur yang mempunyai takaran untuk memudahkan kalian meracik minuman.

Kami menyediakan Sanneng S/S Measuring Cup, gelas ukuran dengan beragam variasi ukuran, membantu takaran produk minuman Anda lebih tepat, lebih sehat dan konsisten.

7. Weight Scaler/Timbahan

Kenapa butuh alat timbang padahal bikin kopi bukan kue? (1) Kopi yang sempurna akan terbentuk pada saat rasio bubuk kopi dan air tertakar dengan pas. (2) Konsisten. Pada saat pemilik usaha dapat menakar racikan kopi yang pas secara terus-terusan, tapi pada saat dioper ke staf lain, takaran itu dapat berubah meskipun hanya 1 gram. Menggunakan sendok ukur juga akan memberikan hasil yang berbeda. Karena itu diperlukan scaler untuk mencapai konsistensi yang akurat.

8. Thermometer

Tahukah kalian kalau air mendidih pada saat suhu 100C? Nah pada suhu ini lah yang dinamakan titik didih, merupakan suhu yang paling pas untuk menyeduh kopi. Tetapi kadang kita terlalu tidak sabar dan pada saat melihat air mendidih pada samping teko atau panci kita langsung mengangkatnya. Disaat seperti ini lah termometer sangat membantu untuk memastikan kita mendapatkan seduhan kopi yang sempurna. Menjaga kesehatan produk adalah modal penting kesetiaan pelanggan.

Pilihan kami: Sanneng Thermometer, alat ukur suhu khusus masak, dapat disesuaikan dengan kebutuhan bahan, baik untuk makanan dan minuman.

9. Cup Sealer

Kepingin bikin kopi susu ala-ala minuman yang sekarang lagi ngetren di mal? Tidak masalah, cup sealer manual ini sangat budget friendly  untuk bisnis pemula. Memang masih manual, tapi dijamin menjadi investasi terpenting untuk membuka bisnis minuman.

Pilihan kami: Getra Manual Cup Sealer

10. Plastic Cup

Pastikan kalian memilih ukuran cup yang sesuai dengan menu kalian yaa. Rata-rata ukuran yang tersedia adalah 12oz, 14oz, dan 16oz. Jadi kalian bisa sesuaikan ya dengan HPP dan harga jual yang kalian tentukan.

Pilihan kami: SAP CUP, gelas plastik berbahan aman untuk minuman dingin dan juga panas.

11. Cooler

Kalian bisa skip produk ini jika sudah punya pendingin yang kosong di rumah. Untuk menyimpan susu, sirup, sirup gula dan kebutuhan lainnya, pastikan pendingin selalu bersih dan di tersimpan pada suhu yang tepat.

Pilihan kami: Getra/GEA Cooler. Kalian bisa pilih ukuran yang sesuai dengan kebutuhan. Ukurang terkecil sudah muat untuk 20 gelas produk.

12. Kebutuhan lainnya

Mungkin tidak pernah terpikir oleh kalian, tapi pastinya banyak banget loh peralatan seperti gunting, sendok, dll yang penting banget untuk operasional sehari-hari. Catat secara berurutan dan pilih bahan dan toko yang paling murah, namun dengan kualitas baik.


Di bawah ini sudah kita rangkumkan produk-produk terpilih berdasarkan hasil pencarian kami untuk bisa memulai usaha kopi susu secara simpel. Yuk, simak.


Produk

Jenis Produk

Kegunaan

Harga

Kopi

Bahan

Bahan Baku Dasar

Rp    102,857

Brown Sugar

Bahan

Bahan Baku Dasar

Rp      48,771

Susu

Bahan

Bahan Baku Dasar

Rp      18,000

Es Batu

Bahan

Bahan Baku Dasar

Rp      13,000

Espresso Maker

Peralatan

Pembuat Kopi

Rp 2,600,000

S/S Measuring Cup

Peralatan

Alat Takar Kopi

Rp    106,667

Weight Scaler

Peralatan

Alat Takar Kopi

Rp     400,000

Thermometer

Peralatan

Alat Ukur Suhu

Rp     320,000

Cup Sealer

Packaging

Alat Packing

Rp 1,100,000

Plastic Cup

Packaging

Alat Packing

Rp    444,444

Cooler

Perlengkapan

Lemari Pendingin

Rp 4,000,000

Kebutuhan Lainnya

Gunting, spatula, dll

Rp    200,000

TOTAL BIAYA

Rp 9,353,739



Nah dari total biaya yang sudah tersedia diatas, kalian tinggal memodifikasi lagi untuk kebutuhan lainnya seperti marketing, branding, dan lain-lain.

Sudah terbayang kan, kira-kira butuh modal berapa untuk memulai usaha kopi susu zaman now? Tinggal meracik kopi susu yang sesuai selera kalian dan bikin rincian usahamu sekarang juga!

Untuk melihat dan membeli produk yang sudah kami rincikan, klik link yang tertera di setiap deskripsi produk ya! Dan jangan kelewatan untuk resep kopi susu kekinian di postingan kita.

Cari kebutuhan bisnis bakery, kopi, warung dan restoran kamu selengkapnya lewat https://seratafoods.com/collections, dan temukan tanda promo harga khusus.

Subscribe Youtube, Instagram, dan ikuti promo-promo juga di FB Page kita, sekarang juga!

#BrewwithSerata

Artikel sebelumnya Class 107B: Ketahui Sejarah dan Tipe-tipe Sajian Prasmanan (Buffet) atau All You Can Eat

Komentar

RapsaurlAllerry - September 15, 2020

play slots online best online casinos online casino bonus http://onlinecasinouse.com/#

Tinggalkan komentar

* informasi yang diwajibkan

Sale

Unavailable

Sold Out

Net Orders Checkout

Item Price Qty Total
Subtotal 0
Shipping
Total

Shipping Address

Shipping Methods