Resep Vietnamese Iced Coffee

Sudah weekend lagi! Yes yes? Yes! Cuaca Surabaya masih panas saja nih, bagaimana di kotamu? Nah, kalau kamu sudah mark tanggal akhir pekan ini akan liburan ke mana dan akan makan-minum apa, ni, kita tambahkan resep kopi segar ke dalam referensi liburanmu.

Sudah tahu Vietnamese Coffee atau kopi Vietnam? Atau nama lainnya, Vietnamese Drip Coffee? Kopi ini sedang hit di kalangan traveler dan coffee lovers, dan sesuai namanya, yang membedakan Vietnamese Coffee dengan banyak resep kopi lainnya adalah di kata kunci “drip”. Ya, kepopularan Vietnamese Ice Drip Coffee memang terletak di cara pembuatannya yang melingkupi tetes-demi-tetes kopi jatuh ke dalam wadah khusus hingga tercipta secangkir aroma kopi yang menyegarkan. Cà phê sữa đá, atau paduan kopi ditambahkan es dan susu menjadi varian Vietnamese Coffee yang paling banyak dicari kalangan muda. Karena metodenya unik, alat yang dipakai pun sedikit beda, yakni dengan tambahan alat coffee dripper atau dikenal juga dengan istilah pour over coffee maker.

Penasaran bagaimana cara membuat Vietnamese Iced Coffee yang khas dengan pour over coffee maker? Simak langkah-langkahnya ya!

Resep:

  1. Pour Over Coffee atau Kopi bubuk (baik lagi kopi khas Vietnam atau kopi lain yang teksturnya sama, misal HiBo Coffee): 1,5 cups
  2. Condensed Milk: 1/2 cup
  3. Es batu: 2 cups

Tool and special Ingredients:

  1. KitchenAid Pour Over Coffee Maker
  2. HiBo Coffee

Langkah-langkah dan cara Membuat Vietnamese Iced Coffee:

Menyiapkan kopinya

  1. Isi 2 gelas air bersih ke dalam tangki coffee dripper, dalam hal ini kita menggunakan KitchenAid Pour Over Coffee Maker karena ukuran wadah dan frekuensi tetesannya pas.
  2. Masukkan kopi bubuk atau pour over coffee khas pilihanmu ke dalam wadah coffee dripper-nya (biasanya dilengkapi pelapis khusus untuk menyaring ampas).
  3. Tutup lalu nyalakan. Alat akan bereaksi otomatis saat rebusan kopinya siap.
  4. Kopi mulai menetes sedikit demi sedikit dari ujung dripper. Tunggu hingga tetesannya habis dan porsinya sesuai.

Blending

  1. Masukkan es batu, condensed milk, dan kopi hasil tetes ke dalam KitchenAid blender. 
  2. Mulailah dengan kecepatan 1 dan naikkan perlahan hingga kecepatan 10.
  3. Blend pada kecepatan 10 selama kira-kira 10 detik.
  4. Stop lalu tuangkan ke gelas sesuai selera.

Tips and Trick cara membuat Vietnamese Iced Coffee:

  1. Pastikan takaran air pas, tidak terlalu banyak menghindari kopinya terasa hambar, dan tidak terlalu sedikit menghindari rasa kopinya terlalu pekat. Kopi adalah soal rasa, so, takaran air sering kali ditekankan banyak pakar kopi agar mendapatkan keseimbangan rasa yang pas. Volume air disesuaikan dengan ukuran gelas yang hendak dipakai. Lebihkan sedikit air karena tidak semua akan habis menetes tetapi terperangkap di bubuk kopinya.
  2. Jangan terlalu banyak es batu. Setelah kopi tetesnya diseduh, keadaannya masih sangat panas. Nah, di tahapan ini ada langkah khusus yang bisa kamu ambil: Menunggu hingga kopinya mendekati dingin lalu tuangkan ke dalam es batu sesuai takaran. Ini sangat disarankan mengingat kopi panas yang dituang hanya akan mencairkan es batu, dan bisa mengurangi rasa. Hindari pula mencelupkan es batu untuk mendinginkan kopi yang panas, karena ini juga akan merusak takaran rasa. Trial and error akan banyak ditemui di tahap ini, tapi coba terus!
  3. Manfaatkan susu untuk mengatur kadar manis. Takaran susu dalam Vietnamese Iced Coffee bisa disesuaikan dengan selera manismu. Tetapi ingat, kadar susu yang berlebih turut memengaruhi tingkat kecerahan warna susunya setelah di-blend. Semakin banyak susu, warnanya semakin pucat. So, keep it in the balance, ya!

Temukan bahan dan peralatan untuk membuat “Vietnamese Coffee yang enak ini dengan mencari kode barang dibawah ini:

Kopi Maker - Kopi Maker KitchenAid

https://seratafoods.com/products/kitchenaid-5kcm0802ecu-pourover-coffee-maker

KitchenAid blender:

https://seratafoods.com/collections/kitchenaid/products/kitchenaid-5ksb1585eer-diamond-blender-1-75l

Kopi - Hibo Kopi

https://seratafoods.com/search?type=article%2Cpage%2Cproduct&q=kopi*

 

Artikel sebelumnya Fitur dan Cara Pakai: FLEXIPAN SILICONE MOLD

Tinggalkan komentar

* informasi yang diwajibkan

Sale

Unavailable

Sold Out