Tips Agar Tetap Untung Di Tengah Wabah COVID-19

Tips Agar Tetap Untung Di Tengah Wabah COVID-19

Berbagai perusahaan besar seperti IBM, Microsoft, Google dan Facebook sudah memberlakukan sistem Work From Home demi kesehatan dan keselamatan karyawannya.

Selain perusahaan-perusahaan besar, para pengusaha UMKM juga turut terkena dampak virus tersebut. UMKM khawatir akan kestabilan bisnis mereka dan memilih untuk tetap mengurus bisnis dari rumah.


Meluasnya wabah virus corona di Indonesia telah berdampak ke berbagai sektor termasuk ekonomi dan bisnis. Pemerintah mulai menghimbau masyarakat untuk melakukan Physical Distancing dan isolasi diri di dalam rumah guna mengurangi penyebaran virus. Oleh karena itu, beberapa usaha pun mulai lesu, mereka kehilangan pengunjung dan pembeli terutama mereka para pebisnis kuliner.


Lalu, bagaimana dengan peluang memulai bisnis pada situasi wabah corona?


Pengusaha yang baik tentunya bisa melihat peluang dalam segala situasi. Bila seorang pebisnis melihat peluang, segerakan untuk menangkapnya secepat mungkin. Masyarakat tetap akan mengeluarkan uangnya untuk barang kebutuhan, tapi mereka akan memilih mana yang menawarkan value atau benefit yang paling optimal dalam menghadapi isu wabah ini sesuai dengan skala prioritas kebutuhan mereka masing-masing. 

Memang, hal ini menjadi tantangan bagi para pemilik bisnis agar tetap bisa berjalan dengan baik di tengah krisis. Untuk itu, pada artikel ini, kami akan memaparkan lebih jauh 5 cara agar bisnis tetap bertahan saat wabah corona.

1. Terapkan Komunikasi Intensif Dengan Pelanggan atau Klien

Komunikasi menjadi kunci penting bagi pelaku usaha agar mereka memahami apa yang diinginkan pelanggan. Di masa sekarang, faktor komunikasi dipermudah berkat kehadiran teknologi dan internet yang membuat komunikasi bisa terjalin tanpa melihat faktor geografis.

Untuk itu, manfaatkan aplikasi dan software yang ada. Di zaman sekarang, seperti aplikasi Instagram, WhatsApp, LINE telah dilengkapi dengan teknologi voice call dan video call berbasis mobile data sehingga, komunikasi bisa tetap terjalin sambil bertatap muka tanpa perlu bertemu.

2. Manfaatkan Media Sosial Sebagai Media Pemasaran Bisnis

Keberadaan sosial media seperti Instagram, Facebook, TikTok, harus dimanfaatkan dengan maksimal untuk memasarkan bisnis. Para pelaku usaha kecil bisa tetap memasarkan usaha mereka tanpa perlu keluar rumah hanya lewat sosial media. Seperti halnya SerataFoods yang membantu anda membeli perlengkapan dapur tanpa harus keluar rumah.

Dengan biaya yang terjangkau serta daya jangkau yang sangat besar, bisnis tetap bisa dipasarkan dengan baik. Pastikan agar membuat konten yang menarik agar cepat naik daun. Sebagai contoh, kami tim SerataFoods tidak berhenti membagikan resep makanan kepadamu selama melakukan Work From Home.  

3. Fokus pada online food delivery

Seperti yang diketahui, himbauan untuk tidak keluar rumah adalah sesuatu yang harus diindahkan, sebab hal ini terbukti ampuh untuk mengurangi resiko penyebaran virus corona.

Lantas, apa dampaknya pada bisnis F&B? Bagi Anda yang memiliki outlet offline, akan sangat mungkin outlet Anda sepi karena memang pelanggan lebih memilih di rumah saja. Agar bisnis tetap bertahan saat wabah corona, lebih baik Anda fokus pada online food delivery saja guna memudahkan pelanggan untuk tetap bisa menikmati santapan dari restoran atau kedai Anda.

Daftarkan restoran atau kedai atau usaha kuliner Anda di berbagai platform online food delivery seperti GoFood, GrabFood, dan ManganFoods. Sebagai penjelasan sekilas, ManganFoods adalah platform pintar yang memilih dan meluncurkan beragam restoran favorit ke lokasi bisnis dan perkantoran anda dengan konsep Pop-Up Table atau Drop-Off Catering.

Dengan online nya bisnis F&B anda, anda bisa menjangkau lebih banyak pelanggan, memberi diskon khusus, hingga memudahkan pelanggan untuk menikmati menu-menu pilihan tanpa harus keluar rumah. 

Dengan mengandalkan Online Delivery Platform, anda tetap bisa meraup pendapatan. Jangan lupa, promosikan bisnis F&B Anda di media sosial dan beri tahu pelanggan Anda bahwa kini mereka bisa memesan makanan dan minuman secara online.

4. Tunjukan komitmen anda pada pelanggan

Saat wabah corona merebak dan bisnis berada dalam posisi sulit, inilah saat yang tepat bagi Anda untuk meningkatkan kembali kepercayaan pelanggan. Yakinkan mereka bahwa bisnis Anda berkomitmen untuk tetap memenuhi kebutuhan pelanggan dengan standar tinggi dalam rasa, kualitas, kebersihan, dan pelayanan. Dengan tetap meningkatkan kualitas produk serta layanan bisnis, pelanggan akan tahu bahwa Anda akan dengan senang hati dan siap sedia memenuhi kebutuhan mereka. 

5. Atur Shift Karyawan

Di tengah mewabahnya virus corona, memutus rantai penyebarannya adalah hal utama yang perlu diperhatikan setiap lapisan masyarakat. Untuk itu, demi mendukung kesehatan dan keselamatan bersama, Anda bisa mengatur shift karyawan selama masa pandemi ini, dengan menyesuaikan jam kerja mereka dengan pola transaksi per hari dan per jam agar sesuai dengan kebutuhan usaha.

Nah, itulah 5 cara agar bisnis tetap bertahan saat wabah corona. Pada intinya, Anda sebagai pemilik bisnis bisa memantau pekerjaan dari rumah, karyawan Anda lebih terlindungi, pelanggan juga akan merasa lebih aman dan diuntungkan karena transaksi yang cepat.

Untuk memenuhi kebutuhan bahan baku ataupun peralatanmu secara online, kami SerataFoods akan selalu melayani dengan penuh komitmen penuh melalui pengiriman barang yang tepat waktu dan memastikan barang dengan aman sampai ke alamat tujuan!

Segera daftarkan dirimu sebagai user baru dan dapatkan Rp 10.000, atau minta penawaran kepada kami secara online!

Semoga kita dapat melewati masa-masa sulit ini dan bersama memajukan perekonomian Indonesia lebih baik lagi. Tetap semangat, wahai para pebisnis Indonesia!

(*)


*Dikutip dari berbagai sumber 

Artikel sebelumnya BANANA CHOCOLATE MUFFIN - PERFECT FOR BREAKFAST!
Artikel selanjutnya Korean Style Egg Sandwich

Tinggalkan komentar

* informasi yang diwajibkan

Sale

Unavailable

Sold Out