Resep: Cara Membuat Vanilla Madeleine, Kue Mungil yang Legit dan Lucu

Resep: Cara Membuat Vanilla Madeleine, Kue Mungil yang Legit dan Lucu

Halo, kita punya resep baru yang lucu kali ini: kue mungil Madeleine yang sedikit manis, ada gurihnya, dan mudah banget bikinnya. Bentuknya mirip kerang kecil, cuma agak lonjong. Madeleine masuk kategori kue mungil yang dicetak, cocok buat snacking, disimpan di toples, dan bisa dimakan tanpa henti sampai habis! Hmmm….

Madeleine ini sudah popular di banyak negara, dan di Indonesia masih banyak yang belum paham cara bikinnya. Padahal kunci Madeleine yang enak itu, selain di bahan, juga di bentuk cetakannya yang bergelombang unik. Nah, seperti apa penampakannya kue Madeleine ini? 

Ini dia.

Resep Kue MAdeleine Imut

Lucu kan? Anak-anak pasti suka dan butuh banyak untuk toples snack. Tapi, seperti biasa sebelum melompat ke resep dan cara membuat, baiknya telusuri dulu tips dan trik membuat kue mungil yang dicetak dan dipanggang khusus ini. 

  1. TIPS PENTING: Nah banyak yang tidak tahu untuk tips yang satu ini, tapi dijamin bikin kue Madeleine kalian rasanya maksimal! Istirahatkan adonan kalian di kulkas selama 1 malam . Yes, dengan cara ini, semua komponen dan bahan-bahan akan lebih mature sehingga dapat bekerja secara maksimal pada saat dipanggang. Dan secara rasa pun, vanilla akan lebih meresap dan pastinya jauh lebih nikmat ya!
  2. Menggunakan Silicone Mould atau cetakan silikon untuk meningkatkan efisiensi dari produksi. Kalau jaman dulu, bakers akan menggunakan Madeleines mould yang terbuat dari alumunium dimana harus mengolesinya dengan butter dan tepung terlebih dahulu agar tidak lengket. Nah dengan inovasi terbaru sekarang, kalian bisa menggunakan cetakan kerang silikon sehingga tidak perlu repot-repot untuk melapisi dengan butter dan tepung. 
  3. Pastikan kalian langsung mengeluarkan kue dari loyang pada saat matang. Nah sedikit berbeda dari memanggang kue pada umumnya dimana harus menunggu dingin dulu sebelum di keluarkan. Madeleines ini mempunyai tekstur yang lebih ringan dari sponge cake sehingga jika memanggang nya terlalu lama akan membuatnya kering. Semakin lama kue ini berada di dalam cetakan yang panas, akan semakin kering hasilnya. 
  4. Bagaimana cara menyimpan Madeleines? Untuk menyimpan, adonan madeleine akan bertahan di kulkas biasa untuk 1 hari saja. Nah jika kalian memiliki acara keluarga yang akan datang dimana harus membuat dalam jumlah banyak, kalian bisa membuat adonan terlebih dahulu dan langsung membekukannya.

Pembekuan adonan akan bertahan sekitar 1 bulan. Dan pada saat mau memanggang, pindahkan adonan ke dalam kulkas biasa dulu selama 1 hari. Pastikan juga sebelum memanggang adonan, biarkan adonan di suhu ruangan selama 10-15 menit agar tidak keras waktu dicetak. Untuk menyimpan madeleine, kue mungil ini paling nikmat disantap waktu masih hangat keluar dari oven. Tetapi jika kalian ingin menyimpannya, pastikan menggunakan toples kedap udara. Karena kue ini sangat mudah menjadi kering jika tidak disimpan dengan baik. 


Baca juga: Cara Membuat Roti Tawar Susu, Roti Sarapan Keluarga

Gampang kan ya? Gampang…. Bahannya juga sederhana ini, tidak serumit bikin Fudge brownie atau Klepon Mousse Cake yang minggu lalu sudah sempat kita share. Ini dia resep Vanilla Madeleine: snack mungil yang manis dan lucu.

Recipe:

  • Butter 80 gr
  • Telur 75 gr
  • Caster Sugar 85 gr
  • Madu 22 gr
  • Garam 2 gr
  • Vanilla Paste 2 gr
  • Tepung 135 gr
  • Baking Powder 5 gr
  • Susu 45 gr

Cara membuat:

1. Lelehkan Butter.

2. Aduk Telur dan Gula (Caster Sugar) menggunakan Standing Mixer hingga mencapai konsistensi ribbon stage.

Cara membuat kue madeleine

Cara membuat kue Madeleine cetak

3Tambahkan Madu, Garam, dan Vanilla--Aduk hingga merata.

4. Tambahkan Tepung dan Baking Powder yang sudah diayak--Aduk lagi hingga merata.

Resep Kue Madeleine mungil legit manis

5. Tambahkan Susu dan Butter yang sudah dilelehkan di poin 1.

6. Kemas adonan ke dalam piping bag dan tutup rapat.

Resep membuat vanilla madeleine

6. Diamkan di kulkas selama 12 jam agar rasa lebih maksimal.

7. Isi adonan ke atas silicone mould Madeleine, lalu diamkan lagi di kulkas selama 30 menit sebelum memanggang.

resep vanilla madeleine kecil mungil

8. Panggang di suhu 190C selama 15 menit tanpa kipas.

Cara membuat kue vanilla madeleine

8. Keluarkan dari silicone mouuld pada saat sudah dingin.

resep cara membuat kue vanilal madeleine

resep kue mungil mudah

9. Sajikan.

Cantik, kan?

Madeleine yang ini, karena kita khas pada rasa vanillanya, maka bagian ini kita tekankan, ditambah madunya tadi. Tapi sebetulnya, bahan vanilla sebagai penguat rasa tetap bisa diganti dengan bahan lain yang juga berfungsi sebagai perasa. Vanilla selama ini terkenal berasa unik dan mudah dikenali, selalu disukai karena baunya tidak terlalu tajam macam pandan, misalnya. Tapi kembali lagi ke kreasi masing-masing baker

Apalagi kalau Madeleine ini ditujukan sebagai produk jualan, bahannya bisa ditambahkan ini-itu sesuai kreativitas sendiri-sendiri.

Baca juga: #IdeUsahaKopi: Berapa Dana yang Diperlukan untuk Usaha Kopi Susu Online?

Mengapa pakai Silicone Mould? 

Kita memakai dan menyediakan silicone mould, loyang cetak yang fleksibel dari Flexipan-Sasa Demarle, brand alat masak profesional dari Perancis. Madeleine hanya satu dari puluhan motif cetakan Flexipan yang bisa dipilih sesuai keinginan. Ada untuk muffin, ada Charlotte, ada Hexagonal, ada bentuk Telur, Donat, Lingots, bahkan Tear Drop. Macam-macam. 

cetakan flexipan lingotscetakan flexipan tear drop

cetakan flexipan hexagonalcetakan hexagonal flexipan

Keunggulan flexipan adalah cetakannya fleksibel, tidak seperti cetakan kue biasa yang dari logam atau alloy. Karena fleksibilitasnya, jadi mengeluarkan kue hasil panggangan jadi lebih mudah dan tidak lengket. Dan meski bahannya dari silikon, cetakan ini tahan sampai suhu dari -40C sampai 260C, food grade jadi aman buat semua makanan. 

Lihat koleksi lengkap bentuk cetakan Flexipan di sini.


Nah, semoga coba-coba resep Madeleine berhasil dan lebih menarik dari yang kita bikin ini yak! Share hasil jadinya dan kita bisa diskusi lebih banyak.


Alat dan bahan khusus yang kita pakai dalam resep ini:

  1. KitchenAid Artisan Standing Mixer

2. Caster Sugarharga ktichenaid stand mixer tilt head

harga ricoman caster sugar

3. Flexipan- Silicone Mould - Madeleine

silicone mould madeleine

4. La Dame in Vanilla Vanilla Paste

vanilla paste

 

Simak koleksi video lainnya dari dapur baking kita:

Artikel sebelumnya One Pan American Breakfast

Tinggalkan komentar

* informasi yang diwajibkan

Sale

Unavailable

Sold Out