Skip to content
Selamat Datang di SerataFoods! Belanja mudah di Serata, Nikmat Masakannya
Selamat Datang di SerataFoods! Belanja mudah di Serata, Nikmat Masakannya
Resep Roti Sobek Nanas | Soft Dinner Rolls | Seratafoods.com

Resep Roti Sobek Nanas | Soft Dinner Rolls | Seratafoods.com

by Winda Halim

CHEF NOTES

Roti Sobek / Soft Dinner Rolls: Roti ini disebut roti sobek karena bentuk nya yang menempel satu dengan yang lain sehingga harus disobek pada saat mengambil rotinya. Di Amerika, roti ini juga disebut sebagai dinner rolls yang biasa disajikan untuk makanan pembuka. 

Waktu pertama memikirkan tentang resep ini, kembali ternostalgia pada saat saya tinggal di Amerika dimana makanan setiap hari bukanlah nasi, melainkan roti. 

Salah satu favorit saya merupakan soft rolls dari Kings Hawaiian Rolls yang berasal dari Hawaii dan terjual di hampir seluruh supermarket di Amerika. Yang membuat roti ini unik adalah selain rotinya yang empuk, roti ini memiliki aroma dan rasa yang unik karna menggunakan jus nanas bukan air atau roti sebagai cairannya. Selain itu, resep ini juga menggunakan light brown sugar, bukan gula seperti roti pada umumnya. 

Aroma dari jus nanas dan manis dari brown sugar membuat roti ini sangat nikmat disajikan begitu saja, dengan selai maupun sebagai roti sandwich isian. 

TIPS & TRICKS

1. Resep kali ini tidak menggunakan air atau susu, melainkan jus nanas, cari jus nanas yang tidak bersari agar tekstur kue lebih baik. Pastikan mendiamkan jus nanas di suhu ruang agar tidak dingin pada saat diolah. Jika kalian tidak menemukan jus nanas segar, bisa menggunakan air rendaman nanas yang ada di buah kaleng nanas. 

2. Untuk mencegah overmixing, highly recommended untuk menyelesaikan proses mengadon menggunakan tangan. Dengan begitu, kita dapat merasakan tekstur adonan yang sudah cukup kalis dan mencegah terjadinya overmixing. 

3. Jika adonan lama mengembang, taruh adonan ke dalam oven yang hangat atau nyalakan lampu oven untuk mempercepat proses proofing.

4. Selalu timbang berat per adonan agar menjadi sama rata dan cantik. Cara menghitung: jumlah berat total adonan dibagi 16pcs = berat per bulatan. Jika kalian ingin membuat bentuk yang lebih besar atau di loyang yang berbeda, tinggal mengganti angka yang dibagi. 

--------------------------------------------------------------

 

Klik disini untuk belanja: Bahan & Alat - Roti Sobek 

Waktu Persiapan: 180 menit
Waktu Masak: 20 menit
Serving: 16pcs roll - 1 loyang 9"x9"

--------------------------------------------------------------

BAHAN BAKU 

435 gram Bread Flour (Tepung protein tinggi)

55 gram Light Brown Sugar

6 gram Instant Yeast

5 gram garam

50 gram telur

250ml jus nanas

2 gram vanilla extract

58 gram unsalted butter

Egg wash:

1 telur

2 sdt susu

Unsalted butter untuk mengoles

 

Cara Membuat:

  1. Campur bahan kering (tepung, ragi, gula, garam) ke dalam mangkuk lalu aduk hingga tercampur.
  2. Buat lubang di bagian tengah lalu masukkan bahan cair (jus nanas, telur, vanilla - pastikan cairan berada pada suhu ruang).
  3. Aduk menggunakan dough hook Kitchenaid dengan speed pertama selama 5 menit. 
  4. Matikan mixer, lalu masukkan unsalted butter suhu ruang dan aduk kembali menggunakan speed 2 selama 10 menit atau hingga kalis. 
  5. Pindahkan ke meja lalu bentuk menjadi bulat, diamkan di mangkuk yang sudah dilapisi dengan minyak, tutup. Istirahatkan selama 2 jam atau hingga mengembang 2x lipat. 
  6. Setelah mengembang, tekan udara dalam adonan lalu pipihkan. Bagi menjadi 16 bagian sekitar 54gram per pcs. 
  7. Bentuk menjadi bulat lalu istirahatkan sambil ditutup dengan kain selama 15 menit. 
  8. Pipihkan kembali lalu bentuk menjadi bulat yang rapi dan letakkan pada loyang ukuran 9” x 9” dan diamkan sambil ditutup kain di tempat hangat selama 45 menit atau hingga mengembang. Olesi dengan eggwash sebelum memanggang.
  9. Untuk memanggang, sangat direkomendasikan menggunakan deck oven dengan opsi steam untuk roti, namun jika hanya memiliki convenction oven, gunakan suhu rendah, kipas mati/kecil agar panas tidak terlalu agresif. 
  10. Gunakan suhu 180C untuk deck oven dan panggang selama 20-25 menit atau hingga warna menjadi coklat keemasan. Gunakan suhu 165-170C untuk convection oven dan panggang selama 25-30 menit. *Waktu memanggang dapat bervariasi sesuai dengan kekuatan oven dan jenis oven. 
  11. Olesi mentega cair ke atas roti lalu dinginkan sebelum di potong.

Related Posts

Kreasikan Minuman Kamu dengan Susu Plant Based
Kreasikan Minuman Kamu dengan Susu Plant Based
Hai!🥰 Bagi kamu pecinta susu, tapi memiliki intoleransi terhadap laktosa? atau kamu yang tengah menjalani program die...
Read More
Resep Mudah Bakso Bakar untuk Camilan Keluarga
Resep Mudah Bakso Bakar untuk Camilan Keluarga
Bakso bakar adalah salah satu camilan dari olahan bakso sapi yang dibuat dengan cara dibumbui lalu dibakar. Cara memb...
Read More
Resep Garlic Shrimp Noodle | Seratafoods.com
Resep Garlic Shrimp Noodle | Seratafoods.com
by Winda Halim CHEF NOTES  Garlic Shrimp Noodle: Masakan fusion atau campuran ala Western dengan rasa Asia ini terin...
Read More
Artikel Sebelumnya Resep Natal Pretzel | Seratafoods.com
Artikel Berikutnya Resep Halloween Homemade Baked Donuts | Seratafoods.com

Leave a comment

* Wajib Diisi

Sale

Unavailable

Sold Out