Skip to content
Selamat Datang di SerataFoods! Belanja mudah di Serata, Nikmat Masakannya
Selamat Datang di SerataFoods! Belanja mudah di Serata, Nikmat Masakannya
Resep Mango Sago dengan Coconut Jelly

Resep Mango Sago dengan Coconut Jelly

by Winda Halim

CHEF NOTES 

Mango Sago: Dessert asal Hongkong yang terbuat dari buah Mangga, sago (atau disebut mutiara di Indonesia), santan, susu evaporasi dan susu. Rasa yang fresh dari buah mangga dengan tekstur kental dan kenyal dari mutiara dan coconut jelly. Dessert ini sangat pas dinikmati setelah menyantap hidangan berat. 

Berada di Indonesia mempunyai banyak keuntungan terutama di industri makanan. Banyak bahan-bahan eksotis dari buah hingga rempah yang hanya bisa didapatkan di Indonesia sehingga para chefs ataupun homebakers dapat menciptakan banyak kreasi rasa dari buah dan rempah lokal.

Pada waktu saya bekerja di French Pastry School, Chicago, saya mendapati beberapa produk Frozen Fruit Puree memiliki bahan baku buah yang berasal dari Indonesia. Produk alam dari Indonesia memang tidak tertandingi kualitasnya. 

Di resep ini, saya menggunakan frozen fruit puree. Mengapa? Buah seperti mangga mempunyai musim nya sendiri. Menggunakan frozen fruit puree mempunyai beberapa keuntungan seperti stabilitas dalam supply bahan baku dan juga rasa yang konsisten sepanjang tahun. 

Seperti yang kita ketahui setiap buah asli yang kita gunakan memiliki rasa, tekstur dan kemanisan yang berbeda-beda. Frozen fruit puree telah melewati proses stabilisasi dimana kadar gula, rasa dan tekstur sudah disama ratakan. Frozen fruit puree sangat ideal jika digunakan sebagai bahan jualan agar mendapatkan rasa dan tekstur yang terus konsisten.

Tips & Tricks

1. Ingin menggunakan buah asli? Kalian bisa membuat mango puree kalian sendiri dengan cara memasukkan 2 buah daging mangga segar dengan 50 gram gula pasir putih dan air secukupnya ke dalam blender lalu hancurkan hingga tekstur sesuai dengan keinginan kalian. (Kalian bisa sesuaikan takaran gula sesuai dengan kemanisan dari buah aslinya)

2. Selalu aduk secara berkala pada saat memasak sagu mutiara. Memasak sagu mutiara mungkin terlihat mudah dan simple cara pembuatannya, tapi jika kalian tidak hati-hati, mutiara ini juga akan mudah gosong loh jika tidak diaduk secara berkala pada saat proses memasaknya. 

3. Selalu sajikan pada saat dingin! Dessert satu ini akan langsung meningkat kenikmatannya jika disajikan pada saat dingin. Kalian bisa mengistirahatkan dessert ini minimal 2 jam atau masukkan es batu sebelum menyajikannya.

-------------------------------------------------------------------------

Klik disini untuk belanja: Bahan & Alat Mango Sago dengan Coconut Jelly

 

Waktu Persiapan: 20 menit
Waktu Masak: 15 menit
Serving: 9pcs - 115ml Jelly Cup

BAHAN BAKU

-------------------------------------------------------------------------

50 gram Sagu mutiara

250 gram Mango puree

30 gram Gula pasir putih

90 gram  Susu segar

150 gram  Susu evaporasi

100 gram Nata de Coco

1 buah, Buah mangga (potong dadu)

Potongan daun pandan, secukupnya untuk menghias


Cara Membuat:

  1. Masak mutiara dengan air mendidih selama 30 menit atau hingga mutiara menjadi bening, lalu rendam dengan air dingin (Pastikan untuk selalu mengaduk pada saat proses memasak agar tidak lengket/gosong)
  2. Di panci yang terpisah, hangatkan mango puree dan gula pasir dengan api kecil hingga gula larut
  3. Matikan api, campurkan susu segar dan susu evaporasi
  4. Aduk mulai dari bagian tengah hingga tercampur rata
  5. Tutup lalu dinginkan di dalam kulkas
  6. Campur Mutiara dan Nata de Coco ke adonan mangga, aduk hingga rata
  7. Siapkan Jelly Cup ukuran 115ml lalu tuang
  8. Hias dengan daun pandan, dinginkan lalu sajikan.

 

Related Posts

Chocolate Eclairs Starterpack dan Fungsinya
Chocolate Eclairs Starterpack dan Fungsinya
Chocolate Eclair jadi salah satu kue populer dari Perancis loh!🥰 Cara membuatnya mudah dan simpel. SerataFoods telah ...
Read More
Kreasikan Minuman Kamu dengan Susu Plant Based
Kreasikan Minuman Kamu dengan Susu Plant Based
Hai!🥰 Bagi kamu pecinta susu, tapi memiliki intoleransi terhadap laktosa? atau kamu yang tengah menjalani program die...
Read More
Resep Mudah Bakso Bakar untuk Camilan Keluarga
Resep Mudah Bakso Bakar untuk Camilan Keluarga
Bakso bakar adalah salah satu camilan dari olahan bakso sapi yang dibuat dengan cara dibumbui lalu dibakar. Cara memb...
Read More
Artikel Sebelumnya Resep Nastar Cake Box - Imlek Special
Artikel Berikutnya Kebutuhan Dokumen Perijinan / Perizinan Usaha Restoran

Leave a comment

* Wajib Diisi

Sale

Unavailable

Sold Out