Korean Food || Sundubu Jjigae - Sup Pedas Korea ala SerataFoods

Korean Food || Sundubu Jjigae - Sup Pedas Korea ala SerataFoods


 

Sejak awal tahun 2000 trend yang dibawa oleh Korea Selatan mulai terlihat. Pada awalnya Korea Selatan mempromosikan dirinya melalui berbagai macam drama yang kemudian sukses merebut hati masyarakat dunia, setelah itu musik Kpop atau Korean Pop juga yang membuat makin disukainya trend dari Korea Selatan ini.

Menariknya dalam drama dan segala program acara yang disiarkan di TV Korea Selatan semuanya menyelipkan budaya, makanan khas dan semua hal yang berkaitan dengan Korea Selatan sehingga akhirnya para penikmat acara hiburan dari Korea Selatan bisa jatuh cinta dengan semua hal yang berkaitan dengan Korea Selatan.

Terutama dalam hal makanannya Korea Selatan begitu pintar dalam mengemas acara hingga bisa menampilkan makanan-makanan Korea yang nampak begitu lezat. Nah anda ingin membuat makanan Korea di rumah gampang lho, apalagi sekarang bahan-bahan masakan Korea sudah ada di supermarket-supermarket.

Kali ini mari kita mencoba dengan masakan Korea berkuah, Sup Pedas atau biasa disebut dengan Sundubu Jjigae.

 

Bahan : 

  • 90 gr           Kimchi
  • 2 Cup          Air
  • 90 gr           Sliced Beef
  • 2 Siung       Bawang Putih, Cincang
  • 2 Sdm         Gojuchang (Red Pepper Paste)
  • 1 Sdt           Dashi
  • 1 Sdt           Corn Syrup
  • 1 Balok       Soft Tofu (Sesuai selera)
  • 1 Sdt           Minyak Wijen
  • Jamur Kancing Putih (Secukupnya)
  • Wijen (Secukupnya)
  • Daun Bawang (Secukupnya)

Cara Membuat :

Sebelumnya, tips yang perlu diingat untuk membuat Sundubu Jjigae ini adalah kalian harus melewati 3 fase mendidih (1) pada saat mendidihkan daging & kimchi, (2) pada saat mendidihkan sayur-sayuran, (3) pada saat mendidihkan tahu untuk mendapatkan rasa yang dalam dan sempurna dari setiap bahannya

  1. Potong daging sapi menjadi tipis kecil lagi
  2. Tumis bawang putih cincang dengan daging sapi hingga warna kecoklatan
  3. Masukkan kimchi, gojuchang, dashi dan corn syrup, aduk hingga tercampur rata 
  4. Tambahkan air dan masak hingga mendidih 
  5. Masukkan jamur dan sayuran lainnya (jika ada) dan masak hingga mendidih 
  6. Lalu masukkan tahu hingga mendidih 
  7. Matikan api dan pindahkan ke wadah. Gunakan earthenware pot jika ingin lebih maksimal dan tahan panas lebih lama.
  8. Sajikan dan hias dengan minyak wijen, wijen dan daun bawang sesuai selera 

Note: 

  1. Gimana kalau kalian tidak suka atau alergi dari beberapa bahan diatas? Nah tidak usah khawatir karena kalian bisa memasukkan apa saja loh ke dalam sup ini. Yang perlu kalian ingat hanyalah 3 fase mendidih yang sudah dijelaskan di awal. Jika kalian ingin mengganti atau menambahkan sayuran hanya perlu diingat masuk ke kategori manakah bahan tersebut diantara 3 fase itu.
    Contoh: Saya ingin memasukkan Zucchini atau timun jepang ke dalam sup. Karena Zucchini termasuk sebagai sayur-sayuran, kalian harus memasukkan bahan ini pada saat fase kedua dan mendidihkannya sebelum memasukkan tofu/tahu. Atau, saya ingin menambahkan Seafood seperti udang dan kerang ke dalam sup. Karena termasuk sebagai protein, bahan ini harus dimasukkan di awal dengan daging karena memerlukan waktu masak yang lebih lama dibandingkan dengan sayuran. 
  2. Serving suggestion; menggunakan panci, mangkok atau earthenware? Nah pastinya kalian bisa menyajikan sup ini di berbagai macam wadah tapi apa bedanya? Pastinya kalian familiar dengan film-film korea yang biasanya makan langsung di panci ya. Memang cara ini sangat ekonomis, tetapi selain itu dapat menahan suhu panas dari sup juga loh. Tapi jika ingin lebih cantik dan untuk berbagi dengan teman/keluarga, pastinya lebih nyaman menggunakan mangkuk masing-masing. Sekarang bedanya menggunakan earthenware pot apa? Earthenware pot ini dibuat dari batu alami dimana mangkuk ini bisa digunakan sebagai pengganti panci (iya, kalian bisa memasak dari awal menggunakan earthenware pot ini) dan juga menahan suhu yang jauh lebih tahan lama dibandingkan menggunakan panci biasa. Jadi harus pakai yang mana? Pastinya pilihan terbaik adalah menggunakan earthenware pot, tetapi sebagai substitusi kalian juga bisa menggunakan panci biasa pilihan kita - ECOPAN SAUCEPAN.
Baca Juga
https://seratafoods.com/blogs/news/one-pan-american-breakfast
https://seratafoods.com/blogs/news/resep-marie-regal-rollcake-dengan-isian-krim-mocha-yang-hits
https://seratafoods.com/blogs/news/maknyes-ini-resep-es-krim-kelapa-yang-bikin-ngiler-gampang-banget

----

Alat yang digunakan:

1. Ecopan Saucepan MAXIM NECOSP14DCH 1-Qt

Ecopan adalah ceramic nonstick cookware kelas profesional dari Maxim yang dilengkapi dengan ergonomic handle yang membuat nyaman saat memasak.

Apalagi Ecopan Saucepan ini dapat digunakan di atas kompor induksi karena dilapisi dengan Itotech Induction Technology.

2. MAXIM NECOSK08PCH 8-Inch Skillet

Ecopan adalah ceramic nonstick cookware kelas profesional dari Maxim. Durable dan elegan, koleksi Hard Anodized cookware ini ideal untuk digunakan di dapur komersil /profesional. Produk Ecopan Hard Anodize [HA] ini menggunakan interior anti lengket Ceramic yang bebas PTFE dan PFOA, namun menggunakan eksterior hard anodize yang sangat dikenal tahan panas sehingga bodynya lebih tahan lama walau dengan pemakaian yang intensif. Namun tetap pada visi semula yakni menciptakan alat masak yang ramah lingkungan.

3. Earthenware Bowl 

Earthenware Bowl yang digunakan untuk memasak banyak hidangan Korea termasuk Sundubu, Doenjang-jjigae, dan Samgyetang yang mampu menahan panas sehingga hidangan tetap panas sampai selesai makan.

 

 

 


    Artikel sebelumnya Pink Heart Almond Cookies
    Artikel selanjutnya #Class 111 : Food Hazard & Safety Guide

    Tinggalkan komentar

    * informasi yang diwajibkan

    Sale

    Unavailable

    Sold Out