Skip to content
Selamat Datang di SerataFoods! Belanja mudah di Serata, Nikmat Masakannya
Selamat Datang di SerataFoods! Belanja mudah di Serata, Nikmat Masakannya
Resep Orange Pound Cake | Kue Bolu Orange

Resep Orange Pound Cake | Kue Bolu Orange

by Winda Halim

CHEF NOTES

Pound cake: kue yang memiliki dibuat dari dasaran butter, telur, gula dan tepung dengan tekstur yang padat dan lembut. Disebut pound cake karena kue ini pada awal mula diciptakan memiliki rasio 1pound untuk setiap butter, gula, telur dan tepungnya. Kue ini juga sangat mirip dengan kue nusantara yang kita sebut sebagai bolu.

Note: Resep dibawah ini merupakan resep yang sudah disesuaikan beratnya tetapi masih memiliki rasio yang sama antara butter, gula, telur dan tepung nya. 

Tips & Tricks

1. Pastikan butter dan telur berada pada suhu ruang. Karena takaran butter dan telur yang sangat tinggi, adonan pound cake sangat rawan pecah, karena itu harus dipastikan butter dan telur berada pada suhu ruang ya agar adonan tidak pecah!

2. Masukkan telur secara perlahan sambil diaduk. Slowly but sure. Tips ini juga membantu agar adonan kalian tidak pecah pada saat memasukkan telur. Pastikan untuk menuang sedikit lalu biarkan teraduk sampai telur tidak terlihat lalu menuangkan telur kembali. Lakukan sampai telur habis dan adonan tercampur rata. 

3. Memberikan garis pada adonan sebelum memanggang. Bentuk khas dari pound cake adalah bagian tengah yang menggunung dan pecah akibat air bubbles yang berusaha keluar pada saat proses memanggang. Untuk membantu proses ini, pastikan untuk memberikan garis pada adonan. Beberapa resep juga menyarankan untuk memberi garis dengan butter.

4. Kreasikan rasa pound cake sesuai selera kalian dengan resep ini! Pecinta kopi? kalian bisa mengganti orange zest (parutan kulit orange) dengan kopi instan bubuk. Pecinta lemon? ganti orange zest dengan lemon zest. Mudah kan?!

5. Cara penyimpanan: ada beberapa cara penyimpanan agar pound cake tetap fresh dan moist. (1) Bungkus dengan plastic wrap (tanpa icing, loaf utuh belum terpotong) lalu segera masukkan ke dalam kulkas. Dengan ini, pound cake bisa tahan kurang lebih 1 minggu sejak dipanggang. (2) Bungkus dengan plastic wrap (tanpa icing, loaf utuh belum terpotong) lalu segera masukkan ke dalam freezer, tahan hingga 1 bulan. Jika sudah terpotong dan diberi icing, pastikan kalian menyimpan di wadah plastik erat, rata-rata bisa tahan sekitar 2-3 hari di suhu ruang. 

 

-------------------------------------------------------------------------

Klik disini untuk belanja: https://seratafoods.com/collections/bahan-alat-orange-pound-cake

 

Waktu Persiapan: 15 menit
Waktu Masak: 25 menit
Serving: 3pcs - Loaf Cake: 18x8.5x4cm

BAHAN BAKU

-------------------------------------------------------------------------

Pound Cake

150 gram Tepung Bogasari Kunci Biru

150 gram Telur

150 gram Gula Halus

150 gram Unsalted Butter

2 gram Baking Powder

1 gram Parutan Kulit Jeruk

2 gram Garam 


Orange Icing 

150 gram Gula Halus

Jus Jeruk, Secukupnya (disesuaikan dengan kekentalan icing yang diinginkan)


CARA MEMBUAT

Pound Cake 

  1. Siapkan Stand Mixer dengan paddle attachment, aduk unsalted butter suhu ruang dengan kecepatan sedang hingga menyebar. 
  2. Masukkan gula halus yang sudah diayak lalu aduk dengan kecepatan rendah dan perlahan naikan ke kecepatan sedang. Aduk hingga warna menjadi pucat dan mengembang. 
  3. Masukkan telur suhu ruang ke dalam adonan secara perlahan dengan kecepatan rendah. (pastikan telur berada pada suhu ruang dan mengaduk dengan kecepatan rendah agar adonan tidak pecah) 
  4. Jika adonan sudah tercampur dengan rata, masukkan bahan kering (tepung, baking powder, garam dan parutan kulit jeruk) dan aduk kembali hingga rata. 
  5. Siapkan loyang alu tin yang diolesi dengan butter atau loyang yang dilapisi dengan butter dan kertas roti. Tuang adonan ¾ penuh dari loyang. 
  6. Panggang di oven yang sudah dipanaskan di suhu 170 C selama 20-25 menit atau tergantung dari loyang yang digunakan. 

Orange Icing :

  1. Ayak gula halus lalu tambahkan jus jeruk sedikit demi sedikit sambil diaduk menggunakan whisk sampai mencapai konsistensi yang diinginkan. 
  2. Tuang icing keatas pound cake dan biarkan dingin hingga mengeras. 

 

 

Related Posts

Resep Natal Nutella Babka | Seratafoods.com
Resep Natal Nutella Babka | Seratafoods.com
by Winda Halim CHEF NOTES Babka: Roti manis peluntir yang biasa diisi dengan selai coklat.  Roti ini merupakan roti...
Read More
Resep Roti Natal Kugelhopf | Seratafoods.com
Resep Roti Natal Kugelhopf | Seratafoods.com
by Winda Halim CHEF NOTES  Kugelhopf: Roti tradisional Negara Jerman yang memiliki bentuk silinder tinggi dan bolong ...
Read More
Resep Natal Pretzel | Seratafoods.com
Resep Natal Pretzel | Seratafoods.com
by Winda Halim CHEF NOTES  Pretzel: Roti asal Jerman yang dipanngang dengan bentuk seperti simpul. Biasanya diberi to...
Read More
Artikel Sebelumnya Resep Mini Carrot Cake with Cream Cheese Frosting
Artikel Berikutnya Resep Chocolate Nutella Truffle - Valentine Special

Leave a comment

* Wajib Diisi

Sale

Unavailable

Sold Out