Resep: Cara Membuat Roti Tawar Susu, Roti Sarapan Keluarga

Resep Roti Tawar Susu

Bukan roti tawar biasa, kali ini SerataFoods punya resep cara membuat roti tawar susu. Wow apa itu?

Roti tawar bisa dibuat jadi apa saja, disajikan dengan cara bagaimana saja, dari lapisan roti dengan selai atau roti panggang dengan lapisan butter, roti tawar dapat disimpan sebagai andalan penunda lapar atau sajian paling simpel untuk sarapan keluarga. Banyak sekali macam roti tawar yang memiliki tekstur berbeda, roti tawar polos, roti tawar gandum, roti tawar beras, dan juga roti tawar susu. Yang membedakan jenis dari roti tawar ini adalah bahan yang digunakan. 

Pada saat membuat roti tawar gandum, tepung yang digunakan bukan tepung biasa melainkan tepung gandum. Begitu juga dengan roti tawar susu, di sini kandungan susu akan lebih banyak dibandingkan roti tawar lainnya. Nah, di resep kali ini kita akan membahas tentang cara membuat roti tawar susu yang kaya rasa dan juga sangat nikmat apalagi disajikan dengan selai. 

Hayoo…. Sudah siap bikin?

Baca juga: Resep Vanilla Cheesecake dengan Marie Regal

Sebelum masuk ke resep, ini ada beberapa tips dan trik bagaimana mengolah adonan, memanggang, atau mendiamkan adonan roti biar hasilnya sama dengan yang bakery-bakery terkenal.

  1. Bagaimana cara roti dapat berkembang dengan sempurna? Penting banget ya, pada saat menuangkan ragi ke air, susu atau mentega, pastikan cairan bahan-bahan cair ini hangat, lebih tepatnya di suhu 35C. Apa yang terjadi jika memasukkan ragi ke cairan dingin? Ragi tidak akan aktif dan hasilnya roti tidak mengembang. Apa yang terjadi jika cairan terlalu panas, ragi bisa terlalu aktif dan bahkan mati hingga tidak akan mengembang. Jadi pastikan suhu cairan untuk ragi selalu pas ya! Bila perlu, pakai termometer masak yang multifungsi ini.
  2. Masukkan gula ke dalam cairan ragi untuk mengaktifkan. Ragi membutuhkan makanan untuk mengembang, makanannya yaitu gula. Mungkin banyak yang tidak sadar akan hal ini dan memasukkan gula terakhir ke dalam adonan tepung, hasilnya tidak akan maksimal. 
  3. Cara tepat untuk mengaduk adonan: pastinya adonan akan lengket untuk beberapa menit pertama, tapi pastikan kalian terus mengadon adonan ini hingga dia kalis dan sudah tidak lengket . Jika kesulitan karena adonan terlalu lengket, bisa tunggu adonan selama 5 menit sambil ditutup kain atau plastik lalu mulai bekerja lagi. 
  4. Bagaimana cara tahu adonan sudah siap atau khalis? Cek Window Pane. Apa itu? Nah sebelum kita mengecek Window Pane, biasanya adonan yang sudah jadi tidak akan lengket lagi di tangan ataupun di mangkok. Langkah selanjutnya baru mengecek window pane ini, di mana pada saat kita menarik adonan, adonan tidak akan langsung putus tetapi membentuk jaringan tipis di mana sinar bisa menembus adonan. Disinilah kita tahu bahwa gluten sudah terbentuk di adonan ini dan siap untuk dipakai. 
  5. Tunggu satu jam: sering kan kita tidak bisa menunggu waktu tepat 1 jam untuk adonan mengembang pertama kalinya. Waktu rata-rata untuk segala jenis roti supaya mengembang (proofing) adalah 1 jam di suhu udara 25C-30C. Jika kalian tidak mau terburu-buru, kalian bisa membungkus adonan yang sudah kalis dengan plastic wrap (harus rapat) lalu masukkan adonan ke dalam kulkas selama 12 jam. Ini yang dinamakan slow proofing dikarenakan suhu yang lebih tinggi di dalam kulkas hingga dapat memperlambat proses dari pengembangan ragi. Sisanya, kalian bisa langsung melanjutkan proses seperti biasa.


Oke, itu tadi beberapa tips yang perlu, kalau mau bikin roti tawar yang rasanya seperti yang dijual-jual itu. Tetap ya, trial and error pasti ada, jangan khawatir. Resep di bawah ini kita bikin sejelas mungkin biar bisa dipahami lebih baik yap!

Baca juga: Syarat Perizinan Usaha Warung, Restoran dan Kafe 2019

Oke, simak!

Resep Roti Tawar Susu

Recipe

  • Susu, hangatkan 123 gr
  • Air, hangatkan 59 gr
  • Butter, lelehkan 29 gr
  • Caster Sugar 25 gr
  • Ragi, tipe Active Dry 5 gr
  • Tepung Terigu 256 gr
  • Garam 4 gr
  • Telur 1 butir + sisanya untuk mengoles roti 

Mudah kan, bahan-bahannya? Untuk bagian Air dan Susu cukuplah sampai dihangatkan, tidak perlu sampai mendidih. Ini diperlukan agar larutan ragi dan bahan lainnya menyatu dengan baik. 

Oke, sekarang cara membuat Roti Tawar beserta gambarnya, biar jelas.

1. Masukkan Susu, Air Hangat, Butter cair, gula dan Ragi (cairan harus di suhu 35C). Aduk dan tunggu 5 menit hingga Ragi berbusa.

Cara Membuat Roti Tawar Susu

Resep Cara Membuat Roti Tawar Susu

2. Campur Tepung Terigu dan Garam di satu mangkuk. Masukkan 1 telur ke dalam campuran Ragi dan aduk ke bahan kering menggunakan spatula.

Resep Cara Membuat Roti Tawar Susu

3. Campur kedua Adonan (basah dan kering)

Resep Cara Membuat Roti Tawar Susu

Resep Cara Membuat Roti Tawar Susu

Resep Cara Membuat Roti Tawar Susu

4. Pada saat adonan bercampur, pindahkan ke atas meja kayu yang sudah ditaburi dengan tepung, dan adon lagi hingga kalis - hingga mendapat hasil window pane (penjelasan window pane di bawah).

2. Campur Tepung Terigu dan Garam di satu mangkuk. Masukkan 1 telur ke dalam campuran Ragi dan aduk ke bahan kering menggunakan spatula.5. Letakkan adonan di dalam mangkuk yang sudah dilapisi dengan minyak, tutup dengan plastic wrap dan istirahatkan selama 1 jam di suhu ruangan  atau hingga adonan mengembang 2x lipat.

Resep Cara Membuat Roti Tawar Susu

6. Pada saat adonan mengembang, pukul adonan hingga semua angin keluar, bentuk adonan menjadi bulat lagi.

Resep Cara Membuat Roti Tawar Susu

7. Takar adonan sesuai dengan berat yang diinginkan dan bentuk adonan sesuai dengan Loaf Pan yang sudah disediakan.

8. Biarkan adonan mengembang lagi selama 30 menit.

Resep Cara Membuat Roti Tawar Susu

9. Menggunakan sisa telur yang ada, olesi atas adonan untuk mendapatkan kilau dan warna yang cantik. Boleh juga menambahkan Garam atau Wijen di atas adonan.

10. Panggang di suhu 190C selama 25-30 menit atau hingga warna menjadi kecoklatan.

11. Sajikan

*Window Pane adalah teknik pemeriksaan adonan roti yang fungsinya untuk mendapatkan tekstur kenyal, namun tetap kuat tanpa terputus ketika ditarik. Caranya: Adon dengan tangan atau mesin hingga adonan tepung tidak lengket lagi, ambil segenggam kecil, pipihkan di meja, lalu tarik kedua ujungnya di depan sumber cahaya (bisa lampu atau jendela). Amati permukaan adonan yang menipis di tengah karena tarikan dua tangan. Jika adonan bisa ditarik selebar kira-kira 20 cm tanpa menimbulkan lubang-lubang sobek di tengahnya, berarti teksturnya sudah benar. Jika ketika ditarik terus menjadi sobek atau berlubang, berarti perlu diadon lagi.

Nah, setelah roti dipanggang dan mengembang dengan baik, olesi lagi beberapa kali telur di atasnya lalu panggang ulang sampai benar-benar matang. Mudah kan?

Baca juga: Dana yang Diperlukan untuk Usaha Warung Kopi Kekinian

Jangan lelah untuk bereksperimen, dapatkan tekstur yang pas, dan nikmati hasilnya. Teknik dan takaran bahan yang benar akan menghasilkan Roti Tawar buatan rumah yang kualitasnya sama dengan kualitas roti-roti bermerek. 

Demikian cara membuat roti tawar yang olahannya bisa dilanjutkan menjadi penganan apa saja.

Cara Membuat Roti Tawar

Alat dan bahan khusus yang dipakai dalam resep ini:

1. Sanneng Waterproof Thermometer, HK (Pengukur suhu masak serbaguna)

Harga Termometer Masak Sanneng

2. Sanneng Nylon Pastry Brush (Kuas oles dan hias, non-wol, serat tidak rontok)

harga pastry brush kuas roti nylon

3. Maxim BWLP(HB)25 Loaf Pan (Loyang roti anti-lengket dengan teknologi Black Diamond Teflon)

HARGA LOYANG ROTI MAXIM LOAF PAN

 

Previous article Resep: Cara Membuat Vanilla Madeleine, Kue Mungil yang Legit dan Lucu
Next article Resep Klepon Mousse Cake: Rasa Tradisional, Bentuk Millennial

Leave a comment

* Required fields

Sale

Unavailable

Sold Out