Resep: Cara Membuat Vanilla Cheesecake dengan Marie Regal Crust

Resep Cara Membuat Vanilla Cheesecake dengan Marie Regal

Sudah banyak resep cheesecake bertebaran, karena memang kue satu ini begitu disukai, lembut, tekstur khas dari keju, dan beda-beda empuk di kuenya, apalagi yang pakai vanilla. Nah, kali ini, dapur baking SerataFoods membagikan resep membuat Vanilla Cheesecake dengan bahan tambahan yang sudah dikenal sejak dulu: Biskuit Marie Regal.

Tahu yang mana? Tahu dong.

Marie legendaris Regal memang sudah ada sejak dulu. Gurih, manisnya pas dan nuansa susunya terasa. Nah paduan citarasa jadul yang enak ini akan kita gabungkan ke dalam satu tekstur bareng Vanilla Cheesecake. Ini bukan resep baru sih, cuma belum banyak yang publish cara membuatnya. Tapi namanya cheesecake memang butuh ketelitian ya bakers, karena trial and error pasti akan terjadi.

Baca juga: Syarat Perizinan Usaha Warung, Restoran, dan Kafe

Nah, resep mudahnya sudah kami siapkan di bawah ini. Tapi sebelum masuk ke sana, yuk simak dulu beberapa tips dan trik singkat untuk cara membuat Vanilla Cheesecake dengan Marie Regal crust, agar lebih pas hasilnya:

  1. Pastikan kalian menggunakan bahan berkualitas dan pada suhu temperatur yang sama (suhu ruangan). Poin ini sangat penting  untuk setiap resep baking (kecuali ada beberapa resep yang membutuhkan temperatur khusus). Hal ini dilakukan agar waktu kita mencampur satu bahan dengan bahan lain, suhu adonan tidak menjadi shock dan akan memecahkan adonan.
  2. Pastikan untuk tidak overmix. Nah berlanjut dari poin pertama. Supaya bahan-bahan lebih mudah tercampur, pastinya suhu harus pada suhu ruangan jadi kalian tidak perlu mengaduk lebih lama.
  3. Kami sudah mencoba berbagai cara untuk membuat cheesecake yang tepat. Dan salah satu tips untuk kalian adalah harus bersabar! Cheesecake harus dipanggang dengan suhu rendah dan waktu yang lama. Karena konsistensi yang ingin kita dapatkan adalah custardy, yang nantinya akan mengeras setelah didinginkan. Jika terlalu matang, cheesecake akan pecah dan tekstur menjadi keras.
  4. Menggunakan teknik waterbath. Waterbath ini adalah cara dimana kita mengkukus cheesecake di dalam oven. Dengan menuang air ke dalam loyang besar dan menaruh springform pan yang sudah dilapisi dengan foil, akan memberikan tekstur cheesecake yang sangat creamy tanpa membuatnya terlalu padat.
  5. Bagaimana cara cek apakah cheesecake sudah matang? Karena setiap oven memiliki kekuatan yang berbeda, salah satu cara untuk cek adalah dengan menggoyang cheesecake perlahan. Tanda cheesecake sudah jadi adalah pada saat bagian tengah sekitar 4 cm diameter masih sedikit bergoyang. Setelah didinginkan, cheesecake pun akan mengeras.
  6. Diamkan cheesecake satu malam! Ya, memang butuh bersabar untuk tidak mencomot terlebih dahulu. Tapi percayalah! Cheesecake akan mendapatkan rasa yang maksimal jika didinginkan selama 12 jam.
  7. Potong menggunakan pisau yang direndam air panas. Dan pastikan untuk membersihkan pisau setiap kali memotong untuk mendapatkan potongan yang bersih.

Itulah beberapa catatan tips untuk Vanilla Cheesecake dengan Marie Regal yang enak. Yah memang butuh kehati-hatian ya, tapi eksperimen demi eksperimen akan terbayar hasilnya, ketika cheesecake terbentuk dengan sempurna, empuk, dan lapisannya yang berwarna menyatu dengan baik, dan rasanya pas di mulut.

Baca juga: Cara Membuat Café Macchiato, Cheese Coffee dan Cheese Tea: Resep Kopi Susu Kekinian yang Menjual

Berikut resep Vanilla Cheesecake dengan Marie Regal:

Recipe:

Marie Regal Crust

  • Marie Regal, dihancurkan 128 gr
  • Butter 113 gr
  • Brown Sugar 28 gr
  • Garam 1 tsp

Cheesecake Filling

  • Cream Cheese 450 gr
  • Sour Cream 128 gr
  • Gula 240 gr
  • Telur 4 butir
  • Vanilla Bean 1 kemasan
  • Lemon Zest (parutan kulitnya) 1 tsp

Untuk Cream Cheese dan Sour Cream bisa kalian dapatkan di supermarket-supermarket bagian dairy atau fresh products, sementara Vanilla Bean sudah tersedia di banyak merchant online maupun offline. Bentuknya dibungkus lonjong dan kecil (karena bentuk vanilla bean memang begitu ya). Bagian bean-nya harus diperas keluar dari buahnya terlebih dahulu.

Kita pakai Vanilla Bean dari rekanan kita yang mantul, La Dame in Vanilla, brand lokal dari Jimbaran, Bali yang sudah dikenal sampai luar negeri. La Dame khusus kami pilih untuk bakery karena kandungannya 100% vanilla, dan dikemas langsung dari pohonnya (bukan vanilla campuran bahan-bahan lain yang sering dijumpai di supermarket). Semua produknya bebas alkohol dan sudah bersertifikat halal-MUI.  Selain bean, mereka juga punya Vanilla Extract (sering kami pakai di video-video sebelumnya), dan juga Vanilla Paste yang aman disimpan selama berbulan-bulan.

Baca juga: #IdeUsahaKopi: Berapa Dana yang Diperlukan untuk Usaha Kopi Susu Online?

Nah sekarang, cara membuat Cheesecake dan Crust-nya:

Bagian Crust

1. Bungkus Marie Regal ke dalam kantong plastik lalu hancurkan.

2. Campurkan hasil hancuran Regal dengan Butter, Brown Sugar dan garam. Aduk hingga mencapai konsistensi pasir.

marie regalmarie regal crust cara membuat

cara membuat cheesecake dengan marie regal

3. Siapkan Maxim Springform Pan ukuran 22 cm, lapisi alasnya dengan Butter dan kertas roti. Ini memudahkan pemindahan Cheesecake ketika matang nantinya.

cara membuat cheesecake dengan marie regal

4. Ratakan adonan Crust di dasar pan dengan rapat, padat, dan rapi (Ini akan jadi bagian bawah Cake-nya).

5. Dinginkan loyang di dalam kulkas selama 10 menit.

Bagian Cheesecake Filling:

cara membuat cheesecake marie regal

1. Menggunakan KitchenAid Mixer, aduk Cream Cheese dengan Gula hingga tercampur rata (Pastikan tidak ada gumpalan lagi, terutama Cream Cheese-nya).

2. Masukkan Sour Cream, aduk lagi hingga rata.

cara membuat cheesecakeparutan lemon ke cheesecake

3. Tuang Telur, satu demi satu, kemudian aduk lagi hingga rata.

4. Masukkan Parutan Kulit Lemon (Zest).

vanilla bean harga cara

5. Buka La Dame in Vanilla, keluarkan bagian bean-nya dari kulit buah dengan cara memotong salah satu ujung lalu memerasnya keluar. Masukkan bean ke adonan.

6. Aduk sebentar hingga tercampur. Pastikan Vanilla Bean dan Lemon Zest-nya menyebar rata di dalam adonan.

cara membuat cheesecake dengan marie regal

7. Tuang  adonan ke dalam loyang yang sudah dilapisi Crust.

8. Menggunakan metode Water Bath: Melapisi Springform dengan loyang lain sebagai alas, lalu menambahkan genangan air bersih. Gunakan aluminium foil untuk melapisi bagian Springform untuk menghindari kebocoran.

9. Panggang susunan loyang Water Bath di dalam suhu 180C selama 1 jam dan 15 menit.

10. Pada saat Cheesecake sudah matang, matikan oven dan buka sedikit pintunya. Ini dipakai untuk mendinginkan Cake kurang lebih selama 45 menit.

11. Keluarkan dari oven, Dinginkan lagi selama minimal 3 jam (dianjurkan selama 1 malam di kulkas). Ini untuk menjaga teksturnya kokoh dan tidak pecah.

12. Sajikan.

Resep ini memang sedikit lebih rumit dari resep-resep sebelumnya, karena melibatkan proses pendinginan yang cukup lama (3 jam sampai 1 malam). Keadaan lapisan Cheesecake ini setelah dipanggang memang delicate, dan tekstur yang kita mau adalah yang lapisannya rapat sempurna, padat dan tidak pecah.

Cobalah penyesuaian di beberapa rentang waktu, dan pastikan suhu oven bisa diukur dengan baik. Untuk percobaan awal-awal, tidak masalah mengecek permukaan Cake setiap sejam, jika di awal-awal masih belum hapal dengan pola panggangannya. Makin rata panggangannya, makin baik tekstur Cake-nya.

Nah, sudah tahu kan?

Bagian penghias di atas Cheesecake bisa kalian variasi sendiri. Mau pakai remah-remah coklat, potongan buah anggur dan kiwi (seperti yang kami pakai di sini), atau pemanis-pemanis lain yang bisa menyeimbangkan rasa manis-asam-asin dan wangi vanillanya. Setelah disendok dan dicicip, akan terasa tekstur Regal yang khas bercampur dengan lembut Cake dan lapisan kejunya yang bikin melek. Kalau pakai potongan buah yang agak asam, lebih wah lagi dan segaaaaar…!

Nah, demikian resep kali ini, cara membuat Vanilla Cheesecake dengan Marie Regal Crust, silakan coba menggunakan alat-alat dan bahan yang bisa kalian peroleh, dan share ke kami hasilnya ya!

Alat dan bahan-bahan khusus yang kami pakai dalam video ini:

  • KitchenAid Hand Mixer
  • harga hand mixer kitchenaid

  • Ricoman Light Brown Sugar
  • La Dame in Vanilla Bean
  • harga la dame in vanilla bean

  • Ricoman Caster Sugar
  • harga gula kastor caster sugar

  • Maxim Springform Pan
  • harga loyang bundar cheesecake

    Previous article Resep Klepon Mousse Cake: Rasa Tradisional, Bentuk Millennial
    Next article Cara Membuat Café Macchiato, Cheese Coffee dan Cheese Tea: Resep Kopi Susu Kekinian yang Menjual

    Leave a comment

    * Required fields

    Sale

    Unavailable

    Sold Out