Baking Tips : Pilih Mana Unsalted Butter atau Salted Butter?!

Baking Tips : Pilih Mana Unsalted Butter atau Salted Butter?!

 

 

Hai Bakers,

Pernah terpikir dan bertanya-tanya darimana asal mentega? Atau bagaimana cara membuat mentega? Atau bingung mau pilih yang mana antara unsalted butter dan salted butter untuk kue ataupun makanan anda?

Banyak pertanyaan seputar unsalted butter & salted butter untuk mereka yang baru di dunia baking & pastry. Bahkan beberapa resep mungkin menggunakan salted butter, bukan unsalted butter. Lalu apa sih bedanya? Dan mana pilihan terbaik untuk memanggang & membuat kue?

Oke bakers, hari ini kami akan membahas secara singkat tentang mentega dan jenis mentega apa yang harus digunakan untuk kue berdasarkan pengalaman kami!

Sebelum lebih jauh lagi, mari kita bahas lebih dulu definisi mentega dulu.

“Mentega adalah produk susu yang di dapat dengan mengaduk lemak dari susu hingga mengeras. Di berbagai wilayah, susu sapi menjadi pilihan utama untuk dijadikan bahan dasar tetapi tak jarang juga kita jumpai di wilayah lain dengan menggunakan susu kambing, domba dan kuda” - S.R Cannone & J.A.Pfeiffer, The French Pastry School 1994, 2016 -

Sederhananya, mentega dibuat dari krim segar yang dikocok sampai konsistensi tertentu dimana udara dan buttermilk berkembang jadi satu. Serta demikian mentega mengandung 80% lemak susu, 18% air dan 2% susu padat.

Lalu bagaimana cara menyimpan mentega?

Ada beberapa cara menyimpan mentega agar lebih awet dan tetap enak untuk digunakan dalam membuat kue ataupun makanan.

  1. Mentega dapat meleleh diantara suhu 28C hingga 35C, jadi cara terbaik untuk menyimpannya dengan menaruh di lemari es atau jangan membeli terlalu banyak mentega, apabila masih tersisa simpan dalam freezer sampai anda menggunakan kembali.
  2. Bungkus dengan baik & tepat agar saat disimpan dalam lemari es tidak menyerap bau apapun yang ada di dalam lemari es, karena mentega terbuat dari produk susu sehingga mudah menyerap. Jadi pastikan anda memasukkan ke dalam wadah kedap udara atau menggunakan plastik pembungkus.

 

Ingin mengirimkan mentega anda?

Banyak juga yang bertanya-tanya, bagaimana mengirim mentega secara aman dan baik. Kami merekomendasikan menggunakan bubble wrap atau foil wrap lalu dimasukkan ke dalam styrofoam atau kantong berinsulasi dan diisi dengan dry ice  / freeze yang bisa membekukan mentega sebelum pengiriman.

 

Kembali lagi ke pertanyaan sebelumnya, pilih mana unsalted butter atau salted butter untuk kue dan pastry agar terpenuhi rasa yang maksimal.

Jawabannya adalah, anda bisa menggunakan keduanya namun kami selalu lebih memilih UNSALTED BUTTER.

Mengapa demikian? Karena dalam pastry lebih baik mengontrol rasa asin agar tidak keasinan saat memanggang makanan. Dengan menggunakan mentega tawar, bakers dapat mengatur rasa asin dengan menambahkan garam sesuai takaran masing-masing.

Namun pertanyaan ini kembali muncul, bagaimana kalau dalam resep membutuhkan rasa tawar tapi saya tetap menggunakan mentega asin? tentu saja bisa! kamu mungkin bakal gagal beberapa kali saat pertama mencoba, tapi kamu bisa menghindari penggunaan garam pada resep yang menggunakan unsalted butter dan mencoba apakah rasanya sesuai dengan yang kamu inginkan. kamu mungkin akan berpikir garam memiliki bagian kecil pada dunia baking khususnya kue, tapi faktanya garam memiliki pengaruh yang cukup besar! apalagi jika kamu mencoba resep yang terlalu manis, daripada mengurangi gula, coba untuk menambahkan rasio/gramatur garam atau menambahkan bubuk kopi hitam, karena jika kamu mengurangi gula itu akan mempengaruhi tekstur kue anda.

Jadi kesimpulannya, Gunakan Unsalted Butter untuk pastry kecuali jika sudah ditentukan dalam resep bahwa harus menggunakan Salted Butter.

----

Lihat dibawah ini pilihan butter yang bisa anda beli :

UNSALTED BUTTER

SALTED BUTTER

* Produk ini tersedia untuk pengiriman luar kota dengan kemasan ekstra untuk menjamin kualitas produk selama pengiriman.

 

TIPS SERU UNTUK MENAMBAH SKILL DI DAPUR   

  • Terlalu mengocok krim hingga mengental? Eits, jangan dibuang buat mentega saja! Terus aduk hingga menjadi padat.
  • Anda mengosongkan butter? Stop!! Jangan dibuang, kamu bisa membuat beurre noisette saja. Beurre noisette adalah butter kecoklatan untuk pastry (biasa digunakan untuk financier) yang memiliki rasa kacang

 

Baca juga Tips lain :

- Tips Memanggang Lebih Rata dan Sempurna

- Tips Agar Kue Tidak Bantat

 

Writer: Winda Halim

Editor: Inda Mukarromah

Artikel sebelumnya Resep: Chocolate Strawberry Tart
Artikel selanjutnya Resep : Korean Strawberry Cream Cake

Tinggalkan komentar

* informasi yang diwajibkan

Sale

Unavailable

Sold Out