Skip to content
Cashback Rp 20.000 untuk Pesanan Pertama! Gunakan Kode Diskon WELCOME20K.
Cashback Rp 20.000 untuk Pesanan Pertama! Gunakan Kode Diskon WELCOME20K.
Resep Korean Twisted Doughnut | Seratafoods.com

Resep Korean Twisted Doughnut | Seratafoods.com

by Winda Halim

CHEF NOTES 

Korean Twisted Doughnut, Kkwabaegi: Donat goreng kepang yang empuk dengan baluran gula kayu manis.

Kembali ke tahun 2019 pada saat saya pergi ke Korea Selatan untuk mengenal budaya nya lebih dalam. Saya sangat tergiur dengan street food atau kalau di Indonesia kita sebut makanan emperan yang ada disana. Sebagai seorang Chef dan juga foodies, saya sangat tertarik untuk mencoba semua makanan di jalanan itu. 

Salah satu makanan yang paling menarik perhatian adalah Kkwabaegi atau donat goreng yang dikepang dimana ini merupakan salah satu makanan favorit saya pada saat kecil di Indonesia. 

Tidak terlalu berbeda dengan makanan kecil dulu, donat yang empuk ini dipadukan dengan gula namun kali ini dibumbui dengan kayu manis menjadikan kombinasi yang sangat enak. 

Kali ini saya akan mencoba membuat kembali donat tersebut dengan cara yang simple dan mudah. 

TIPS & TRICKS

1. Karena resep ini menggunakan teknik no knead atau tanpa mengulen, maka diperlukan waktu yang cukup lama (di resep ini sebanyak 3x proofing total selama 1 jam 45 menit) atau disebut juga sebagai long fermentation time agar gluten dapat terbentuk dengan baik. Waktu tersebut dapat bervariasi tergantung dengan suhu tempat adonan berada. (suhu yang dingin membuat proses fermentasi lebih lama) 

2. Adonan akan terlihat kasar dan lengket pada saat proofing pertama, but trust the process! Proses proofing yang lama akan membuat gluten terbentuk dan membuat donat menjadi empuk. 

3. Sangat direkomendasikan untuk mempunyai dua jenis dough scrapper jika membuat roti-rotian. Pastikan kalian punya tipe round scrapper untuk mengambil atau mengolah adonan dalam mangkok dan gunakan scrapper lurus untuk memotong atau mengangkat adonan di meja/talenan. Selain itu scrapper lurus juga sangat membantu untuk membersihkan meja loh! 

4. Panaskan api hingga 180C lalu turunkan ke 175C dan pastikan suhu api stabil agar donat tidak gosong dan meninggalkan bagian dalam mentah, dan jangan terlalu sering di bolak balik agar tidak merusak bentuk donat.

5. Acuan proses proofing dari resep ini adalah suhu ruang kota Surabaya yang hangat ya, jika suhu ruangan kalian dingin, kalian bisa menggunakan proofer, masukkan ke dalam oven (tanpa dinyalakan) atau perpanjang waktu proofing hingga adonan mengembang dengan sempurna. 

--------------------------------------------------------------

Klik disini untuk belanja: Bahan & Alat - Korean Twisted Doughnut

Waktu Persiapan: 75 menit
Waktu Masak: 20 menit
Serving: 13 donat

BAHAN BAKU 

--------------------------------------------------------------

408 gram Tepung terigu cakra kembar

28 gram Unsalted butter, lelehkan

7 gram Instant ragi 

63 gram Gula pasir putih 

237 ml Susu Whole/Fresh milk, suhu ruang

1 Telur ukuran sedang, suhu ruang

2 gram garam 

 

Cinnamon Sugar

80 gram Gula caster 

2 gram Kayu manis bubuk

Cara Membuat:

  1. Lelehkan unsalted butter, campur semua bahan basah: susu, butter dan telur (suhu ruang) dan gula, lalu tuang ragi dan aduk. Tunggu sekitar 5-10 menit. 
  2. Campur bahan kering: tepung dan garam, aduk dan buat lingkaran pada bagian tengah. Tuang bahan basah ke bahan kering lalu aduk hingga menyatu. Tutup dengan plastic wrap dan diamkan selama 1 jam di tempat yang hangat. 
  3. Selagi menunggu, buat cinnamon sugar dengan mencampurkan gula caster dengan bubuk kayu manis. 
  4. Setelah satu jam, uleni kembali dan bentuk menjadi seperti bola yang mulus. Masukkan kembali ke dalam mangkuk dan diamkan di tempat hangat selama 15 menit. 
  5. Pencet adonan untuk mengeluarkan angin lalu potong adonan sekitar 55-60 gram per porsi nya. 
  6. Bentuk adonan menjadi silinder lalu pencet dan gulung bagian tengah hingga menjadi silinder kecil yang panjang. Jika adonan susah diolah, tarik dan hentakkan pada meja. 
  7. Pelintir adonan dengan cara tangan kanan menekan dan mengarah keatas dan tangan kiri menekan sisi adonan lain dengan mengarah kebawah. Lalu gabungkan kedua ujung dan putar adonan hingga membentuk seperti mengepang rambut. 
  8. Diamkan adonan selama 15 menit sambil ditutup dengan kain. panaskan minyak hingga mencapai suhu 175C dan masak donat hingga warna emas kecoklatan.
  9. Setelah ditiriskan, segera masukkan ke campuran cinnamon sugar dan taburi. 



Related Posts

Resep Halloween Homemade Baked Donuts | Seratafoods.com
Resep Halloween Homemade Baked Donuts | Seratafoods.com
by Winda Halim CHEF NOTES Baked Donuts: Selain digoreng, donat juga dapat dipanggang menggunakan cetakan berbentuk d...
Read More
Resep Beignet | Seratafoods.com
Resep Beignet | Seratafoods.com
by Winda Halim CHEF NOTES Beignets: Donat goreng ala Perancis yang memiliki bentuk kotak kecil yang biasanya disajika...
Read More
Resep Bomboloni | Italian Donuts | SerataFoods.com
Resep Bomboloni | Italian Donuts | SerataFoods.com
by Winda Halim CHEF NOTES  Bomboloni atau Bombolone: Donat asal Italia yang tidak memiliki lubang ditengah namun dii...
Read More
Artikel Sebelumnya Resep Donat Empuk dengan KitchenAid Mixer | Seratafoods.com
Artikel Berikutnya Resep Paris-Brest | SerataFoods.com

Leave a comment

* Wajib Diisi

Sale

Unavailable

Sold Out