Resep French Cheese Puff: Kue Mungil yang Bikin Nagih

Resep French Cheese Puff Sederhana

Untuk pekan ini kita akan membahas resep French Cheese Puff, kue mungil yang disukai siapa saja. Bentuknya kecil, teksturnya crunchy, dan cocok di momen-momen santai. Walaupun namanya berbau French, tapi kue ini cocok dengan selera orang Asia, khususnya Indonesia yang suka makanan gurih. Ya, karena memang kue ini gurih dan bikin nagih! Sudah lihat videonya? Atau, sudah penasaran bagaimana cara membuatnya?

| Video: Resep French Cheese Puff

Sedia payung sebelum hujan, nah, seperti biasa kita akan kasih Tips & Tricks dulu yaa peralatan, bahan dan tips apa aja si yang diperlukan untuk membuat Puff Keju yang bikin ketagihan ini!

  1. Tuangkan telur perlahan-lahan. Setelah adonan diangkat dari panci, pastikan kalian mengaduk selama kurang lebih 1 menit ya untuk mengeluarkan suhu panas dari adonan. Jika tidak, maka telur akan menjadi scrambled egg pada saat menuangkannya. Selain itu, terkadang kita tidak memerlukan telur yang sudah ditakar 100% karena kering nya adonan dapat berubah pada saat kita memasak di panci. Jika adonan sudah terlihat kental, cobalah untuk menaikkan paddle attachment anda dan jika adonan membentuk huruf “V”, maka adonan sudah siap dan tidak perlu menambahkan telur lagi.
  2. Gunakan Silpain Pastry Mat. Mungkin banyak dari kalian yang masih tidak mengenal Silicone Mat yang bertekstur bolong-bolong ini. Selain menghemat biaya baking anda karena dapat dipakai berulang-ulang, Silpain ini mempunyai tekstur bolong-bolong yang pastinya akan membuat Puff anda lebih crunchy dan kering di kulitnya. Bedanya dengan Silpat? Ya, hasil akan sedikit berbeda jika menggunakan Silpat atau kertas roti, tapi pastinya tidak akan membuat Puff anda gagal. Hanya tidak akan se-crunchy dibandingkan menggunakan Silpain. Kalian bisa temukan Silpain di link dibawah resep ini.
  3. Beri jarak di setiap Puff. Namanya sendiri juga Cheese Puff ya. Pastinya adonan ini akan mengembang pada saat memanggang nya. Jadi pastikan kalian beri jarak sekitar 2cm untuk setiap puff nya ya!
  4. Jangan menyalakan kipas di oven! Logikanya, kita ingin puff ini mengembang keatas dong, tapi waktu kita menyalakan kipas dari awal, puff ini malah akan mengembang ke samping dan pastinya nggak akan jadi cantik. Trus bagaimana supaya warna kecoklatan merata? TIPS PENTING BANGET: NYALAKAN KIPAS PADA SAAT PUFF SUDAH MENGEMBANG. Untuk sekitar 15-20 menit pertama, biarkan puff mengembang keatas. Lalu pada saat puff sudah tidak mengembang hanya perlu waktu untuk mengeringkannya, baru nyalakan kipas di oven agar mendapatkan warna yang rata.

Untuk berikutnya, yang kalian perlu perhatikan hanyalah takaran dari bahan dan siapin hati yang sabar untuk membuatnya yaa.

Yuk baca dengan seksama ya!

Cara Membuat French Cheese Puff yang mudah:

Recipe atau bahan-bahan:

  • Air 1 cup
  • Tepung Terigu 128 gram
  • Garam 3 gram
  • Cayenne Pepper, bubuk 3 tsp
  • Butter 100 gram
  • Telur 5 butir
  • Cheddar Cheese 50 gram
  • Parmesan Cheese 30 gram
  • Daun Kucai 1 ikat
  • Egg Wash Secukupnya
Cara Membuat French Cheese Puff Mudah

Resep Mudah French Cheese Puff

Cara membuat:

  1. Masukkan air, Butter, Garam, dan Cayenne Pepper ke dalam panci. Masak campuran ini dengan medium heat hingga mendidih.
  2. Masukkan tepung dan aduk hingga adonan tidak lengket dengan ruang panci.
  3. Pindahkan adonan ke dalam Standing Mixing Bowl, dengan paddle attachment, aduk dengan kecepatan medium selama 1 menit.
  4. Masukkan telur satu per satu hingga konsistensi mencapai Huruf “V” pada saat diangkat dengan sendok.
  5. Masukkan potongan Daun Kucai dan Cheddar Cheese ke dalam adonan, aduk lagi hingga merata.
  6. Masukkan adonan ke dalam piping bag dengan piping tip nomor 9.
  7. Gelar Silpain Perforated Mat ke atas meja, pipe out adonan hingga ukuran diameternya berkisar 2 cm, dan beri jarak sekitar 2 cm pula di antaranya.
  8. Jika puff memiliki ujung yang lancip setelah keluar, basahi tangan dengan air lalu tekan sedikit agar menjadi lebih bulat.
  9. Olesi semua puff dengan egg wash, lalu taburkan Parmesan Cheese di atasnya sesuai selera.
  10. Panggang di dalam suhu 200C hingga Cheese Puff-nya mengembang dengan sempurna dan warnanya cokelat keemasan.
  11. Siap dan hidangkan selagi hangat.
Resep French Cheese Puff Sederhana

Tools and Ingredients:


Nah, mudah kan? Semua bisa mencoba, dan semua akan suka. Demikian resep mudah French Cheese Puff buat pekan ini, nantikan resep bulan depan ya, spesial Ramadhan!


Cara Membuat Kue French Cheese Puff

Baca juga:

Resep Chocolate Chip Cookies

Cara Membuat Easter Carrot Cake

Cara Menghitung HPP untuk Usaha Makanan

Artikel sebelumnya Fitur dan Cara Pakai: FLEXIPAN SILICONE MOLD

Tinggalkan komentar

* informasi yang diwajibkan

Sale

Unavailable

Sold Out