Peralatan Dapur yang Wajib Dimiliki Pemula Untuk Kebutuhan Baking

Peralatan Dapur yang Wajib Dimiliki Pemula Untuk Kebutuhan Baking

Membuat kue merupakan hal yang paling menyenangkan. Namun anda perlu beberapa tools memasak kue agar menunjang proses memasak menjadi lebih mudah. Alat apa aja sih yang harus punya? Berikut alat baking yang harus ada di dalam dapur anda.

  1. Oven

Cuisinart Countertop Oven


Tools pertama yang harus punya adalah oven. Dalam proses baking, tentunya anda harus mempunyai alat ini nih bakers! Nggak perlu risau,  anda bisa memilih untuk membeli oven listrik ataupun oven kompor, yang pasti pilihlah sesuai kebutuhan. 

2. Mixer

Untuk Mixer, anda bisa menggunakan Hand Mixer atau Stand Mixer. Dan masing-masing mixer memiliki fungsi  yang berbeda-beda. Apabila anda bekerja dengan adonan dalam jumlah besar atau membuat kue dengan bahan yang banyak seperti marshmallow, fudge cake dan lain-lain. Stand Mixer menjadi pilihan yang tepat untuk digunakan. Sedangkan bila anda membuat adonan dalam jumlah sedikit dan pemula, ada baiknya anda menggunakan Hand Mixer.


Kue yang dibuat akan berhasil jika semua takaran sesuai dengan resep. Jika kamu belum menjadi seorang pembuat kue profesional jangan coba-coba untuk menakar tanpa alat ukur. Dengan alat ini, kamu akan lebih mudah menakar adonan kue-mu. Kamu juga bisa memilih timbangan digital ataupun mekanik. 

4. Silpat Silicone

 

Silicone Mat merupakan alas pengganti kertas roti/baking paper/parchment paper yang terbuat dari bahan silikon dan fiberglass. Dimana mencetak, memanggang, membuat puding tidak perlu menggunakan plastik /aluminum /stainless lagi tetapi menggunakan Silicone Mat. Dengan adanya inovasi ini, proses membuat kue/baking menjadi lebih mudah, cepat, bersih dan bisa mendapatkan hasil yang lebih konsisten. 

5. Measuring cups & spoons

Untuk beberapa resep dari luar negeri, biasanya menggunakan satuan “cup” dan “spoon” sebagai ukurannya. Sebenarnya penakaran ini lebih mudah karena tak perlu menimbang lagi. Tetapi pastikan Anda memiliki measuring cups dan measuring spoons yang tepat. Biasanya dijual dalam satu rangkaian, dari ukuran 1 cup; ⅔ cup; ½ cup; ¼ cup; 1 tablespoon; ½ tablespoon; ¼ tablespoon; 1 teaspoon; ½ teaspoon; hingga yang terkecil ¼ teaspoon.

6. Baking Pan

Baking pan atau biasa disebut dengan istilah loyang juga merupakan baking tools yang penting, karena tak hanya berfungsi sebagai wadah tetapi juga sebagai pencetak kue. Variasi baking pan sangatlah beragam tergantung bahan dan fungsinya. Jika Anda baru terjun ke dunia baking, ada baiknya Anda “berinvestasi” untuk baking pan yang umum dan paling sering digunakan seperti muffin pan yang berguna untuk membuat muffin atau cupcake, loaf pan untuk banana cake dan aneka roti, baking pan berbentuk persegi dan baking pan berbentuk bulat berdiameter 15 cm.


Bahan baking pan juga beragam, yang paling sering ditemui adalah baking pan berbahan aluminum, baik yang dilapisi anti-lengket maupun tidak. Anda juga bisa melengkapi baking tools dengan loyang bongkar pasang yang biasa digunakan untuk membuat cheese cake.

7. Whisk

Sebenarnya fungsi whisk mirip seperti mikser. Hanya saja, whisk langsung digunakan dengan tangan, bukan mesin. Whisk digunakan untuk mengolah adonan yang lebih ringan seperti kocokan putih telur atau saus. Bentuknya bulat, terdiri dari banyak jalinan kawat. Jika akan membeli whisk, pilih yang punya banyak jalinan kawat sehingga adonan semakin berkualitas karena banyak udara yang masuk.

8. Spatula

Supaya adonan bisa tercampur rata, anda juga membutuhkan spatula untuk mengaduknya. Ada berbagai bahan spatula, mulai dari plastik, silikon hingga kayu. Pilih spatula dengan bahan yang lentur dan elastis sehingga bisa fleksibel mengikuti bentuk wadah, juga tidak mudah patah.

9. Rolling Pin

Kalau mau membuat adonan yang harus dipipihkan, anda pasti membutuhkan rolling pin ini. Tapi kalau memang sudah kepepet dan belum punya, anda bisa memipihkan adonan dengan botol sirup.

10. Cooling Racks

Bentuk rak pendingin untuk kue ini biasanya hanya berupa lingkaran atau persegi dengan besi berbentuk garis-garis atau kotak-kotak. Ukurannya macam-macam, mulai dari yang kecil hingga besar. Rak pendingin ini digunakan untuk meletakkan kue yang masih panas supaya cepat dingin. Istilahnya, kue ‘diangin-anginkan.

11. Kuas

Kuas baking yang biasanya berbahan silikon atau nilon halus. Kuas ini sangat berguna kalau anda akan mengoleskan putih atau kuning telur pada adonan yang hendak dipanggang. Kuas ini juga bisa digunakan untuk mengoleskan sirup sebagai garnish pada kue yang sudah jadi. Bayangkan kalau anda mengolesnya dengan sendok, olesannya pasti jadi tidak merata dan berpotensi merusak bentuk kuenya. Dengan kuas, anda bisa mengoles seluruh bagian kue sampai ke pinggirannya dengan rapi dan aman.

12. Piping Bag & Piping Tip

Plastik segitiga ini berfungsi saat anda akan menghias kue dengan butter cream supaya hasilnya bisa diaplikasikan secara merata dan berbentuk cantik. Plastik ini juga berfungsi jika anda ingin mencetak bentuk kue seperti lidah kucing atau kue sus. Caranya, siapkan plastik segitiga, masukkan spuit dan dorong hingga menembus ujung plastik, masukkan adonan atau butter cream, lalu tekan plastik hingga adonan keluar dari ujung spuit.

Spuit adalah pasangan setia piping bag yang berfungsi untuk membentuk adonan atau kue jadi sedemikian rupa. Ada berbagai macam bentuk, mulai dari yang bulat, runcing, segitiga, hingga bunga-bunga.

 

 

Itulah 12 peralatan yang penting dimiliki oleh pembuat kue pemula. Supaya alat-alat ini tidak berserakan, anda bisa membeli satu box besar kedap udara untuk menyimpannya. Pastikan cuci bersih dan keringkan alat-alat ini sebelum anda menyimpannya dalam box, ya. Happy baking!

Artikel sebelumnya Cloud Kitchen - Konsep Usaha Kuliner Hemat Biaya dan Menguntungkan
Artikel selanjutnya KOREAN GARLIC CHEESE BREAD

Komentar

VEudojUtb - August 15, 2020

OUXsCwYBRpFHAjlf

ZFaIVhGqzNWYub - August 15, 2020

GbDoPjCLeVtO

Tinggalkan komentar

* informasi yang diwajibkan

Sale

Unavailable

Sold Out